Beres-beres Rumah itu Ternyata Menyehatkan

544716_486109828095929_1522842073_nOlahraga selama ini diidentikkan dengan meluangkan waktu plus gerak tubuh yang mengucurkan keringat. Padahal, anggapan itu tidak selamanya demikian. Disadari atau tidak, ada aktivitas olah tubuh yang tanpa disadari.
Ada lho beberapa kegiatan fisik yang sejatinya sama dengan olahraga. Apalagi kegiatan fisik ini dilakukan tanpa berpikir efeknya yang menyehatkan tubuh. Mau tahu apa saja itu? Simak baik-baik yang berikut ini.
1. Beres-beres rumah
Menyewa asisten rumah tangga memang perlu untuk membantu beberes rumah, apalagi kalau pekerjaan banyak menyita waktu. Tetapi, untuk kamar tidur, mencuci mobil, dan halaman rumah, cobalah dibersihkan sendiri. Cukup sejam melakoni aktivitas tersebut sudah cukup mengusir lemak hingga 240 kalori. Baca tulisan ini lebih lanjut

Lima Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga Berat

543157_486105954762983_1991187152_nAnda baru saja berolahraga di gym selama beberapa jam, pasti saat ini Anda merasa sangat lapar. Ini adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda untuk mengisi ulang energi. Tapi bukan berarti Anda harus langsung makan.

Langsung makan setelah latihan adalah sama seperti mengganti kalori yang baru saja dibakar. Hanyalah sebuah mitos — tubuh Anda jauh lebih rumit dari itu!

Makanan dengan karbohidrat berkualitas, protein dan beberapa lemak yang baik (alpukat dan kacang-kacangan), seperti salad ayam dengan minyak zaitun, akan menjadi pilihan yang baik untuk membantu tubuh kita memperbaiki otot dan mengisi ulang energi. Baca tulisan ini lebih lanjut

Bahan Alami Peluruh Kolesterol

487020_477521565621422_96678691_nBanyak tanaman yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, tanaman ini banyak direkomendasikan.
Mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman itu sebanyak-banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik lagi benar.
Berikut beberapa resep peluruh kolesterol dan trigliserida yang diperoleh dari berbagai sumber : Baca tulisan ini lebih lanjut

Manfaat Orgasme bagi Kesehatan Wanita

318918_484407738266138_186852364_nDalam melakukan hubungan seksual setiap pasangan (suami-isteri!, Admin ‘sehat’) pastilah ingin merasakan orgasme. Selain bermanfaat bagi psikis orgasme juga memberi manfaat untuk tubuh. Titik puncak kenikmatan saat berhubungan seksual itu mampu mempengaruhi daya rangsang otak terhadap tubuh.
Saat orgasme, tubuh akan melepaskan sejumlah hormon yang bermanfaat untuk Anda. Hormon-hormon inilah yang berguna mulai dari mengatasi rasa sakit hingga bisa membuat Anda semakin cantik. Apa saja sebenarnya manfaat orgasme? Ini daftarnya:
1. Mengatasi Rasa Sakit
Menurut sebuah penelitian dari Amerika ternyata bercinta dapat menyembuhkan sakit kepala. Dalam penelitian yang dilakukan di Oklahoma, Amerika Serikat pada 1998 itu melibatkan 84 wanita. Hasil penelitian tersebut, 2/3 wanita tetap menikmati kegiatan seksual walaupun sedang migrain. 61% wanita mengaku seks membuat rasa sakit lebih mudah diatasi dan 20% responden mengatakan bahwa sakit kepala benar-benar hilang saat bercinta. Baca tulisan ini lebih lanjut

Tips Makan Buah dengan Benar

makan buahMakanlah buah saat perut kosong, dan hindari buah kaleng, beku, atau olahan.
Buah adalah makanan detoksifikasi serta pemasok gula alami bagi tubuh. Dimakan dengan cara yang benar, buah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Konsumsi buah selama 3 hari dapat membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan melambat.
Beberapa tips berikut ini tentang cara makan buah yang benar agar didapatkan manfaat terbesarnya.
Makan buah pada saat perut kosong. Dapat dilakukan sepanjang hari selama saat perut kosong.
Setelah makan buah, berikan waktu 30 menit sebelum makan makanan lain.
Jika sudah makan makanan lagi, tunggulah sekitar 3 jam sebelum kembali makan buah, untuk memastikan semua makanan yang sebelumnya sudah dicerna, sebelum buah masuk ke pencernaan.
Cobalah untuk makan buah sebelum tengah hari. Hal ini membantu meningkatkan gula darah secara lambat dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan telah beristirahat sepanjang malam, makan buah adalah cara lembut memulai di pagi hari. Baca tulisan ini lebih lanjut

Untuk Gizi Tinggi, Pilih Makanan Warna-Warni

Seringkali kita mendengar pertanyaan apakah telur, daging, atau makanan lain dalam suatu hidangan cukup bergizi, tidak bergizi dan bergizi tinggi, malahan ada yang mengatakan suatu makanan tidak bergizi sama sekali. Itulah pertanyaan yang sering muncul di tengah-tengah masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu strategi khusus. Mengapa ? Karena pada dasarnya memang tidak ada makanan yang mengandung unsur-unsur gizi dalam jumlah yang cukup untuk keperluan tubuh. Satu jenis makanan tinggi protein, tapi rendah lemak dan rendah vitamin serta rendah mineral, atau mungkin rendah karbohidrat, dan seterusnya sehingga perlu substitusi antar bahan makanan. Oleh karena itu, kita perlu jurus tertentu untuk mendapatkan makanan yang mengandung semua unsur zat gizi. Salah satu jurus yang sangat jitu adalah dengan menerapkan pola makanan berimbang.

Lebih dari 50 jenis zat gizi yang harus kita penuhi setiap hari. Selain zat gizi, zat fitokimia atau zat kimia aktif yang ada di dalam makanan juga penting untuk dipenuhi, termasuk serat. Bagaimana agar kita dapat memenuhinya? Caranya kita harus mengonsumsi menu yang seimbang dan beraneka ragam. Salah satu cara yang mudah adalah memastikan menu Anda berwarna-warni, karena setiap warna dalam makanan menunjukkan kandungan zat gizinya.

1. Warna MERAH

Sayuran, buah-buahan, serta bahan makanan berwarna merah mengandung banyak pigmen yang berguna melawan penyakit dan likopen atau zat yang berperan menjaga kesehatan sel serta mengurangi risiko kanker. Buah-buahan yang masuk kategori ini di antaranya adalah tomat, semangka dan apel merah, sedangkan yang mengandung antioksidan paling tinggi adalah stroberi, cranberi, cheri, anggur merah, bit, dan paprika merah. Selain buah-buahan tersebut, masih banyak sayuran atau bahan makanan berwarna merah yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah beras merah. Beras yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi putih ini sering dikaitkan dengan trend gaya hidup sehat. Pandangan tersebut memang tidak salah karena kandungan gizi beras merah memang patut diunggulkan. Beras merah memiliki kandungan utama seperti pada semua jenis beras, yaitu vitamin B1, B6, dan B12, namun dalam kadar yang lebih tinggi. Selain memiliki kadar serat yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk mereka yang menjalani program diet, beras merah juga sumber mineral magnesium yang menurunkan keakutan dari asma, darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain serta menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, magnesium pada beras merah juga mampu menjaga kesehatan tulang manusia.

2. Warna HIJAU

Warna hijau pada sayuran menandakan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles. Semuanya berfungsi merangsang level pembuatan komponen yang memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kemampuan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran yang berwarna hijau yang memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh adalah brokoli, selada, bayam, pok choi, dan teh hijau. Menurut penelitian, teh hijau dapat memberikan dorongan pada metabolisme tubuh karena mengandung polyphenol dan kafein yang bersatu membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda. Untuk sayuran bayam, menurut penelitian di Rutgers University, hormon yang ditemukan pada sayuran ini dapat membantu membangun dan memperbaiki otot dengan meningkatkan sintesis protein. Sementara pada sayuran brokoli, diketahui dapat mencegah kanker serta mengandung vitamin C dan K.

Buah-buahan yang berwarna hijau seperti alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL, tanpa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Buah hijau lain yang bermanfaat bagi jantung adalah kiwi. Ada yang berspekulasi bahwa manfaat buah ini untuk jantung berasal dari aktivitas antioksidan dan kandungan lutein serta vitamin C yang tinggi. Sementara untuk buah apel hijau, menurut penelitian bisa mencegah stroke. Peningkatan 25 gr buah-buahan setiap hari, yaitu sekitar 120 gr apel hijau dikaitkan dengan 9% penurunan stroke.

3. Warna KUNING/JINGGA

makanan warna warniBuah-buahan yang berwarna kuning diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk melindungi sel tubuh, selain juga mengandung betacryptoxanthin, salah satu komponen karotenoid. Jeruk squash, blewah, labu, persik, wortel, mangga, apricot, dan pepaya adalah sebagian contoh buah dan sayuran yang berwarna kuning/jingga.

Warna jingga yang dimiliki buah dan sayuran menandakan adanya kandungan alfa dan betakaroten. Dua jenis unsur nutrisi ini jika dikonsumsi cukup akan bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker. Setiap porsi dari buah dan sayuran itu dapat menyehatkan tubuh dan mencukupi kebutuhan vitamin C . Vitamin C merupakan senyawa penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktivitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah vitamin C. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Baca tulisan ini lebih lanjut

Daftar Obat Tradisional yang Mengandung Bahan Kimia Obat

550704_473313552708890_1209480919_nUntuk melindungi masyarakat dari penggunaan obat tradisional yang tak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu, Badan POM secara rutin melakukan pengawasan peredaran obat tradisional, termasuk kemungkinan dicampurnya Obat Tradisional dengan Bahan Kimia Obat (OT-BKO).

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM di seluruh Indonesia sampai bulan Agustus 2012, ditemukan ada sebanyak 29 OT-BKO. Sebanyak 20 di antaranya merupakan produk OT tak terdaftar (ilegal) dan merupakan produk OT yang tidak sesuai dengan persetujuan pendaftaran. Baca tulisan ini lebih lanjut

Cara Sehat untuk yang Suka Makan Mi Instan

10472_473304549376457_1361004615_nMeski mi instan diketahui bukanlah makanan yang menyehatkan, namun nyatanya tak sedikit orang yang menggemari makanan ini. Walau begitu ada cara sehat yang bisa dilakukan bagi para penggemar mi instan.

Mi instan bisa dibilang adalah makanan yang cara penyajiannya sangat mudah, mengenyangkan dan memiliki rasa yang gurih serta enak. Tak heran beberapa orang bisa sangat ketagihan mengonsumsi mi instan.

“Untuk mi instan saya tidak anjurkan dikonsumsi oleh orang yang gemuk, hipertensi atau diabetes,” ujar dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta ketika dihubungi detikHealth, Kamis (4/10/2012).

dr Titi menjelaskan karbohidrat yang terkandung di dalam mi instan ini sudah mengalami proses berkali-kali yang membuatnya mudah sekali diserap sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu di dalam bumbu mi instan ini juga mengandung kadar garam dan pengawet seperti monosodium glutamat (MSG) yang tinggi, sehingga pada orang yang memiliki hipertensi, kegemukan dan diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi mi instan. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ini Ciri Khas Orang yang Mudah dan yang Susah Dihipnotis

581467_473285766045002_1289159367_nAcara-acara TV sempat ramai menyuguhkan tayangan mengenai sulap dan hipnotis. Bahkan ada salah satu program yang mempertontonkan bagaimana kelakuan lucu orang-orang yang berhasil dihipnotis di depan umum. Hipnotis juga acapkali digunakan sebagai salah satu metode penipuan yang cukup marak. Sebenarnya adakah cara menolak hipnotis?

Para ilmuwan di Stanford University di Amerika Serikat telah menemukan bahwa orang-orang yang rentan dihipnotis adalah orang yang mudah memutuskan sesuatu dan memiliki kemampuan memperhatikan yang baik. Namun orang yang memiliki kebiasaan tetap dan cepat membuat penilaian cenderung susah dihipnotis.

Hipnotis digambarkan sebagai kondisi trans dengan kemampuan berfokus dan konsentrasi yang tinggi. Metode ini banyak digunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit, kecemasan dan fobia. Hipnotis juga sering digunakan untuk mengurangi kondisi akibat stres. Baca tulisan ini lebih lanjut

Mencampur Susu dengan Teh, Sebuah Kesalahan

 Teh dan kopi dalam beberapa kesempatan memang kerap disandingkan dengan susu segar. Perpaduan susu dalam minum ini memang menjadikannya lebih nikmat dan lezat. Apalagi jika ditambahkan dalam es batu.

Tapi, kenikmatan ini ternyata tak sejalan dengan penelitian kesehatan. Dalam The European Heart Journal, para ilmuwan menemukan bahwa teh yang dicampur dengan susu menyebabkan khasiat teh menghilang.

Padahal, teh adalah salah satu minuman yang populer dengan kandungan antioksidannya. Bahkan, minuman ini juga banyak dijadikan sebagai minuman herbal di China.

Melansir New York Times, penelitian telah dilakukan pada 16 orang dewasa sehat. Mereka diminta meminum secangkir teh hitam dan teh dengan susu tanpa lemak. Selanjutnya, fungsi vaskular diukur.

Saat dibandingkan dengan air, teh hitam secara signifikan meningkatkan fungsi arteri. Tapi, penambahan susu malah menghilangkan khasiat tersebut.

Ketika dilakukan uji coba dengan hewan percobaan, ternyata hasil yang ditunjukkan pun sama. Menurut para ahli, protein dalam susu akan menetralisasi antioksidan dalam teh.

Hal ini tak hanya terjadi pada susu sapi, tapi juga susu kedelai. Protein dalam kedelai juga memiliki kemampuan yang sama, yaitu menetralisasi antioksidan.

(sehat/ZM/vivanews)

 

Enyahkan Demam Berdarah !

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap terjadinya pergantian musim selalu diikuti dengan munculnya panyakit-penyakit musiman, seperti diare dan demam berdarah. Penyakit-penyakit ini sudah cukup dikenal lama oleh masyarakat terutama pada golongan ekonomi lemah. Namun belakangan penyakit ini kerapkali tidak memandang status sosial. Demikian pula dengan penyakit demam berdarah. Setiap pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, penyakit demam berdarah selalu dan selalu muncul di tengah masyarakat. Tidak peduli di pedesaan maupun perkotaan. Sehingga tak heran bila penyakit ini seringkali dijumpai di tempat-tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, poliklinik, puskesmas dan bahkan sampai di pelayanan kesehatan terendah sekalipun yaitu polindes dan poskesdes/poskeskel. Biasanya penyakit demam berdarah ini lebih sering terjadi pada awal musim penghujan karena pada saat tersebut orang-orang banyak yang lengah terhadap kebiasaan untuk menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah dan lingkungan masing-masing. Pada saat kelengahan itulah biasanya nyamuk penyebar maut Aedes aegyptiberkembang dengan pesat.

Penyakit Endemik

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi yang sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia, khususnya di kota-kota besar sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jakarta mempunyai resiko untuk terjangkit penyakit DBD ini, karena virus dan nyamuk pembawanya (Aedes Aegypti) tersebar luas baik di rumah-rumah maupun tempat-tempat umum kecuali yang berketinggian lebih dari 100 meter di atas permukaan laut.

Penyakit ini sudah diketahui sejak beberapa dekade yang lalu, tetapi patofisiologisnya (penyebab penyakitnya) belum diketahui dengan pasti hingga saat ini. Biasanya DBD diawali dengan infeksi berat yang ditandai dengan renjatan dan/ atau perdarahan yang merupakan penyebab utama kematian. DBD hanya dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang telah terinfeksi terlebih duhulu oleh virus dari penderita lain. Jangan salah sangka bahwa nyamuk ini berkembang biak hanya di genangan air jemih di dalam maupun di sekitar rumah, bukan di got atau comberan. Nyamuk ini kesukaannya hinggap pada pakaian yang digantung dan berwarna gelap dan menggigit manusia biasanya pada siang hari. Untuk mengenali nyamuk jenis ini dengan nyamuk lain (Anopheles) biasanya bisa kita lihat dari posisi menggigit. Nyamuk Aedes Aegypti bila menggigit (menghisap darah) adalah dengan posisi sejajar dengan kulit, sedangkan nyamuk anopheles biasanya dengan menungging.

Gejala Demam Berdarah

Bila kebetulan salah seorang anggota keluarga kita tertular Demam Berdarah Dengue (DBD), tidak perlu panik. Kenalilah tanda dan gejala penyakit ini yaitu :

  1. Demam tinggi yang timbul mendadak
  2. Demam berlangsung tidak lebih 7 hari (bila demam sudah lebih 7 hari lebih mungkin pasien menderita demam tifoid/ tipus)
  3. Pada sebagian penderita timbul pendarahan berupa bintik-bintik merah di kulit seperti bekas gigitan nyamuk, tetapi bila kulit direnggangkan bintik-bintik merah itu tidak hilang, berbeda dengan bekas gigitan nyamuk jenis Anopheles yang hilang bila kulit direnggangkan. Pada penderita yang lebih berat akan timbul perdarahan dari hidung (mimisan) atau mulut (muntah darah)
  4. Pada keadaan yang lebih serius lagi akan timbul perdarahan yang lebih banyak, ujung jari-jari kaki dan tangan dingin kebiru-biruan (pada kondisi ini penderita sudah jatuh pada renjatan) dan merupakan pertanda emergency (darurat) di mana penderita harus segera dibawa berobat ke Puskesmas atau rumah sakit
  5. Untuk lebih meyakinkan, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, terutama pada hari-hari awal demam.

Bagaimana Pertolongan Pertama?

Bila sudah curiga sakit demam berdarah, berikan pertolongan pertama berupa kompres dingin untuk menurunkan demam dan beri minum yang banyak dengan cairan yang ada di rumah seperti air teh manis, susu, sirup, oralit atau air putih biasa. Bahaya utama penyakit demam berdarah adalah tubuh kekurangan cairan sebagai akibat cairan dari pernbuluh darah merembes ke luar pembuluh. Keadaan inilah yang merupakan akibat serius pada penderita DBD, meskipun tidak tampak tanda-tanda perdarahan. Keluarga juga boleh memberi obat penurun panas, tetapi bukan obat-obat penurun panas yang mengandung asam salisilat seperti banyak obat penurun panas yang beredar di pasaran. Hubungi dokter keluarga Anda untuk memberikan obat penurun panas yang sesuai bagi penderita demam berdarah.

Cara Penanggulangan DBD

DBD hanya dapat dibasmi dengan cara memutus rantai perkembangan nyamuk jenis Aedes Aegypti. Bila hanya membunuh nyamuknya saja belumlah cukup, selama jentik-jentiknya masih dibiarkan hidup. Karena itu cara yang tepat adalah dengan memutus mata rantai pertumbuhan jentik-jentik tersebut dengan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah dan di lingkungan masing-masing secara berkesinambungan, paling tidak dua minggu sekali.

Pada dasarnya PSN dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip 3 M plus yaitu,

  1. M1: Menguras dan mengeringkan bak mandi/bak penampungan air jernih paling kurang sekali seminggu
  2. M2: Menutup rapat tempat-tempat penampungan air jernih (seperti bak air cadangan dan tempayan) agar tidak dimasuki nyamuk Aedes Aegypti untuk meletakkan telurnya
  3. M3: Meniadakan/ mengubur barang-barang bekas yang berserakan yang mungkin menampung air hujan di pekarangan (seperti aki bekas, ban bekas, botol pecah, gelas/ plastik air minum kemasan, plastik, tempurung, dll)
  4. M4: Memelihara ikan pada bak mandi

Dengan 3M plus ini nyamuk tidak berhasil bertelur di bak penampungan air jernih sehingga tidak ada jentik-jentik, termasuk juga tidak akan lahir nyamuk dewasa baru. Apabila seluruh keluarga secara sadar menerapkan 3 M plus ini bersama-sama tentu penularan penyakit Demam Berdarah Dengue dapat kita kendalikan dan lama-kelamaan kita dapat bebas dari penyakit demam berdarah.

Ingat! Prinsip “mencegah lebih baik daripada mengobati” perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam upaya penanggulangan penyakit Demam Berdarah. Mengapa? Karena bila kita sudah jatuh sakit, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak pula, antara lain untuk pengobatan ke dokter, pemeriksaan laboratorium dan pembelian obat, yang akan membuang waktu, tenaga dan biaya lebih banyak dibandingkan dengan upaya pencegahan yang relatif tidak mengeluarkan biaya apapun.

Dari segi ekonomi jelas tindakan kuratif membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan tindakan preventif (pencegahan). Oleh karena itu berkaitan dengan penyakit demam berdarah ini yang setiap tahun selalu mewabah ini, bagaimana sikap kita sebagai anggota masyarakat? Health is not everything, but without health everything is nothing (Kesehatan bukanlah segala-galanya, namun tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak berarti)

Kesimpulan

  1. Peran keluarga dalam penanggulangan DBD sangat besar terutama dalam bidang pertolongan pertama dan pemberantasan di rumah
  2. Pencegahan DBD yang ampuh dan murah adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3 M plus untuk meniadakan jentiknya.
  3. Pelaksanaan kampanye Pemberantasan Sarang Nyamuk harus dilakukan secara luas.

Membedakan Nyeri Dada dan Serangan Jantung

Saat mengalami nyeri dada, kebanyakan orang takut itu serangan jantung yang membahayakan. Padahal gejala serangan jantung tidak selalu di dada karena ada beberapa gejala yang menemaninya. Nyeri dada juga bisa karena masalah lain. Bagaimana membedakan nyeri dada karena serangan jantung atau gangguan lain?

Dokter Rob Lamberts seperti dilansir housecalldoctor, Minggu (21/8/2011) mengatakan orang perlu membedakan kapan nyeri dada itu serius karena serangan jantung atau penyakit lain.

Jika nyeri dada mengarah ke serangan jantung maka harus dilakukan tindakan cepat pertolongannya untuk mencegah kerusakan otot jantung yang bisa terjadi dalam beberapa jam yang berujung pada kematian.

Dokter Lamberts mengatakan untuk gejala serangan jantung, kata yang tepat sebenarnya bukan nyeri dada tetapi sensasi di dada. Sensasi ini terasa tidak enak seperti perasaan berat saat bernapas, perasaan dingin di dada atau sesak napas.

Menurutnya hampir sepertiga pasien serangan jantung tidak merasakan nyeri dada. Tapi gejala sebenarnya sudah dirasakan jauh sebelumnya yakni nyeri yang hilang timbul dalam 5 menit atau tidak menetap dan seringnya diabaikan banyak orang. Nyeri dada yang timbul tenggalam itu biasanya berlangsung singkat, tidak sampai 20 menit.

Kapan nyeri dada itu dikategorikan sebagai gejala serangan jantung yang serius?

Gejala yang khas pada serangan jantung (angina) adalah:
1. Dada sesak, berat atau seperti diperas.
Kondisi ini digambarkan banyak penderitanya seperti membawa beban yang berat di dada atau seperti dada diikat ketat. Sensasi ini biasanya terasa di sisi kiri dada atas. Tetapi kadang juga sulit menentukan lokasi yang tepat.

2. Sesak napas.
3. Berkeringat, mual dan merasa cemas.
4. Rasa sakit di leher, lengan kiri dan rahang, di belakang perut, salah satu bahu atau di kedua bahu.
5. Merasa lemah dan denyut jantung cepat atau tidak teratur.

Kondisi itu bisa muncul walau orang sedang istirahat. Gejala itu juga bisa timbul saat sedang atau sehabis olahraga, stres atau sehabis makan besar yang hanya ada satu jalan segera bawa ke unit darurat rumah sakit terdekat.

Selain nyeri dada serangan jantung, seperti dikutip WebMD, nyeri dada juga pertanda dari masalah atau penyakit lain seperti gangguan pencernaan (maag) atau salah otot.

Nyeri dada yang bukan serangan jantung adalah:

1. Nyeri pada otot atau tulang dada.
Kondisi ini sering terjadi ketika aktivitas seseorang meningkat atau orang menambah jadwal olahraganya.

2. Nyeri dada ketika batuk.
Kondisi ini terjadi karena ada infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus.

3. Nyeri di rusuk.
Jika terjadi sebelum muncul ruam-ruam merah bisa jadi itu pertanda penyakit herpes zoster.

4. Tulang rusuk patah.
Adanya tulang rusuk yang patah membuat orang merasakan nyeri dada terutama ketika batuk atau mengambil napas dalam-dalam.

5. Gangguan pencernaan Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan.
Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit di bawah tulang dada, rasa mulas.

6. Masalah paru-paru pneumothorax.
Kondisi ini menyebabkan nyeri dada yang amat dalam dan sesak napas yang ekstrem.

7. Bekuan darah di paru-paru (emboli).
Kondisi ini menyebabkan nyeri dada yang amat dalam dan sesak napas yang ekstrem.

8. Kanker paru-paru.
Kanker paru-paru juga menyebabkan nyeri dada terutama jika sel-sel kanker telah menyebar ke tulang rusuk.

9. Penyakit tulang belakang.
Penyakit ini juga menimbulkan rasa nyeri di dada jika saraf di tulang belakang terjepit.

(sehat/ZM/detikhealth)

 

Kunyit dan Pisang Ampuh Melindungi Lambung

Di kota-kota besar sakit mag sangat merakyat. Tidak heran, obat bebas untuk mengatasinya dijual di mana-mana, bahkan di warung sekali pun mudah didapat. Sayang kalau terlalu sering minum obat mag, kita mesti waspada terhadap efek sampingannya.

Karena tidak mau terkena efek sampingan, banyak juga yang lalu berpaling ke obat tradisional. Padahal sampai saat ini belum ada penelitian di Indonesia yang membuktikan kalau obat tradisional benar-benar bebas efek sampingan. Hanya saja, tak ada buruknya mengiyakan pesan dari para orang tua ini, “Dalam segala sesuatu jangalah sampai berlebihan agar tidak timbul masalah.”

Sejak zaman nenek moyang, ada kebiasaan di kalangan masyarakat untuk mengatasi urusan lambung yang ngadat cukup dengan bahan sederhana yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur. Apalagi kalau bukan kunyit yang punya nama Latin Curcuma domestica Val. dari keluarga Zingiberaceae.

Apa sebenarnya yang terkandung dalam kunyit hingga ia ampuh melawan sakit mag?

.

Melindungi lambung

Sejak puluhan tahun berbagai penelitian telah dilakukan terhadap kunyit baik terhadap hewan percobaan maupun manusia. Hasilnya, mereka menemukan senyawa kurkuminoid yang bersifat antibakteri dan kurkumin yang mampu meningkatkan produksi mukus (sejenis lendir) pada mukosa (lapisan) lambung sehingga lambung terlapisi dan gangguan lambung pun dapat dicegah dan diperbaiki.

Uji klinis terhadap efek kunyit pernah dilakukan oleh Prucksunand C., dkk. pada tahun 1986. Sepuluh pasien tukak lambung diberi dua buah kapsul kunyit @ 250 mg, 4 x sehari. Ketika diadakan pemeriksaan endoskopi setelah pengobatan 4, 8, dan 12 minggu, tujuh pasien sembuh setelah pengobatan antara 4 – 12 minggu.

Keampuhan kunyit mengatasi gangguan lambung juga berkat kandungan minyak atsirinya yang bersifat antiradang. Berdasarkan penelitian, ekstrak air kunyit 40 mg/kg berat badan (BB) sama khasiatnya dengan obat antiradang buatan pabrik sebanyak 5 mg/kg BB. Aktivitas senyawa ini tentunya sangat membantu dalam pengobatan radang lambung.

Melihat begitu banyak senyawa kunyit yang bisa mengatasi gangguan lambung, apa salahnya bila kita mencoba. Syukur-syukur tak ada efek sampingannya.

.

Pisang pun mampu

Selain kunyit, pisang (Musa paradisiaca) dari keluarga Musaceae pun secara empiris digunakan sebagai obat sakit mag. Pengobatan tradisional India Ayurveda menggunakan bubuk pisang untuk mengobati penderita mag yang disertai tukak.

Dari penelitian yang dilakukan tim gabungan dari Inggris dan India (Best RC. Dkk, 1984) terhadap hewan percobaan, yaitu tikus yang diinduksi aspirin, terbukti bubuk pisang mentah dari jenis pisang yang harus diolah dulu sebelum dimakan (plantain) dapat melindungi mereka dari tukak lambung.

Uji klinis pisang sebagai obat lambung pernah pula dilakukan. Penderita gangguan lambung diberikan 2 kapsul berisi bubuk pisang 4 kali sehari selama 8 minggu. Hasilnya, para penderita ini sembuh dari tukak lambung.

Menurut perkiraan Ghosal S. dkk, 1985, keampuhan pisang sebagai antitukak berkat senyawa aktif sitoindosin. Selain itu, pisang terutama yang masih muda mengandung banyak tanin.

Obat mag buatan luar negeri pun pernah diteliti kandungannya, ternyata selain mengandung senyawa penghambat produksi asam lambung, para produsen obat ini juga mengandalkan serbuk pisang yang berfungsi sebagai demulcent(mengurangi iritasi lokal pada tukak dan secara fisik melindungi sel-sel di bawahnya terhadap kontak iritan dari luar).

Kalau obat buatan luar negeri saja menggunakan pisang untuk mengatasi gangguan lambung, kenapa kita tidak rajin-rajin saja mengonsumsi pisang yang begitu melimpah di negeri kita. Murah dan sehat pula.

(sehat/ZM/healindonesia)

Jamur, Lauk Sekaligus Obat

Saat ini di rumah makan banyak tersedia menu jamur, seperti pepes jamur, ayam jamur, sup krim jamur, mi ayam jamur, kripik jamur, dan sebagainya. Bahkan ada sebuah resto khusus jamur, segala menunya berbahan dasar jamur. Di Amerika Serikat pun belakangan menu mereka seperti pizza, lasagne, burger, juga memakai unsur jamur.

Jamur sudah sejak ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh masyarakat di Cina, Jepang, bahkan juga di Mesir dan Yunani, sebagai bagian dari menu sehari-hari mereka. Jamur masuk dalam menu mereka untuk mengurangi asupan dari protein hewani yang dianggap sebagai penyebab masalah jantung koroner dan stroke.

Kalau dulu di pasaran kita hanya mengenal jamur merang dan jamur kancing (champignon) dalam kaleng, kini aneka jamur bisa dijumpai. Mulai dari jamur tiram dengan “payung” berwarna putih, berukuran besar, jamur portabella yang berwarna cokelat, jamur shiitake atau disebut juga hioko baik yang segar maupun kering, jamur enoki yang mirip taoge besar tapi memiliki “payung”, jamur kepiting putih (white crab mushroom) serta masih banyak jenis jamur lainnya.

Kandungan Gizi. Di kalangan masyarakat Cina dan Jepang, jamur bukan hanya sebagai lauk tetapi juga sebagai “obat”. Kepercayaan mereka beralasan juga karena jamur memang kaya gizi dan fitokimia.

Selain jamur sebagai sumber protein nabati, kandungan kalorinya rendah, yaitu hanya 23 kalori/100 g. Lemaknya sedikit yaitu lemak tak jenuh yang banyak dianjurkan para dokter untuk dikonsumsi sebagai pencegahan penyakit jantung koroner maupun stroke.

Jamur juga kaya vitamin B kompleks, terutama riboflavin, niasin, dan asam pantothenik. Mineral dalam jamur seperti kalium, tembaga (Cu), selenium cukup bisa diandalkan. Begitu juga dengan seratnya, antara 8 – 10%.

Dari hasil penelitian Pennsylvania State University, AS, diketahui jamur mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan cukup ampuh. Juga beta-glukan yang terdiri atas lentinan, LEM, D-fraction.

.

Manfaat Bagi Kesehatan

  • Jantung. Jamur memiliki sejumlah jurus yang dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung. Mulai dari kandungan tembaga, asam lemak tak jenuh seperti asam linoleik. Kandungan niasin dan eritadenin dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sehingga terhindar dari masalah jantung koroner.
  • Hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi pada jamur dapat “mengusir” natrium dalam tubuh sehingga menjaga kadar tekanan darah. Kandungan asam lemak tak jenuhnya juga berdampak positif terhadap pembuluh darah.
  • Pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi antara 7,4 – 24,6% menjadikan urusan buang air besar menjadi lancar. Jamur juga mengandung niasin yang membuat sistem pencernaan dalam kondisi “sehat” sehingga urusan pencernaan menjadi lancar.
  • Antitumor. Jamur memiliki senyawa aktif seperti polisakarida, khususnya beta-glukan yang bersifat antitumor sehingga tumor payudara dan prostat bisa dihambat pertumbuhannya. Dari penelitian di Baltimore, AS, kandungan selenium juga bermanfaat menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 65%.
  • Flu. Di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu, jamur shiitake dipercaya memiliki sifat antivirus karena kandungan polisakarida lentinan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu sebabnya, ketika seseorang menderita flu kerap disajikan menu yang mengandung jamur shiitake.

.

Yang Perlu Diwaspadai

Di dunia diperkirakan ada sekitar 14.000 jenis jamur. Dari sekian banyak itu, kira-kira hanya 1/3 saja yang aman dikonsumsi. Bila Anda sedang hiking kemudian melihat jamur, jangan asal petik, bisa-bisa malah keracunan lo.

Beberapa jenis jamur, terutama yang tinggi kadar airnya, tak tahan disimpan walau hanya satu hari. Karenanya, belilah jamur untuk dimasak pada hari itu juga. Bila terpaksa hendak menyimpannya, cucilah jamur hingga bersih. Keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian simpan di lemari pendingin. Hal ini untuk menghindari jamur berubah warna.

(sehat/ZM/healindonesia)

Bawang Putih Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bawang putih merupakan salah satu bahan penyedap rasa makanan, tetapi juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Pengobatan dengan bawang putih juga pernah dilakukan oleh nenek moyang kita terdahulu. Hipocrates yang hidup tahun 460 SM menggunakan bawang putih untuk mengobati penderita pneumonia dan luka yang terinfeksi. Selain itu, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh nadi jantung yang menyempit, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi dan rendah, merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik, mengurangi rasa sakit pada tulang, mengurangi terjadinya rematik dan mengurangi resiko kanker.

Manfaat lain bawang putih adalah mengurangi stress dan memperlancar pencernaan. Saripati bawang putih yang dikombinasikan dengan vitamin E dan selenium dapat mencegah kerontokan rambut, bermanfaat untuk kesehatan mata, dapat menaikkan jumlah sperma, mengobati penyakit batuk, cacingan, gatal-gatal penyakit kulit, sakit gigi, muntaber, rematik, tiphus dan diabetes. Bagi wanita, ternyata bawang putih dapat memperlambat proses penuaan dan memperhalus kulit wajah agar tampak segar.

Senyawa allisin yang terkandung dalam bawang putih merupakan persenyawaan belerang (sulfur) dan asam amino yang berfungsi sebagai antibiotika. Turunan allisin yang disebut diallyl disulfide oksidase dapat menurunkan kolesterol dan lipida dalam serum darah dan hati.

Penelitian di Jepang oleh Kominato dan Shiga menemukan senyawa scordinin pada bawang putih yang berfungsi sebagai enzim pendorong pertumbuhan. Jika allisin bekerja sebagai pemberantas penyakit, maka scordinin berperan memberikan kekuatan dan pertumbuhan tubuh. Tetapi allisin pada bawang putih mentah dapat berubah menjadi oksidan keras yang dapat menimbulkan gangguan perut dan anemia hemolitik, sehingga dianjurkan tidak memakan bawang putih mentah terlalu banyak.

Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi risiko kanker. Penelitian Robert H Hurt, ahli hematologi dan onkologi dari Universitas Brown Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bawang putih dapat menghentikan berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Pernyataan ini diperkuat oleh Weis Burger dan Penskey dari Western Reserve University yang mengadakan penelitian pada tikus yang diinduksi sel kanker dalam 16 hari tikus tersebut mati. Bila sel-sel kanker tersebut diobati dengan sari bawang putih yang disuntikkan, tikus tersebut tidak mati selama 6 bulan. Sedangkan tikus lain yang diberi makanan bawang putih segar tidak terkena kanker.

(sehat/ZM/majalahkesehatan)

Jahe, Teman Penderita Diabetes

Manfaat jahe telah dikenal selama ribuan tahun. Tidak hanya sebagai bumbu masak, rempah-rempah dengan nama latin Zingiber officinale juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Bahkan disebutkan bahwa jahe dapat meredakan nyeri otot. Jahe diperkirakan berasal dari bagian selatan daratan Cina, yang kemudian menyebar ke seluruh Asia, Eropa, Afrika ke Amerika Latin.

Menurut Huffington Post, sejumlah ilmuwan dari University of Sydney, Australia, menemukan manfaat jahe pada pasien diabetes. Mereka menemukan bahwa nutrisi jahe bekerja membantu mengatur kadar gula darah.
Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan dalam Medical News, ekstrak jahe berisi gingerol, yang mampu meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot bebas dari produksi insulin.
Profesor Roufogalis, seorang ahli kimia farmasi yang terlibat dalam penelitian mengatakan, “Jahe membantu mengontrol kadar gula darah pasien diabetes untuk mencegah komplikasi jangka panjang.”
Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang mencegah pembekuan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan aliran darah. Itulah sebabnya jahe juga bertindak untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sebagai penyebab utama stroke dan serangan jantung.
Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, temuan ini menambah serangkaian manfaat jahe bagi tubuh. Khasiat jahe yang telah dikenal dari generasi ke generasi antara lain, mengurangi batuk, pilek, perut kembung, gangguan pencernaan, mual, diare, dan sakit tenggorokan.
Sebagai rempah-rempah, jahe hampir selalu disajikan dalam berbagai masakan oriental, baik tumis, dipanggang, digoreng, sampai dikukus. Meskipun manfaat kesehatan yang melekat, jahe menawarkan rasa yang khas dan aroma yang menambah rasa untuk hidangan. Jahe juga digunakan untuk membantu menghilangkan bau amis dari makanan seperti ikan, udang, daging sapi, dan unggas.

(sehat/ZM/healindonesia)

Daftar Makanan yang Berkolesterol Tinggi

Guna menjaga pola makan bebas kolesterol tinggi, kita juga perlu mengetahui nilai informasi kandungan kolesterol pada setiap makanan yang kita asup. Dibawah ini terlampir gizi yang ada disetiap makanan yang kita asup antara lain:

 

 

 

Makanan dengan kandungan Rendah Kolesterol

Jenis Makanan                                                    Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Putih telur ayam                                                      0
Teripang                                                                      0
Susu sapi non-fat                                                      0
Daging ayam / bebek tanpa kulit                    50
Ikan air tawar                                                          55
Daging sapi pilihan tanpa lemak                      60
Daging kelinci                                                          65
Daging kambing tanpa lemak                             70
Ikan ekor kuning                                                      85

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sesekali.

Jenis Makanan                                                       Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Daging Asap                                                                 98
Iga sapi                                                                        100
Daging Sapi dengan lemak                                    105
Burung Dara                                                               120
Ikan Bawal                                                                   120

Makanan yang memiliki kandungan Tinggi Kolesterol

Jenis Makanan                                                         Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Daging Sapi berlemak                                               125
Iga sapi                                                                           100
Iga Babi                                                                           105
Daging Sapi dengan lemak                                       105
Burung Dar                                                                     120
Ikan Bawal                                                                      120
Gajih Sapi                                                                         130
Gajih Kambing                                                                130
Daging Babi berlemak                                                  130
Keju                                                                                     140
Sosis Daging                                                                      150
Kepiting                                                                              150
Udang                                                                                   160
Kerang                                                                                  160
Siput                                                                                       160
Belut                                                                                        185
Santan                                                                                     185
Gajih Babi                                                                              200
Susu sapi                                                                                 250
Susu sapi cream                                                                   280
Coklat                                                                                       290
Margarine / Mentega                                                         300
Jeroan Sapi                                                                             380
Jeroan Babi                                                                             420
Kearng Putih / tiram                                                           450
Jeroan Kambing                                                                    610
Cumi-cumi                                                                             1170
Kuning Telur Ayam                                                           2000
Otak Sapi                                                                                 2300
Otak Babi                                                                                 3100
Telur Burung Puyuh                                                           3640

Dengan demikian Anda sudah memiliki gambaran untuk melakukan pemilahan makanan terhadap menu keseharaian Anda. Penting adanya untuk tetap menanamkan gambaran akibat yang ditimbulkan oleh kejamnya ancaman kolesterol ketimbang membayangkan nikmatnya menyantap hidangan-hidangan yang hanya terlihat menggiurkan.

(sehat/ZM/klikdokter)

7 Fakta Berbahaya Membakar Sampah

Sampah memang unik. Mengapa ? Karena dengan sampah kita bersahabat dan dengan sampah pula kita bisa berseteru. Demikian pula dengan kebiasaan membakar sampah yang masih menjadi kebiasaan banyak ora

ng. Selain cepat, cara ini juga dianggap hemat untuk mengurangi sampah atau benda yang ingin dihilangkan. Padahal cara tersebut memiliki sejumlah bahaya bagi manusia maupun lingkungan.

Berikut ini tujuh fakta berbahaya dari aktivitas membakar sampah:

Pada umumnya, terutama sampah dari rumah dibakar secara serampangan. Kegiatan ini akan menghasilkan karbomonoksida (CO) yang bila terhirup manusia dapat mengganggu fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang semestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Kekurangan O2 ini bisa menimbulkan kematian. Sebagai gambaran kasar, satu ton sampah yang dibakar akan berpotensi menghasilkan gas CO sebanyak 30 kg.
Asap dari pembakaran sampah plastik akan menghasilkan senyawa kimia dioksin atau zat yang bisa digunakan sebagai herbisida (racun tumbuhan). Selain itu, proses tersebut juga dapat menghasilkan fosgen atau gas beracun berbahaya yang pernah digunakan sebagai senjata pembunuh pada masa Perang Dunia pertama.
Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain.
Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali. Zat ini ditengarai sebagai biang keladi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya (seperti asam cuka) penyebab iritasi.
Membakar kayu juga dapat menghasilkan senyawa yang mengakibatkan kanker. Sedangkan melamin dapat menghasilkan formaldehida (formalin) bila dibakar dengan suplai oksigen yang banyak atau HCN (asam sianida) bila kurang oksigen.
Pembakaran sampah di area terbuka dapat menghasilkan partikel debu halus atau Particulate Matter (PM) yang mencapai level PM 10 (10 mikron). Dengan tingkatan tersebut, zat ini tidak dapat disaring oleh alat pernapasan manusia, sehingga bisa masuk ke paru-paru dan mengakibatkan gangguan pernapasan.
Pembakaran sampah dapat menyebabkan kabut asap yang tebal dan mengurangi jarak pandang dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal. Yang lebih parah, bisa memicu terjadinya kebakaran dengan skala lebih besar. Kita tentu masih ingat terjadinya kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan yang menyebabkan kapal laut menabrak tebing dan menghentikan aktivitas penerbangan komersial di beberapa bandara.
Oleh karena itu, marilah kita mengelola limbah rumah tangga secara bijak, agar tidak membahayakan manusia dan selalu menjaga kenyamanan lingkungan.

(sehat/ZM/majalahkesehatan)

 

Namaku Penni

Lengkapnya : Pennisetum purpureum alias Rumput Gajah Mini,
aku adalah jenis rumput-rumputan, familyku bernama Graminae, dari Ordo Orchidaceae.
Aku tidak sesempurna manusia atau beberapa jenis hewan karena aku hanyalah tumbuhan.
Aku tidak memiliki otak, jadi tidak bisa berpikir, tidak mempunyai kaki, jadi tidak bisa kemana-mana, tidak punya tangan, jadi tidak mampu bekerja.
Aku tidak sekomplit manusia yang memiliki segalanya.
Aku hanya rumput, yang biasa diinjak dan tidak banyak orang yang mengenaliku apalagi yang menghargaiku, aku bahkan sering dicampakkan, dicabuti dan dibuang begitu saja.
Tapi, Aku senang karena begini-begini, ada juga manusia yang merawatku dengan baik karena suka dengan keindahan yang kuciptakan di halamannya, suka dengan keempukanku sehingga manusia sering berbaring di atasku.
Malah ada juga yang memanfaatkan perakaranku yang kuat untuk
lapangan sepakbola dan lapangan golf.
Tanah tempat tumbuhku menjadi wadah penangkapan air hujan, sehingga manusia tidak kekurangan air tanah yang sehat untuk berbagai keperluan. Akupun menjaga tanah itu dari run off agar tanah tidak tergerus oleh air.
Kalau di daerah tempat asalku di pedalaman sana, malah aku juga menjadi makanan yang enak bagi beberapa ternak seperti sapi.
Ssst, yang luarbiasa bagiku, kata ahli psikologi, dari keindahan yang kumiliki jika dihampar di halaman, mampu memberi terapi khusus, untuk memberikan ketenangan, ketentraman dan kesejukan bagi yang memandangnya.
Hitung-hitung, lumayan juga kegunaanku sebagai makhlukNYA, walaupun aku jauh dari kesempurnaan manusia.

Aku selalu berdoa ( lihatlah daunku yang selalu menengadah ke atas), moga-moga aku tetap dapat bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya mahluk.
Walaupun aku hanya tumbuhan kecil,

aku Penni,,,, Pennisetum purpureum.

(sehat/YBA)

12 Khasiat Buah Kurma

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.

RINCIAN KANDUNGAN GIZI KURMA (PER 100 G)
(SUMBER: USDA NATIONAL NUTRIENT DATABASE)
Unsur Nilai gizi Persen kecukupan gizi
Energi 277 Kkal 14%
Karbohidrat 74,97 g 58%
Protein 1,81g 3%
Total Lemak 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Asam Folat 15 mcg 4%
Niacin 1,610 mg 10%
Asam pantotenat 0,805 mg 16%
Piridoksin 0,249 mg 19%
Riboflavin 0, 060 mg 4.5%
Thiamin 0,050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2,7 mcg 2%
Sodium 1 mg 0%
Potasium 696 mg 16%
Kalsium 64 mg 6.5%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Mangan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Beta karoten 89 mcg –
Lutein-zeaxanthin 23 mcg –

Kandungan nutrisi kurma

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Khasiat buah kurma

1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.
Kalau begitu, betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma!

(sehat/ZMmajalahkesehatan)

Menyiksa Anak dengan Kesenangan

Anak yang lahir dan tumbuh dalam keluarga-keluarga yang serba ada, penuh kasih sayang tetapi kurang disiplin, menghasilkan anak manja. Semua keinginan mereka relatif terpenuhi berlimpah.

Ada banyak alasan orangtua memanjakan anak. Di kota besar alasan klasik adalah orangtua kasihan dengan anak yang ditinggal sendirian di rumah hanya dengan pembantu. Kesibukan kerja membuat mereka lebih mengikuti kemauan anak. Pemanjaan sebagai jalan mengatasi rasa bersalah. Semua fasilitaspun disediakan. Baca tulisan ini lebih lanjut

Stres pada Anak Hambat Pertumbuhan Otak

Tiga tahun pertama kehidupan bayi adalah periode pertumbuhan yang luar biasa yang terjadi pada seluruh area perkembangan tubuh, terutama otak. Otak bayi baru lahir hanya seberat 25% dari otak orang dewasa rata-rata. Tetapi pada umur tiga tahun, otak sudah tumbuh begitu pesatnya, memproduksi milyaran sel dan ratusan triliun koneksi, sinapsis atau sambungan syaraf antar sel-sel tersebut. Meskipun pertumbuhan otak tidak berhenti sampai umur tiga tahun – melainkan sampai usia remaja – namun setelah usia tiga tahun pertumbuhan otak semakin melambat. Baca tulisan ini lebih lanjut

Kebanyakan Minum Air juga Ternyata Berbahaya

Selama ini kebanyakan orang selalu berpikir bahwa minum banyak air lebih baik bagi tubuh daripada kekurangan air atau dehidrasi. Minum berlebihan justru bertentangan dengan sinyal biologis manusia.
Para atlet juga seringkali banyak minum air saat berolahraga untuk menjaga asupan cairan tubuhnya. Sayangnya, kebanyakan minum air bisa berakibat fatal dan mematikan.
Seorang pelari marathon di Inggris bernama Kate Mori mengikuti perlombaan London Marathon pada tahun 2007. Itu adalah perlombaan keempat yang pernah ia ikuti.
Saat itu, suhu sedang mencapai puncaknya pada 23,5 derajat Celcius. Dengan maksud ingin mempertahankan asupan cairan, Mori berusaha meminum air sesering mungkin setiap berhenti di sepanjang rute. Baca tulisan ini lebih lanjut

Kebiasaan Yang Menyebabkan Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh seseorang untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti infeksi atau flu,selain itu dapat juga sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Kemampuan sistem kekebalan untuk membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing akan menopang amanat yang diembannya guna merespon infeksi patogen – baik yang berkembang biak di dalam sel tubuh (intraselular) seperti misalnya virus, maupun yang berkembang biak di luar sel tubuh (ekstraselular) – sebelum berkembang menjadi penyakit. Karenanya sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat, dan salah satu cara melakukannya adalah dengan menghindari 10 kebiasaan buruk berikut ini: Baca tulisan ini lebih lanjut

Buah dan Sayur Mentah Tangkal Kanker

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di American Association for Cancer Research’s Sixth Annual International Conference on Frontiers di Cancer Prevention, Philadelphia Amerika Serikat menyebutkan, bahwa buah beri hitam dan brokoli muda serta beberapa sayuran segar dapat mengurangi risiko kanker esophagus dan saluran empedu.

Sayur dan buah telah lama diketahui mampu mengurangi risiko munculnya kanker tertentu. Berdasar riset sebelumnya, American Cancer Society merekomendasikan agar kita mengonsumsi lima jenis buah dan sayur setiap hari.

Dalam penelitian awal, para peneliti dari Ohio State University menemukan, beri hitam melindungi kita dari kanker esophagus dengan cara mengurangi proses stres oksidatif yang dihasilkan oleh Barret esophagus, sebuah kondisi pra kanker yang biasa disebut penyakit gastroesopagus refluks. Esophagus merupakan terowongan panjang yang menghubungkan kerongkongan dengan perut. Penyakit refluks menyebabkan asam perut secara terus menerus melonjak ke atas ke arah kerongkongan. Dan menyebabkan rasa panas di mulut. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ini Dia Protein Penyebab Kebotakan Pria

Para peneliti telah mengidentifikasi protein yang bertanggung jawab untuk pola kebotakan pria. Sehingga diharapkan dapat ditemukan pengobatan yang efektif untuk kebotakan yang terjadi pada pria.

Pola kebotakan pria telah mempengaruhi 8 dari 10 pria dan menyebabkan folikel rambut menyusut dan menghasilkan rambut-rambut mikroskopis, yang tumbuh untuk durasi yang lebih singkat daripada rambut normal. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ingin Cari Dokter yang Tepat? Begini Caranya

Mencari dokter pribadi bukanlah hal yang sederhana. Ada banyak dokter yang membuka praktik dan tidak semuanya memiliki kualifikasi yang benar-benar baik dan berpengalaman. Bagaimana mencari dokter yang tepat?

“Mencari dokter sebelum jatuh sakit penting untuk memastikan kondisi kesehatan tetap terjaga,” kata Trisha Torrey, konsultan kesehatan dan penulis buku ‘You Bet Your Life: The Ten Mistakes Every Patient Makes’ seperti dilansir dari Huffington Post,Minggu (26/2/2012)..

Untuk dapat menemukan dokter yang tepat, berikut adalah panduan-panduannya: Baca tulisan ini lebih lanjut

Dokter Dituduh Sengaja Bunuh Pasien dengan Resep Obatnya

Seorang dokter di California dituduh telah meresepkan obat sembarangan untuk pasien yang belum tentu membutuhkan. Dokter wanita bernama Hsiu-Ying Tseng, 42 tahun, ini harus menghadapi tuduhan pembunuhan setelah pasiennya meninggal dunia. Dr Tseng meresepkan lebih dari 27.000 obat untuk pasiennya selama tiga tahun atau rata-rata 25 resep sehari. Akibatnya, 3 orang pasiennya pun meregang nyawa.

Vu Nguyen (29 tahun) dari Lake Forest, Steven Ogle (25 tahun) dari Palm Desert, dan Joseph Rovero III (21 tahun) dari San Ramon adalah korban dr Tseng yang diberi obat resep untuk mengobati gejala kecemasan. Baca tulisan ini lebih lanjut

Tak hanya enak, es krim juga baik bagi kesehatan.

Dingin, manis, dan enak, begitulah kata-kata yang bisa menggambarkan es krim. Makanan yang satu ini memang banyak disukai tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Beragam rasa dan aneka kreasi es krim saat ini, menggugah selera siapa saja.  Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya:  lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa. Sedikitnya 100 gram es krim yang berbahan susu memiliki 110-130 kalori dengan kandungan protein 2.5 – 3 gram. Tapi tahukah anda, selain enak es krim juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat  es krim bagi kesehatan kita. Baca tulisan ini lebih lanjut

Umur 3 Tahun Sudah ‘Mati’ 5 Kali Akibat Kelainan Jantung

Umumnya seseorang bisa meninggal jika jantungnya berhenti bekerja. Tapi tidak bagi bocah ini, akibat memiliki kelainan jantung yang langka, ia pernah 5 kali ‘mati’ dalam setahun.

Aaron Sweeney (3 tahun) memiliki kelainan jantung langka yang bisa membuat jantungnya berhenti berdetak hingga 7 menit saat kambuh. Sang ibu menuturkan kondisi ini pernah terjadi sebanyak 5 kali dalam setahun, karena itu Aaron sering dikatakan ‘mati’ 5 kali dalam setahun.

Saat ini Aaron dilengkapi oleh defibrilator yang melekat di kulitnya untuk membantu menghidupkan kembali jantungnya jika berhenti berdetak. Ibunya, Jolaine Clark (28 tahun) telah dilatih menggunakan defibrilator ini untuk menghidupkan anaknya kembali.

Aaron yang tinggal bersama dengan ibu dan kakek neneknya, Elaine (50 tahun) dan Joe (50 tahun) pertama kali pingsan saat ia menonton televisi di rumahnya Januari tahun lalu. Keluarga pun membawanya ke rumah sakit dan berhasil menghidupkannya kembali dan mendapatkan pengobatan penuh hingga pulih.

Tapi sayangnya saat itu dokter di Yorkhill Hospital tidak berhasil mendiagnosis keadaannya, hingga akhirnya Aaron mengalami pingsan lagi untuk kedua kalinya pada Maret tahun lalu dan berhasil dihidupkan lagi.

Barulah saat Aaron mengalami pingsan untuk ketiga kalinya dokter berhasil mendiagnosis keadaannya dengan kondisi Prolonged QT Syndrome atau dikenal dengan sebutan Sindrom kematian mendadak (Sudden Death Syndrome). Kondisi ini merupakan cacat jantung yang berkembang di dalam rahim.

“Pertama kali terjadi saya tidak tahu harus berbuat apa, itu mengerikan. Saya harus melihatnya pingsan seperti mati dan harus menghidupkannya kembali, ujar Jolaine, seperti dikutip dariDailymail, Kamis (22/3/2012).

Jolaine menuturkan saat ini ia sudah sedikit tenang karena telah dilatih untuk membantu menghidupkannya kembali jika ia mengalami colaps. Kondisi ini membuatnya tidak bisa kembali bekerja dan Aaron belum bisa bersekolah.

Saat ini Aaron dilengkapi dengan alat pemantau khusus jantung yang ditanamkan di dadanya pada Januari. Alat ini akan mendeteksi saat jantung Aaron gagal bekerja dan merekam kondisi medisnya.

Namun bocah laki-laki ini mengalami gagal jantung pada bulan lalu dan akan menjalani operasi pada akhir tahun. Saat ini ada defibrilator permanen yang ditanam di bawah kulitnya sehingga alat ini akan memicu secara otomatis ketika jantungnya mulai gagal.

“Dia benar-benar hebat dan selalu bahagia, ia tahu ada yang sesuatu yang salah dengan dirinya tapi ia bisa menangani dengan sangat baik. Dokter sebenarnya melarang ia untuk berlari, tapi saya tidak bisa menghentikannya,” ujar Jolaine yang tinggal di Mosspark, Glasgow.

Jolaine menuturkan meski Aaron sudah divonis dengan kelainan jantung langka, ia hidup seperti halnya anak 3 tahun yang normal. Namun ia harus melakukan check up di Yorkhill Hospital secara teratur setiap 6-8 minggu.

Obat Alami Kaya Manfaat

Ketimun atau mentimun memiliki nama scientific Cucumis sativus. Mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Buah ketimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat ini mudah saja, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah ketimun segar. Lakukan setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.
Selain sebagai pembersih ginjal, ketimun memiliki banyak manfaat lain. Satu buah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Baca tulisan ini lebih lanjut

Inilah Posisi Tidur Enak Bikin Bebas Pegal

Tak dipungkiri pentingnya tidur untuk kesehatan. Namun ternyata tidur bukan perkara memejamkan mata saja. Salah memilih posisi tidur bisa menyebabkan Anda terbangun dalam keadaan pegal atau leher kaku dan sakit. Simak posisi tidur yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Tidur terlentangPosisi tidur ini sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refluks asam lambung, meminimalkan keriput serta menjaga bentuk payudara agar tak mudah kendur.Sayangnya posisi tidur terlentang ini bisa menyebabkan ngorok. Untuk mereka yang sering mendengkur disarankan untuk menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi. Tidur terlentang juga sering menyebabkan nyeri punggung, karena itu letakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk. Bila alas tidur terlalu empuk, taruhlah papan setebal kira-kira 1 cm di bawah seprai. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ingin Sukses Berhenti Merokok? Ikuti Langkah Ini!

Kebiasaan merokok memang amat merugikan kesehatan. Bahkan, para perokok aktif sudah tahu dan sadar bahwa mereka berisiko terkena kanker paru-paru, emphysema dan serangan jantung di kemudian hari akibat merokok.

Tetapi, bila Anda benar ingin berhenti merokok, coba beberapa langkah ini dan semoga bisa membantu Anda untuk terlepas dari kebiasaan tidak sehat.

Langkah 1: Pilih hari untuk memulai berhenti merokok

Ambil kalender dan pilih waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri guna keluar dari kebiasaan merokok. Tak ada salahnya untuk memulai berhenti merokok pada hari yang Anda anggap tingkat stres tidak terlalu tinggi dibandingkan hari lain, seperti hari-hari di akhir pekan. Tandai kalender Anda dan mulai berkomitmenlah untuk melakukannya. Baca tulisan ini lebih lanjut

Awas, Jangan Kebanyakan Makan Kerang

Kerang adalah salah satu komoditi utama sea food yang akrab di masyarakat. Namun, masyarakat yang gemar sea food yang satu ini diminta untuk waspada, mengingat sifat kerang selama hidupnya yang disebut Oseanografi LIPI, seperti penyedot debu.

Oseanografi LIPI menyebut, tidak seperti ikan yang aktif berenang, kerang cenderung statis. “Kerang itu seperti penyedot debu. Dia akan menghisap apa saja yang didekatnya, termasuk logam berat. Di dalam tubuh kerang, logam tersebut dimanipulasi kerang,” kata Kepala Oseanografi LIPI, Zainal Arifin. Baca tulisan ini lebih lanjut

Sering Ngantuk Usai Makan Siang? Ini Cara Jitu Mengatasinya!

Setelah makan siang, tidak sedikit orang yang justru merasa lelah dan mengantuk, meski harus tetap beraktivitas. Kondisi ini sebenarnya tidak normal dan bisa dihindari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tak mudah mengantuk setelah makan siang.

Mengantuk setelah makan siang sebenarnya merupakan kondisi yang tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuat Anda lebih segar.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanan, enzim atau kondisi kadar gula darah Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tak mudah mengantuk setelah makan siang, seperti dilansir Livestrong, Senin (5/3/2012): Baca tulisan ini lebih lanjut

10 Makanan untuk Memperbaiki Mood

Jika Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3, yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati, namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati.

TakutBanyak orang menderita fobia, mulai dari yang umum (seperti acrophobia – takut ketinggian) hingga yang khusus (seperti arachibutyrophobia – takut terhadap selai kacang). Mungkin pola makan Anda perlu diperiksa. Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan irasional dan kecemasan berlebihan, jadi cobalah tingkatkan asupan folat Anda – sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3 – dengan mengonsumsi alpukat. Baca tulisan ini lebih lanjut

9 Kebiasaan Kecil yang Bisa Membuat Hati Senang

Banyak cara untuk membuat hati senang dan tubuh semangat. Memompa suasana hati yang baik setiap hari bisa membuat Anda lebih sukses dan bahagia. Jangan sampai pengaruh negatif dari sekitar bisa menyurutkan semangat Anda.

Sembilan hal kecil dan simpel ini bisa membantu menjaga mood Anda tetap positif walau diserbu pengaruh negatif.

1. Tersenyum Biasakan untuk tersenyum dengan tulus. Tersenyumlah saat bangun di pagi hari dan bersyukur Anda masih diberi kesempatan untuk menikmati hidup. Tersenyumlah ketika bertemu orang yang dikenal atau berkenalan dengan orang baru.  Baca tulisan ini lebih lanjut

Olahraga Ini Bikin Anda Bahagia

Apakah Anda merasa selalu uring-uringan setiap hari? Suasana hati kacau tanpa sebab? Bisa jadi, Anda kurang berolahraga.

Cukup mencoba beberapa olahraga berikut ini, Anda bisa menaikkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Seperti dilansir melalui iDiva, inilah olahraga yang bisa membuat kita bahagia. yuk, kita intip.

Berenang

Kapan terakhir Anda melompat ke kolam berenang? Berenang merupakan salah satu jenis olahraga sehat. Berenang juga bisa membakar sampai 300 kalori setiap jam. “Berenang membantu melonggarkan tubuh dan mengencangkan otot Anda. Olahraga ini amat baik bagi penderita Asma.” kata Althea Shah, pelatih kebugaran di Gold Gym. Baca tulisan ini lebih lanjut

Tak Suka Olahraga? Konsumsi Cokelat Hitam!

Coklat memang selalu menjadi makanan favorit segala usia. Satu lagi manfaat coklat hitam bagi kesehatan ditemukan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi coklat hitam mempunyai manfaat bagi kesehatan yang setara dengan orang yang melakukan aktivitas olahraga.

Dr. Moh Malek, peneliti dari Universitas Wyne State ini memfokuskan penelitian pada mitokondria, sumber pembangkit energi yang menghasilkan energi dalam sel, dan menemukan senyawa yang ditemukan di tanaman kakao atau coklat, yang disebut epicatechin, yang mampu merangsang respon otot yang sama dengan aktivitas olahraga. Baca tulisan ini lebih lanjut

Inilah 7 Resep Mereduksi Stres ala Dr Mehmet Oz

Berita salah satu pemeran utama film Zoro, Cahterine Zeta Jones yang dirawat karena stres, membuat publik Amerika Serikat prihatin. Tekanan bertubi-tubi yang dihadapinya — suami berjuang melawan kanker stadium empat dan anak tirinya berurusan dengan polisi karena narkoba — membuat stres Zeta Jones menumpuk.

Semua meledak tahun ini: saat suami dinyatakan bebas dari kanker, dia harus digelandang ke RS Jiwa karena mengalami Bipolar Disorder akibat stres yang bertumpuk.  Baca tulisan ini lebih lanjut

Tips Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur, selain bertujuan untuk mengistirahatkan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari, juga saat yang tepat untuk mengistirahatkan fisik dan mental. Cukup tidur tak hanya ditentukan dari kuantitas atau lamanya waktu tidur, tetapi juga dari kualitas tidur itu sendiri.

Nah, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, beberapa tips ini layak untuk Anda simak: Baca tulisan ini lebih lanjut

7 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Air adalah sumber kehidupan semua orang di dunia sepakat dengan ini karena manusia tidak bisa hidup tanpa air. Kita dapat bertahan tidak makan selama 7 hari, tapi kita lemah dan tidak kuat bila tidak minum air selama 3 hari, otomatis kita akan merenggang nyawa.

7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan:

1. Tetap Langsing Dengan Air Mencoba untuk menurunkan berat badan? Air meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman sarat-kalori dengan air, dan minum segelas sebelum makan untuk membantu Anda merasa lebih kenyang. Minum lebih banyak air juga membantu meningkatkan amper metabolisme – terutama jika gelas Anda dingin. Tubuh Anda harus bekerja untuk menghangatkan air, dalam proses membakar beberapa tambahan kalori.  Baca tulisan ini lebih lanjut

Senyuman Ramalkan Kondisi Kesehatan

Tersenyum merupakan cara termudah untuk mengecek kesehatan. Bila Anda sering bercermin, cobalah tersenyum lebar. Ternyata melalui senyuman, kita bisa mendeteksi bagaimana kondisi kesehatan tubuh Anda.

Saat Anda buka mulut, cobalah untuk memperhatikan lidah, gigi hingga bibir Anda secara detail. Ada beberapa kondisi yang bisa mengindikasikan jika Anda sedang mengalami masalah kesehatan. Agar Anda tahu, cobalah lakukan empat hal berikut ini seperti yang dilansir melalui medicmagic. Baca tulisan ini lebih lanjut

Cara Benar Mengenakan Bra

 Pemilihan ukuran bra yang tepat tak hanya sekedar menyangga dan menjaga bentuk, ukuran dan tekstur keindahan payudara, namun juga mempengaruhi bagi kesehatan tubuh Anda.

Menurut sebuah survei, dua per tiga wanita telah mengalami 5 kali perubahan ukuran bra selama hidupnya, sebagai bentuk perubahan berat badan yang naik turun.

Hal inilah yang menyebabkan pentingnya bagi wanita untuk selalu mengukur ukuran lingkar dada dan ukuran cup saat membeli bra. Terlebih lagi kini, banyak wanita yang membeli bra hanya karena model dan warnanya saja. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ssst, Ngobrol Ternyata Ampuh Redam Stres

Hobi ngobrol? Tidak perlu cemas. Ternyata, dari hasil penelitian para ilmuwan dari University of California, Berkeley, terungkap bahwa mengobrol seru dengan teman dapat mengendalikan perilaku buruk, mencegah kemungkinan eksploitasi, dan manjur juga meredam stres.

Para ilmuwan ini mengadakan serangkaian eksperimen khusus hingga tiba pada kesimpulan itu. Saat studi berlangsung, para peneliti juga mendeteksi detak jantung yang meningkat ketika ada obrolan seru yang diperbincangkan. Baca tulisan ini lebih lanjut

Sering Tidur Malam Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

Kebiasaan tidur malam yang buruk sering membuat Anda merasa lelah dan kesal. Selain itu, gangguan tidur malam yang buruk selama enam kali berturut-turut, juga dapat memicu timbulnya diabetes dan penyakit jantung.

Profesor Philippe Froguel dari Imperial College London mengatakan, “Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh,” katanya. Salah satu jam biologis tubuh adalah tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak pada kontrol gula darah. Baca tulisan ini lebih lanjut

Beberapa Kesalahan Penggunaan Kondom

Kondom 98 persen efektif mencegah kehamilan penularan penyakit menular seksual jika digunakan dengan benar. Namun, sayangnya masih banyak pria yang masih salah menggunakan kondom.

 Tim peneliti dari The Kinsey Institute Condom Use Research Team (CURT) menganalisis 50 artikel yang telah diterbitkan dari beberapa media antara tahun 1995-2011.

 Para peneliti juga melibatkan berbagai partisipan mulai dari pasangan monogami hingga pekerja seks. Peneliti banyak menemukan bahwa kondom sering kali tidak digunakan sebagai pengaman saat berhubungan seks. Baca tulisan ini lebih lanjut

Mensos Prihatin Narkoba Sudah Jangkau Murid SD

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengaku prihatin dengan peredaran narkoba dalam berbagai bentuk yang sudah menjangkau murid sekolah dasar (SD) di tanah air.

“Yang kita khawatirkan bukan lagi anak-anak SMA atau mahasiswa, tapi anak SD juga sudah terkena narkoba,” kata Menteri Sosial saat mengunjungi Pondok Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis.

Menteri Sosial berada di Ponpes Suryalaya untuk memberikan bantuan kepada panti rehabilitasi remaja Inabah yang salah satunya membina para pecandu narkoba.

Menteri juga mengingatkan orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka termasuk pertemanan sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat salah satunya narkoba. Baca tulisan ini lebih lanjut

4 Makanan Terbaik untuk Otak 4 Makanan Terbaik untuk Otak

Menjadi bagian terpenting bagi tubuh, otak menjadi pusat dari semua aktivitas manusia. Oleh karena itu, otak memerlukan asupan makanan sehat untuk membuatnya bekerja optimal.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang berguna bagi kesehatan otak, seperti dikutip Boldsky, Selasa (28/2).

Vitamin B Kompleks

Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda. Konsumsilah makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, yang membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar. Vitamin B kompleks banyak terdapat dalam kentang, biji-bijian, brokoli, bayam, jamur, pisang, berbagai produk olahan kacang kedelai, telur dan kacang almond. Baca tulisan ini lebih lanjut

Cara Mudah Atasi Bau Mulut

Halitosis atau nafas bau merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan yang kerap dialami oleh sebagian orang. Penyebab dari kasus nafas bau yang sering ditemukan adalah disebabkan oleh bakteri yang hidup di mulut, terutama di bagian belakang lidah.

Penyebab utama dari nafas bau adalah tidak melakukan perawatan mulut dengan benar, sehingga terjadi penumpukan plak dan infeksi gusi. Menyikat gigi dan flossing dapat mengurangi makanan bagi bakteri didalam mulut. Selain itu, beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, sembelit, infeksi tenggorokan, mulut kering, gangguan metabolisme dan diet yang tidak benar, juga dapat memicu timbulnya bau mulut. Baca tulisan ini lebih lanjut

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: