Fakta Menarik Tentang Semangka

1797492_860511687322406_4283872422001320521_nSaat matahari sedang terik-teriknya, menikmati sepotong buah semangka merah nan manis pastinya sangat menyegarkan. Siapa sangka, buah lezat ini memiliki 46 kalori per 240 gram dan menyajikan 20% asupan harian vitamin C dan 17% vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir oleh All Women Stalk berikut adalah fakta menarik tentang buah super segar ini.

Kaya Akan Air
Buah semangka ini ternyata mengandung 91,5% air lho, Moms. Tidak heran jika buah ini dapat mengobati dehidrasi dimusim panas.

Terdapat Variasi Warna Kuning
Selain berwarna merah, semangka juga ada yang berwarna kuning lho, Moms. Jika dilihat dari luar, mereka terlihat sama namun setelah dibuka Anda akan terkejut dengan semangka berwarna kuning crimson ini.

Mengobati Nyeri Otot
Banyak studi menunjukkan bahwa buah semangka dapat meredakan nyeri otot. Semangka mengandung zat citrulline yang dapat meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah. Anda kecapekan? Segera konsumsi semangka ya.

Menurunkan Berat Badan
Rasa manis yang terdapat pada semangka sangatlah rendah kalori. Oleh sebab itu, semangka merupakan pilihan camilan terbaik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Meningkatkan Daya Otak
Manfaat menakjubkan lain dari buah semangka adalah kenyataan bahwa buah ini dapat meningkatkan perkembangan otak. Buah ini mengandung sejumlah vitamin seperti B6 dan kandungan airnya mencapai 92% sama dengan presentase air di otak.

Segera dapatkan manfaat sehat buah semangka untuk kesehatan keluarga. Semoga menginspirasi.

(sehat/ZM/molto)

Yang Bikin Otak Tak Lagi Encer

10520574_832400820133493_7431999734073681905_nMagnesium merupakan elemen penting yang ditemukan dalam beberapa buah dan sayur seperti bayam dan sayuran hijau lainnya. Dikenal penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi kurang dari 400 mg per hari akan menempatkan Anda pada risiko alergi yang lebih besar, selain asma dan gangguan jantung.

Penelitian baru menunjukkan senyawa baru, magnesium-L- threonate (MGT) yang diujikan pada binatang efektif membantu kerja otak. Magnesium otak bekerja lebih maksimal dan cepat. Serta meningkatkan daya ingat.

Baca pos ini lebih lanjut

Tak Semua Jus Sehat, Ini Aturan Buat Jus Sehat

10641211_832398916800350_2238424309435099936_nMinum jus bisa menyehatkan tapi bisa juga tidak. Ketika terbiasa mengonsumsi jus dengan kadar gula tinggi dan minim serat Anda malah tak bisa dapatkan manfaat jus bagi kesehatan.

Oleh karena itu, ahli nutrisi sekaligus pendiri Food Life, Eden Elizabeth, berbagi resep bagaimana aturan membuat jus sehat. Seperti dilansir dari Canada Living, Jumat (19/9/2014) begini syaratnya:

1. Kurangi buah perbanyak sayuran
Jus yang paling enak di lidah berasal dari buah. Perlu diketahui bahwa ketika buah dihancurkan dalam juicer, serat-serat gual melepaskan gula alami yang berdampak membuat gula darah dalam tubuh meningkat. Lebih baik, campur antara buah dan sayuran untuk mendapatkan jus sehat.

2. Variasikan sayuran
Untuk mendapatkan beragam manfaat nutrisi untuk tubuh, jangan membuat jus dengan sayuran yang sama. Selain agar tak bosan, kandungan nutrisi yang berbeda membuat tubuh kaya vitamin.
3. Pilih bahan organik
Baik buah dan sayur yang dikonsumsi adalah bahan mentah. Penggunaan pestisida tak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, lebih baik memilih bahan-bahan organik untuk membuat jus.

Baca pos ini lebih lanjut

Awas, 10 Makanan Ini Dilarang Masuk Kulkas

10615347_831966993510209_2579092956386412577_nKulkas, atau lemari pendingin dianggap tempat paling tepat ‘mengawetkan’ sayur, buah, dan makanan lain.
“Biar lebih segar juga, enggak cepat layu. Kalau susu sama telur kan memang harus di kulkas,” kata Mona (28), seorang ibu rumah tangga kepada Beritasatu.com, Senin (15/9).

Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah. Tapi, mulai sekarang Anda harus lebih teliti, karena tidak semua bahan pangan cocok disimpan dalam lemari pendingin.

Dilansir laman Idiva, inilah 10 makanan yang sebaiknya berada pada suhu ruang.

1. Tomat
Pendinginan tomat membuat kadar air di dalamnya meningkat, mengurangi nilai gizi, dan menguras kandungan antioksidan. Lebih baik, belilah tomat secukupnya dan tetap letakkan di luar kulkas.

2. Kentang
Kentang yang disimpan dalam kulkas akan mengurangi kadar protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Pada suhu ruang, kentang mampu bertahan hingga tiga minggu. Atau, jika mau lebih awet, bungkus kentang menggunakan kertas.

3. Bawang merah
Seperti tomat, bawang merah akan menjadi lembek bila disimpan dalam lemari es. Aroma yang kuat dari bawang juga akan meresap ke bahan-bahan lain di sekitarnya, sehingga dapat merusak aroma asli.

4. Kopi
Kopi akan kehilangan rasa dan aroma bila berada dalam suhu dingin. Kadar kafeinnya pun bisa berubah. Untuk itu, kopi bubuk atau biji kopi harus selalu disimpan di suhu kamar.

5. Minyak
Semua jenis minyak harus berada di luar kulkas. Hal ini karena minyak akan menggumpal jika disimpan pada temperatur rendah. Untuk mencairkannya lagi pun butuh waktu lama.

6. Bawang putih
Sama seperti bawang merah, bawang putih pun akan lembek jika disimpan dalam kulkas. Tekstur rasanya pun berubah jadi asam, serta merusak komposisi gizinya.

7. Madu
Madu merupakan bahan alami yang tidak perlu diawetkan oleh apapun. Ketika disimpan dalam lemari pendingin, akan terbentuk kristal gula yang menyulitkan untuk dikonsumsi.

8. Melon
Buah ini terbilang unik. Jika sudah dipotong, melon wajib disimpan dalam kulkas. Tapi, jika masih dalam bentuk utuh, harus berada pada suhu ruang untuk menjaga kandungan antioksidannya tetap tinggi.

9. Roti
Beberapa jenis roti bakal membeku jika disimpan pada temperatur rendah. Hal ini dapat merusak tekstur, rasa, dan aroma.

10. Sayuran herbal
Seperti daun mint, rosemary, oregano, daun ginseng, akan lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruang. Menyimpannya di kulkas hanya akan mempercepat pembusukan.

(sehat/ZM/beritasatu)

Obat Tradisional Batu Ginjal

10426207_825901100783465_164093385015213541_nBatu ginjal adalah penyakit yang sering di jumpai di indonesia , umum nya yang mengidap penyakit ini adalah pria . batu ginjal umum nya di sebabkan dari pola makan yang tidak teratur . Apakah anda menderita batu ginjal ? bila anda menderita batu ginjal anda tidak perlu khawatir , gunakan saja obat tradisional Jelly Gamat Gold – G yang Sudah terbukti aman dan cepat menyembuhkan batu ginjal dari sumber penyakit nya sehingga batu ginjal akan hilang seketika .

Definisi Batu Ginjal

Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin . Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). Berikut akan lebih dibicarakan tentang batu ginjal.
Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Faktor Penyebab Batu Gijal :

Sering menahan kencing terlalu lama sehingga urin menjadi pekat.
Kurang minum air putih sehingga jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.
Pekatnya kadar garam dalam urin sehingga berpotensi terjadinya endapan batu dalam saluran kemih.
Terlalu banyak zat kimia yang terdapat dalam urin, seperti kapur dan garam oksalat.
Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang sepenuhnya tidak larut
Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Batu Ginjal :

1. Faktor ekstrinsik, meliputi:

Geografi : pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian yang lebih tinggi daripada daerah lain sehingga dikenal sebagai daerah stone belt (sabuk batu)
Asupan air : kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium dapat meningkatkan insiden batu ginjal
Pekerjaan : penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktivitas fisik
Iklim dan temperatur
Diet : diet tinggi purin, oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu ginjal

2. Faktor intrinsik, meliputi :

Jenis kelamin
Herediter
Faktor Usia, biasanya terjadi pada kisaran usia 30-40 tahun

Gejala :

1. Tanpa Gejala

Banyak orang yang menderita batu ginjal tanpa gejala apapun (asimtomatik). Jika Anda memiliki batu ginjal yang sangat kecil, bisanya tidak akan diketahui ataupun terasa. Terkadang batu kecil seperti ini ditemukan jika Anda menjalani tes pencitraan (X-ray, CT scan, atau USG) untuk alasan yang tidak terkait dengan masalah ginjal. Dokter Anda mungkin mengambil pendekatan “wait and see” jika ditemukan bahwa Anda memiliki batu ginjal tanpa gejala yang mengganggu.

2. Nyeri

Nyeri akibat batu ginjal bisa terasa ringan sampai berat. Batu ginjal yang lebih besar lebih mungkin menyebabkan rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin. Situs nyeri paling umum yang terkait batu ginjal adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, serta di bawah tulang rusuk. Rasa sakit mungkin datang bergelombang. Anda juga mungkin sering mengalami nyeri buang air kecil.

3. Mual dan Muntah

Rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal mungkin begitu parah sehingga Anda mungkin juga mengalami mual dan muntah. Ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urin, hal ini menyebabkan rasa sakit yang digambarkan sebagai lebih buruk daripada melahirkan. Nyeri hebat, mual, dan muntah harus diobati dengan obat nyeri kuat, antiemetik, dan cairan infus.

4. Demam dan Menggigil

Demam dan menggigil kadang-kadang juga merupakan gejala batu ginjal. Gejala ini merupakan gejala mengganggu yang memerlukan evaluasi medis segera karena demam dan menggigil bisa berarti bahwa Anda juga mengalami infeksi (berpotensi mengancam nyawa, jika tidak diobati). Anda harus mencari pengobatan segera jika mengalami demam dan menggigil yang terkait dengan batu ginjal, bahkan jika Anda hanya mengalami nyeri ringan.

5. Darah dalam Urine

Darah dalam urin, yang disebut “hematuria,” adalah gejala umum lain dari batu ginjal. Ketika batu ginjal melewati saluran kemih, ia mengiritasi ureter dan menyebabkan perdarahan. Urin Anda mungkin terlihat merah muda atau kemerahan tergantung pada beratnya perdarahan. Darah dalam urin merupakan gejala serius yang menjamin evaluasi cepat yang diberikan dokter Anda.

6. Perubahan Urine Lainnya

Jika Anda melihat urin yang keruh atau sangat berbau, ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal. Namun, gejala ini bisa juga menjadi tanda masalah medis lainnya, seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi kandung kemih, sistitis, atau bahkan penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore. Jika Anda memiliki urin yang keruh atau berbau busuk, segera temui dokter Anda.

Beberapa Makanan Yang Baik Di Konsumsi Penderita Batu Ginjal :

Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

Berries
Berries seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

Paprika merah
Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

Kecambah
Kecambah membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.

Kubis
Kubis meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

Apel
Anggur, ceri dan apel adalah buah-buahan yang sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda harus rutin menyantap apel setiap harinya.

Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.

Bawang merah
Bawang dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.

Ceri
Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Ikan
Ikan banyak mengandung Omega-3 mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga melindungi ginjal dari penyakit. Ikan salmon, mackerel, herring dan tuna merupakan jenis ikan sehat yang baik untuk ginjal.

Anda bisa mengonsumsi salah satu atau beberapa dari daftar makanan di atas demi kesehatan ginjal Anda. Sayangi ginjalmu untuk kesehatan yang lebih baik.

(sehat/ZM/obattradisionalbatuginjalalami)

Luruhkan Batu Ginjal dengan 4 Cara Alami

kidneystonepainSalah satu penyakit yang menyerang ginjal dan saluran kemih adalah batu ginjal. Batu ini terbentuk karena adanya pengkristalan atau pengendapan urin di dalam ginjal sehingga berkumpul dan membentuk gumpalan keras yang menyumbat saluran kemih.

Jika saluran kemih atau saluran pembuangan air seni ini tersumbat, Anda akan mengalami susah buang air kecil dan timbul rasa nyeri karena batu mungkin sudah berada di saluran kemih. Jika tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami kencing darah yang menyakitkan.

Menurut kutipan www.stylecraze.com, ada beberapa cara untuk bisa meringankan dan mempermudah peluruhan batu ginjal, antara lain adalah dengan

1. Apel

Buah apel diketahui bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain enak karena rasanya yang renyah dan manis, ternyata apel juga bisa melarutkan batu ginjal secara alami. Cukup makan 2 buah apel segar rutin setiap hari untuk bisa merasakan efeknya.

Ini mungkin disebabkan oleh banyaknya kandungan antioksidan di dalam apel, seperti vitamin A dan C yang dapat melarutkan batu ginjal. Anda juga bisa minum sari cuka apel jika bosan dengan buah apel segar, namun hindari gula terlalu banyak Ladies, karena seringkali banyak kandungan gula dalam cuka apel.

Baca pos ini lebih lanjut

Atasi 5 Penyakit ini dengan Jus Lidah Buaya

atasi-5-penyakit-ini-dengan-jus-lidah-buayaLidah buaya sudah dikenal sejak dulu sebagai obat yang mampu menyembuhkan dan mendinginkan. Selain bisa merawat kesuburan rambut dan mengatasi berbagai macam masalah kulit, Anda juga bisa mengonsumsi lidah buaya dengan cara diminum.

Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti kalsium, sodium, zat besi, kalium, mangan, asam folat, seng, vitamin A, C B1, B2, B6, E dan asam amino. Jus lidah buaya seperti dikutip dari www.stylecraze.com, memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya adalah

1. Mengatasi masalah pencernaan

Lidah buaya sangat berguna menyembuhkan masalah usus karena berbagai macam infeksi bakteri. Lidah buaya yang bersifat anti-inflamasi juga membantu dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga bisa melawan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan dan segala gangguan pencernaan.

Baca pos ini lebih lanjut

Terlalu Kurus juga Tidak Baik

kurus-(healthline)-depanKegemukan berisiko kesehatan, itu jelas. Bahkan belakangan ini sejumlah kalangan medis menggolongkan obesitas sebagai sebuah penyakit tersendiri. Namun, terlalu kurus ternyata lebih berbahaya dibandingkan terlalu gemuk. Risiko kematian dini untuk orang kurus lebih tinggi daripada orang gemuk, menurut hasil sebuah studi survei besar. Dibandingkan dengan orang-orang berberat badan normal, orang yang terlalu kurus memiliki risiko kematian hampir dua kali lipat orang berberat badan normal.

Studi yang dipimpin oleh dr Joel Ray dari Rumah Sakit St Michael, Toronto mengalisis 51 penelitian terhadap orang-orang yang diikuti selama lima tahun atau lebih dan berfokus pada hubungan antara BMI (indeks massa tubuh) dan kematian yang terkait dengan sebab apapun. Para peserta yang memiliki catatan kekurangan berat badan akibat kanker, penyakit paru-paru kronis atau gagal jantung dikeluarkan dari analisis agar tidak mendistorsi hasilnya.

Hasilnya, orang-orang kurus yang memiliki BMI kurang dari 18,5 berisiko 1,8 kali lebih tinggi dalam setiap periode penelitian untuk meninggal dibandingkan mereka yang berberat badan normal (BMI 18,5-24,9). Sebaliknya, mereka yang kegemukan (BMI 30-34,9) hanya memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 1,2 kali. Bahkan mereka yang sangat gemuk dengan BMI di atas 35 pun masih memiliki peningkatan risiko kematian lebih sedikit yaitu risiko 1,3 kali.

Ray menyatakan bahwa perhatian masyarakat saat ini sangat berfokus pada kelebihan berat badan. Meskipun jelas bahwa kelebihan berat badan adalah masalah nyata, kita juga perlu mewaspadai masalah kekurangan berat badan. Orang berberat badan normal yang mungkin terpengaruh oleh iklan atau meniru para model dapat menurunkan berat badan terlalu banyak sehingga membahayakan kesehatan mereka. Kekurangan berat badan seringkali disertai dengan gizi buruk, yang dapat melemahkan tubuh. Jika orang yang kurus itu kemudian sakit parah maka dia hanya memiliki cadangan lemak yang sedikit.

Lingkar pinggang adalah tolok ukur yang lebih baik

Menggunakan alat ukur yang tepat untuk menilai berat badan yang sehat sangat penting, kata Ray. “BMI tidak hanya mencakup lemak tubuh tetapi juga massa otot,” katanya. Rasio ini tidak memberikan informasi tentang distribusi lemak tubuh. Keseimbangan lemak dan otot berperan penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, menilai risiko kesehatan dengan lingkar perut lebih cocok daripada BMI. Perempuan harus bertujuan untuk memiliki lingkar perut kurang dari 80 cm dan laki-laki kurang dari 90 sentimeter.

(seahat/ZM/majalahkesehatan)

Bahaya Fluoride pada Beberapa Produk

unnamedSetelah 22 tahun melakukan penelitian, akhirnya Harvard University menambah temuan betapa bahayanya Air Mineral yang mengandung Flourida yang saat ini juga terdapat dalam Air Mineral seperti Aqua kepunyaan Danone, tidak hanya Aqua saja yang kini sahamnya dibeli Danone juga mengandung Zat Flourida.

Termuan terkini dari Harvard University bahwa Air Mineral dengan Fluorida juga mengurangi IQ anak-anak. Sebuah pertanyaan besar jika Danone melalui Aqua menanamkan Zat berbahaya ini di minuman anak-anak Indonesia, dalam target apa untuk puluhan tahun mendatang?

Dalam temuan itu juga membuktikan bahwa Air dengan fluorida di berbagai Negara yang mengonsumsinya termasuk Indonesia ditemukan fakta bahwa anak-anak yang tinggal di Daerah air yang mengandung konsentrasi tinggi fluorida dan meminum Air Mineral dengan kandungan Flourida seperti Indinesia salah satunya Koefisien Intelektualnya sangat rendah. Saya melihat ini sebuah unsur kesengajaan mengapa kemudian pihak Danone menggunakan Zidane sebagai idola untuk kampanye Air Mineral ini di Indonesia disebabkan Zidane muslim dan penduduk Indonesia juga mayoritas muslim.Oleh karena itu, para Ilmuwan dari Universitas Harvard melakukan studi besar dengan mengumpulkan hasil penelitian sebelumnya dalam periode 22 tahun, di mana mereka mempelajari Efek air dengan Fluorida pada anak-anak.

Hasilnya menunjukkan bahwa fluorida dapat mempengaruhi perkembangan otak anak-anak untuk tingkat yang lebih besar yang mempengaruhi orang dewasa. Baca pos ini lebih lanjut

Apa itu Hormon dan Fungsinya pada Manusia?

endocrorgsApa yang menyebabkan anda merasa haus ketika habis berolahraga? apa yang menyebabkan rasa haus itu hilang ketika anda meminum air? atau apa yang menybabkan Pria bisa tertarik kepada wanita dan juga sebaliknya? selain itu siapa yang bertanggung jawab mengendalikan pertumbuhan tubuh hingga tinggi dan berat tubuh manusia beragam? Hormon! Itulah jawaban dari seluruh pertanyaan diatas.
Hormon adalah zat kimiawi yang bisa menggerakan tubuh sebagai respon agar stabilitas tubuh terjaga. Hormon juga berasal dari bahasa yunani, yaitu hormaen yang artinya menggerakkan.

Hormon juga sejatinya adalah zat yang hanya ada sedikit di dalam tubuh namun tak diragukan lagi fungsi dan kegunannya. Hormon dapat mengendalikan proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, kekebalan, dan pola hidup manusia sekalipun.

Karena pentingnya fungsi hormon, hormon diproduksi langsung oleh tubuh, tubuh mensekresikan hormon melalui dua kelenjar, kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Apa perbedaannya? endokrin mensekresikan hormon keseluruh tubuh dengan bantuan darah untuk mendistribusikannya, sementara eksokrin memerlukan saluran eksklusif untuk mengedarkan hormon.

Baca pos ini lebih lanjut

Bahaya Laptop bagi Kesehatan

meja-laptop1Komputer laptop kini semakin populer. Bila beberapa tahun yang lalu laptop hanya menjadi pilihan mereka yang sering bepergian, kini tampaknya hampir semua orang lebih memilih laptop dibandingkan komputer biasa yang statis. Tapi di balik kepopulerannya, Anda perlu mewaspadai potensi bahayanya terhadap kesehatan.
Kemampuan laptop untuk membantu seseorang mengejar deadline pada akhirnya menimbulkan isu kesehatan berkenaan dengan penggunaannya. Seorang profesor dalam bidang ergonomis, Alan Hedge, PhD, CPE, memberikan tips agar para pengguna laptop tidak mengalami cidera saat bekerja.
Baca pos ini lebih lanjut

Tanda-tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

daya tahan tubuhDaya tahan tubuh adalah perisai untuk melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai virus dan penyakit, daya tahan tubuh tidak datang dengan sendirinya, harus dibangun dengan makanan dan gaya hidup sehat. Sering merasa mudah capek dan sakit? Apa karena daya tahan tubuh Anda menurun?
Kadang sulit menentukan apakah daya tahan tubuh seseorang bagus atau tidak, perubahan cuaca, pola makan tidak teratur dan gaya hidup yang buruk sering berpengaruh pada menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Untuk menilai apakah daya tahan tubuh Anda bagus atau tidak.
Kala musim hujan seperti sekarang, tubuh cenderung lebih rentan terhadap ancaman penyakit. Beruntung, manusia memiliki sistem imun atau daya tahan sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit.
Kondisi daya tahan setiap orang tentu berbeda. Apalagi, dengan lonjakan jumlah mikroorganisme di musim hujam seperti saat ini, sistem imun yang biasa mampu melawannya bisa saja menjadi kewalahan. Akibat sistem imun tak berhasil melawan mikroorganisme, tubuh pun bisa jatuh sakit.
Baca pos ini lebih lanjut

Tips Mengatasi Kulit Berminyak

Tips-Merawat-Kesehatan-Kulit-BerminyakIndonesia memiliki iklim tropis, karena itu sangat mempengaruhi wajah Anda akan berminyak karena cuaca yang panas. Kulit muka berminyak sangat mengganggu penampilan Anda, dan membuat Anda harus bolak balik ke kamar mandi untuk touch up makeup. Kalau tidak, Anda akan terkejut melihat bayangan Anda yang penuh kilau di wajah bagaikan kilang minyak.
Kulit yang berminyak akan membuat muka Anda tidak terlihat segar lagi malahan wajah terlihat lebih kusam, selain masalah kulit menjadi terlihat kusam, masalah lain yang diakibatkan wajah berminyak yaitu komedo dan jerawat. Apabila komedo dan jerawat sudah ada diwajah, wah gawat tuh! penampilanmu juga akan terganggu kan? Umumnya, makeup juga hanya bertahan selama 2 jam saja di pagi hari. Dan pada saat sibuk-sibuknya, Anda malah dibuat khawatir akan penampilan Anda.
Kulit berminyak tentunya menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi Anda, selain karena tampilan kulit yang terlihat mengkilap bila terkena cahaya, kulit yang berminyak pun juga sering terlihat kusam dan tidak segar. Apalagi bagi Anda yang diharuskan memakai riasan atau make up pada wajah, kulit yang berminyak membuat riasan tersebut menjadi tidak awet dan mudah luntur.
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin membersihkan wajah secara teratur, diikuti dengan penggunaan toner khusus yang diperuntukkan untuk wajah berminyak. Hal ini penting, sebab jika salah memilih toner malah hanya akan memperparah kuantitas minyak di wajah Anda, karena pada umumnya toner atau pembersih wajah ini menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kurang cocok bagi kulit berminyak. Selain itu, jangan pakai pembersih dengan scrub setiap hari.
Sebaiknya gunakan sebanyak seminggu sekali, dan pilih yang berbahan alami.
Baca pos ini lebih lanjut

Awas, Herpes Bisa Menular di Kolam Renang

download (1)Herpes, merupakan radang atau infeksi yang mengincar kulit dan dapat menular saat berenang di dalam kolam renang. Sekalipun air kolam renang tersebut jernih, belum tentu air tersebut bersih. Ada ancaman virus varicella-zoster penyebab herpes yang dapat membuat kulit meradang dan menimbulkan gelembung berisi cairan nanah, dan terutama muncul di sela paha atau dekat dengan miss V. Disebut herpes atau cacar air karena penampakan dari penyakit ini adalah timbulnya bintik-bintik merah yang berair dan berkoloni di bagian kulit tertentu.
Penuruan imunitas pada tubuh menyebabkan virus pada permukaan kulit dapat berkembang dan menjadi penyakit herpes, herpes adalah penyakit menular yang dapat melaui kontak langsung dengan penderita ataupun bersentuhan pada bagian yang terifeksi. Jika anda sedang mengalami sakit herpes ini sebaiknya anda berhati-hati dalam menjaga agar bintik air ini tidak pecah sehigga tidak mejalar ke area yang lebih luas. Pada sebagian kasus herpes dapat kempes dengan sendiri karena sistem imun dari dalam tubuh kita yang bereaksi terhadap penyakit ini, penyebab herpes biasanya karena sistem imun kita sedang lemah, atau kebersihan badan yang kurang terjaga.
Baca pos ini lebih lanjut

Beres-beres Rumah itu Ternyata Menyehatkan

544716_486109828095929_1522842073_nOlahraga selama ini diidentikkan dengan meluangkan waktu plus gerak tubuh yang mengucurkan keringat. Padahal, anggapan itu tidak selamanya demikian. Disadari atau tidak, ada aktivitas olah tubuh yang tanpa disadari.
Ada lho beberapa kegiatan fisik yang sejatinya sama dengan olahraga. Apalagi kegiatan fisik ini dilakukan tanpa berpikir efeknya yang menyehatkan tubuh. Mau tahu apa saja itu? Simak baik-baik yang berikut ini.
1. Beres-beres rumah
Menyewa asisten rumah tangga memang perlu untuk membantu beberes rumah, apalagi kalau pekerjaan banyak menyita waktu. Tetapi, untuk kamar tidur, mencuci mobil, dan halaman rumah, cobalah dibersihkan sendiri. Cukup sejam melakoni aktivitas tersebut sudah cukup mengusir lemak hingga 240 kalori. Baca pos ini lebih lanjut

Lima Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga Berat

543157_486105954762983_1991187152_nAnda baru saja berolahraga di gym selama beberapa jam, pasti saat ini Anda merasa sangat lapar. Ini adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda untuk mengisi ulang energi. Tapi bukan berarti Anda harus langsung makan.

Langsung makan setelah latihan adalah sama seperti mengganti kalori yang baru saja dibakar. Hanyalah sebuah mitos — tubuh Anda jauh lebih rumit dari itu!

Makanan dengan karbohidrat berkualitas, protein dan beberapa lemak yang baik (alpukat dan kacang-kacangan), seperti salad ayam dengan minyak zaitun, akan menjadi pilihan yang baik untuk membantu tubuh kita memperbaiki otot dan mengisi ulang energi. Baca pos ini lebih lanjut

Bahan Alami Peluruh Kolesterol

487020_477521565621422_96678691_nBanyak tanaman yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, tanaman ini banyak direkomendasikan.
Mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman itu sebanyak-banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik lagi benar.
Berikut beberapa resep peluruh kolesterol dan trigliserida yang diperoleh dari berbagai sumber : Baca pos ini lebih lanjut

Manfaat Orgasme bagi Kesehatan Wanita

318918_484407738266138_186852364_nDalam melakukan hubungan seksual setiap pasangan (suami-isteri!, Admin ‘sehat’) pastilah ingin merasakan orgasme. Selain bermanfaat bagi psikis orgasme juga memberi manfaat untuk tubuh. Titik puncak kenikmatan saat berhubungan seksual itu mampu mempengaruhi daya rangsang otak terhadap tubuh.
Saat orgasme, tubuh akan melepaskan sejumlah hormon yang bermanfaat untuk Anda. Hormon-hormon inilah yang berguna mulai dari mengatasi rasa sakit hingga bisa membuat Anda semakin cantik. Apa saja sebenarnya manfaat orgasme? Ini daftarnya:
1. Mengatasi Rasa Sakit
Menurut sebuah penelitian dari Amerika ternyata bercinta dapat menyembuhkan sakit kepala. Dalam penelitian yang dilakukan di Oklahoma, Amerika Serikat pada 1998 itu melibatkan 84 wanita. Hasil penelitian tersebut, 2/3 wanita tetap menikmati kegiatan seksual walaupun sedang migrain. 61% wanita mengaku seks membuat rasa sakit lebih mudah diatasi dan 20% responden mengatakan bahwa sakit kepala benar-benar hilang saat bercinta. Baca pos ini lebih lanjut

Tips Makan Buah dengan Benar

makan buahMakanlah buah saat perut kosong, dan hindari buah kaleng, beku, atau olahan.
Buah adalah makanan detoksifikasi serta pemasok gula alami bagi tubuh. Dimakan dengan cara yang benar, buah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Konsumsi buah selama 3 hari dapat membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan melambat.
Beberapa tips berikut ini tentang cara makan buah yang benar agar didapatkan manfaat terbesarnya.
Makan buah pada saat perut kosong. Dapat dilakukan sepanjang hari selama saat perut kosong.
Setelah makan buah, berikan waktu 30 menit sebelum makan makanan lain.
Jika sudah makan makanan lagi, tunggulah sekitar 3 jam sebelum kembali makan buah, untuk memastikan semua makanan yang sebelumnya sudah dicerna, sebelum buah masuk ke pencernaan.
Cobalah untuk makan buah sebelum tengah hari. Hal ini membantu meningkatkan gula darah secara lambat dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan telah beristirahat sepanjang malam, makan buah adalah cara lembut memulai di pagi hari. Baca pos ini lebih lanjut

Untuk Gizi Tinggi, Pilih Makanan Warna-Warni

Seringkali kita mendengar pertanyaan apakah telur, daging, atau makanan lain dalam suatu hidangan cukup bergizi, tidak bergizi dan bergizi tinggi, malahan ada yang mengatakan suatu makanan tidak bergizi sama sekali. Itulah pertanyaan yang sering muncul di tengah-tengah masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu strategi khusus. Mengapa ? Karena pada dasarnya memang tidak ada makanan yang mengandung unsur-unsur gizi dalam jumlah yang cukup untuk keperluan tubuh. Satu jenis makanan tinggi protein, tapi rendah lemak dan rendah vitamin serta rendah mineral, atau mungkin rendah karbohidrat, dan seterusnya sehingga perlu substitusi antar bahan makanan. Oleh karena itu, kita perlu jurus tertentu untuk mendapatkan makanan yang mengandung semua unsur zat gizi. Salah satu jurus yang sangat jitu adalah dengan menerapkan pola makanan berimbang.

Lebih dari 50 jenis zat gizi yang harus kita penuhi setiap hari. Selain zat gizi, zat fitokimia atau zat kimia aktif yang ada di dalam makanan juga penting untuk dipenuhi, termasuk serat. Bagaimana agar kita dapat memenuhinya? Caranya kita harus mengonsumsi menu yang seimbang dan beraneka ragam. Salah satu cara yang mudah adalah memastikan menu Anda berwarna-warni, karena setiap warna dalam makanan menunjukkan kandungan zat gizinya.

1. Warna MERAH

Sayuran, buah-buahan, serta bahan makanan berwarna merah mengandung banyak pigmen yang berguna melawan penyakit dan likopen atau zat yang berperan menjaga kesehatan sel serta mengurangi risiko kanker. Buah-buahan yang masuk kategori ini di antaranya adalah tomat, semangka dan apel merah, sedangkan yang mengandung antioksidan paling tinggi adalah stroberi, cranberi, cheri, anggur merah, bit, dan paprika merah. Selain buah-buahan tersebut, masih banyak sayuran atau bahan makanan berwarna merah yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah beras merah. Beras yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi putih ini sering dikaitkan dengan trend gaya hidup sehat. Pandangan tersebut memang tidak salah karena kandungan gizi beras merah memang patut diunggulkan. Beras merah memiliki kandungan utama seperti pada semua jenis beras, yaitu vitamin B1, B6, dan B12, namun dalam kadar yang lebih tinggi. Selain memiliki kadar serat yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk mereka yang menjalani program diet, beras merah juga sumber mineral magnesium yang menurunkan keakutan dari asma, darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain serta menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, magnesium pada beras merah juga mampu menjaga kesehatan tulang manusia.

2. Warna HIJAU

Warna hijau pada sayuran menandakan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles. Semuanya berfungsi merangsang level pembuatan komponen yang memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kemampuan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran yang berwarna hijau yang memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh adalah brokoli, selada, bayam, pok choi, dan teh hijau. Menurut penelitian, teh hijau dapat memberikan dorongan pada metabolisme tubuh karena mengandung polyphenol dan kafein yang bersatu membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda. Untuk sayuran bayam, menurut penelitian di Rutgers University, hormon yang ditemukan pada sayuran ini dapat membantu membangun dan memperbaiki otot dengan meningkatkan sintesis protein. Sementara pada sayuran brokoli, diketahui dapat mencegah kanker serta mengandung vitamin C dan K.

Buah-buahan yang berwarna hijau seperti alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL, tanpa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Buah hijau lain yang bermanfaat bagi jantung adalah kiwi. Ada yang berspekulasi bahwa manfaat buah ini untuk jantung berasal dari aktivitas antioksidan dan kandungan lutein serta vitamin C yang tinggi. Sementara untuk buah apel hijau, menurut penelitian bisa mencegah stroke. Peningkatan 25 gr buah-buahan setiap hari, yaitu sekitar 120 gr apel hijau dikaitkan dengan 9% penurunan stroke.

3. Warna KUNING/JINGGA

makanan warna warniBuah-buahan yang berwarna kuning diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk melindungi sel tubuh, selain juga mengandung betacryptoxanthin, salah satu komponen karotenoid. Jeruk squash, blewah, labu, persik, wortel, mangga, apricot, dan pepaya adalah sebagian contoh buah dan sayuran yang berwarna kuning/jingga.

Warna jingga yang dimiliki buah dan sayuran menandakan adanya kandungan alfa dan betakaroten. Dua jenis unsur nutrisi ini jika dikonsumsi cukup akan bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker. Setiap porsi dari buah dan sayuran itu dapat menyehatkan tubuh dan mencukupi kebutuhan vitamin C . Vitamin C merupakan senyawa penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktivitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah vitamin C. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Baca pos ini lebih lanjut

Daftar Obat Tradisional yang Mengandung Bahan Kimia Obat

550704_473313552708890_1209480919_nUntuk melindungi masyarakat dari penggunaan obat tradisional yang tak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu, Badan POM secara rutin melakukan pengawasan peredaran obat tradisional, termasuk kemungkinan dicampurnya Obat Tradisional dengan Bahan Kimia Obat (OT-BKO).

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM di seluruh Indonesia sampai bulan Agustus 2012, ditemukan ada sebanyak 29 OT-BKO. Sebanyak 20 di antaranya merupakan produk OT tak terdaftar (ilegal) dan merupakan produk OT yang tidak sesuai dengan persetujuan pendaftaran. Baca pos ini lebih lanjut

Cara Sehat untuk yang Suka Makan Mi Instan

10472_473304549376457_1361004615_nMeski mi instan diketahui bukanlah makanan yang menyehatkan, namun nyatanya tak sedikit orang yang menggemari makanan ini. Walau begitu ada cara sehat yang bisa dilakukan bagi para penggemar mi instan.

Mi instan bisa dibilang adalah makanan yang cara penyajiannya sangat mudah, mengenyangkan dan memiliki rasa yang gurih serta enak. Tak heran beberapa orang bisa sangat ketagihan mengonsumsi mi instan.

“Untuk mi instan saya tidak anjurkan dikonsumsi oleh orang yang gemuk, hipertensi atau diabetes,” ujar dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta ketika dihubungi detikHealth, Kamis (4/10/2012).

dr Titi menjelaskan karbohidrat yang terkandung di dalam mi instan ini sudah mengalami proses berkali-kali yang membuatnya mudah sekali diserap sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu di dalam bumbu mi instan ini juga mengandung kadar garam dan pengawet seperti monosodium glutamat (MSG) yang tinggi, sehingga pada orang yang memiliki hipertensi, kegemukan dan diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi mi instan. Baca pos ini lebih lanjut

Ini Ciri Khas Orang yang Mudah dan yang Susah Dihipnotis

581467_473285766045002_1289159367_nAcara-acara TV sempat ramai menyuguhkan tayangan mengenai sulap dan hipnotis. Bahkan ada salah satu program yang mempertontonkan bagaimana kelakuan lucu orang-orang yang berhasil dihipnotis di depan umum. Hipnotis juga acapkali digunakan sebagai salah satu metode penipuan yang cukup marak. Sebenarnya adakah cara menolak hipnotis?

Para ilmuwan di Stanford University di Amerika Serikat telah menemukan bahwa orang-orang yang rentan dihipnotis adalah orang yang mudah memutuskan sesuatu dan memiliki kemampuan memperhatikan yang baik. Namun orang yang memiliki kebiasaan tetap dan cepat membuat penilaian cenderung susah dihipnotis.

Hipnotis digambarkan sebagai kondisi trans dengan kemampuan berfokus dan konsentrasi yang tinggi. Metode ini banyak digunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit, kecemasan dan fobia. Hipnotis juga sering digunakan untuk mengurangi kondisi akibat stres. Baca pos ini lebih lanjut

Mencampur Susu dengan Teh, Sebuah Kesalahan

 Teh dan kopi dalam beberapa kesempatan memang kerap disandingkan dengan susu segar. Perpaduan susu dalam minum ini memang menjadikannya lebih nikmat dan lezat. Apalagi jika ditambahkan dalam es batu.

Tapi, kenikmatan ini ternyata tak sejalan dengan penelitian kesehatan. Dalam The European Heart Journal, para ilmuwan menemukan bahwa teh yang dicampur dengan susu menyebabkan khasiat teh menghilang.

Padahal, teh adalah salah satu minuman yang populer dengan kandungan antioksidannya. Bahkan, minuman ini juga banyak dijadikan sebagai minuman herbal di China.

Melansir New York Times, penelitian telah dilakukan pada 16 orang dewasa sehat. Mereka diminta meminum secangkir teh hitam dan teh dengan susu tanpa lemak. Selanjutnya, fungsi vaskular diukur.

Saat dibandingkan dengan air, teh hitam secara signifikan meningkatkan fungsi arteri. Tapi, penambahan susu malah menghilangkan khasiat tersebut.

Ketika dilakukan uji coba dengan hewan percobaan, ternyata hasil yang ditunjukkan pun sama. Menurut para ahli, protein dalam susu akan menetralisasi antioksidan dalam teh.

Hal ini tak hanya terjadi pada susu sapi, tapi juga susu kedelai. Protein dalam kedelai juga memiliki kemampuan yang sama, yaitu menetralisasi antioksidan.

(sehat/ZM/vivanews)

 

Enyahkan Demam Berdarah !

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap terjadinya pergantian musim selalu diikuti dengan munculnya panyakit-penyakit musiman, seperti diare dan demam berdarah. Penyakit-penyakit ini sudah cukup dikenal lama oleh masyarakat terutama pada golongan ekonomi lemah. Namun belakangan penyakit ini kerapkali tidak memandang status sosial. Demikian pula dengan penyakit demam berdarah. Setiap pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, penyakit demam berdarah selalu dan selalu muncul di tengah masyarakat. Tidak peduli di pedesaan maupun perkotaan. Sehingga tak heran bila penyakit ini seringkali dijumpai di tempat-tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, poliklinik, puskesmas dan bahkan sampai di pelayanan kesehatan terendah sekalipun yaitu polindes dan poskesdes/poskeskel. Biasanya penyakit demam berdarah ini lebih sering terjadi pada awal musim penghujan karena pada saat tersebut orang-orang banyak yang lengah terhadap kebiasaan untuk menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah dan lingkungan masing-masing. Pada saat kelengahan itulah biasanya nyamuk penyebar maut Aedes aegyptiberkembang dengan pesat.

Penyakit Endemik

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi yang sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia, khususnya di kota-kota besar sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jakarta mempunyai resiko untuk terjangkit penyakit DBD ini, karena virus dan nyamuk pembawanya (Aedes Aegypti) tersebar luas baik di rumah-rumah maupun tempat-tempat umum kecuali yang berketinggian lebih dari 100 meter di atas permukaan laut.

Penyakit ini sudah diketahui sejak beberapa dekade yang lalu, tetapi patofisiologisnya (penyebab penyakitnya) belum diketahui dengan pasti hingga saat ini. Biasanya DBD diawali dengan infeksi berat yang ditandai dengan renjatan dan/ atau perdarahan yang merupakan penyebab utama kematian. DBD hanya dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang telah terinfeksi terlebih duhulu oleh virus dari penderita lain. Jangan salah sangka bahwa nyamuk ini berkembang biak hanya di genangan air jemih di dalam maupun di sekitar rumah, bukan di got atau comberan. Nyamuk ini kesukaannya hinggap pada pakaian yang digantung dan berwarna gelap dan menggigit manusia biasanya pada siang hari. Untuk mengenali nyamuk jenis ini dengan nyamuk lain (Anopheles) biasanya bisa kita lihat dari posisi menggigit. Nyamuk Aedes Aegypti bila menggigit (menghisap darah) adalah dengan posisi sejajar dengan kulit, sedangkan nyamuk anopheles biasanya dengan menungging.

Gejala Demam Berdarah

Bila kebetulan salah seorang anggota keluarga kita tertular Demam Berdarah Dengue (DBD), tidak perlu panik. Kenalilah tanda dan gejala penyakit ini yaitu :

  1. Demam tinggi yang timbul mendadak
  2. Demam berlangsung tidak lebih 7 hari (bila demam sudah lebih 7 hari lebih mungkin pasien menderita demam tifoid/ tipus)
  3. Pada sebagian penderita timbul pendarahan berupa bintik-bintik merah di kulit seperti bekas gigitan nyamuk, tetapi bila kulit direnggangkan bintik-bintik merah itu tidak hilang, berbeda dengan bekas gigitan nyamuk jenis Anopheles yang hilang bila kulit direnggangkan. Pada penderita yang lebih berat akan timbul perdarahan dari hidung (mimisan) atau mulut (muntah darah)
  4. Pada keadaan yang lebih serius lagi akan timbul perdarahan yang lebih banyak, ujung jari-jari kaki dan tangan dingin kebiru-biruan (pada kondisi ini penderita sudah jatuh pada renjatan) dan merupakan pertanda emergency (darurat) di mana penderita harus segera dibawa berobat ke Puskesmas atau rumah sakit
  5. Untuk lebih meyakinkan, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, terutama pada hari-hari awal demam.

Bagaimana Pertolongan Pertama?

Bila sudah curiga sakit demam berdarah, berikan pertolongan pertama berupa kompres dingin untuk menurunkan demam dan beri minum yang banyak dengan cairan yang ada di rumah seperti air teh manis, susu, sirup, oralit atau air putih biasa. Bahaya utama penyakit demam berdarah adalah tubuh kekurangan cairan sebagai akibat cairan dari pernbuluh darah merembes ke luar pembuluh. Keadaan inilah yang merupakan akibat serius pada penderita DBD, meskipun tidak tampak tanda-tanda perdarahan. Keluarga juga boleh memberi obat penurun panas, tetapi bukan obat-obat penurun panas yang mengandung asam salisilat seperti banyak obat penurun panas yang beredar di pasaran. Hubungi dokter keluarga Anda untuk memberikan obat penurun panas yang sesuai bagi penderita demam berdarah.

Cara Penanggulangan DBD

DBD hanya dapat dibasmi dengan cara memutus rantai perkembangan nyamuk jenis Aedes Aegypti. Bila hanya membunuh nyamuknya saja belumlah cukup, selama jentik-jentiknya masih dibiarkan hidup. Karena itu cara yang tepat adalah dengan memutus mata rantai pertumbuhan jentik-jentik tersebut dengan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah dan di lingkungan masing-masing secara berkesinambungan, paling tidak dua minggu sekali.

Pada dasarnya PSN dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip 3 M plus yaitu,

  1. M1: Menguras dan mengeringkan bak mandi/bak penampungan air jernih paling kurang sekali seminggu
  2. M2: Menutup rapat tempat-tempat penampungan air jernih (seperti bak air cadangan dan tempayan) agar tidak dimasuki nyamuk Aedes Aegypti untuk meletakkan telurnya
  3. M3: Meniadakan/ mengubur barang-barang bekas yang berserakan yang mungkin menampung air hujan di pekarangan (seperti aki bekas, ban bekas, botol pecah, gelas/ plastik air minum kemasan, plastik, tempurung, dll)
  4. M4: Memelihara ikan pada bak mandi

Dengan 3M plus ini nyamuk tidak berhasil bertelur di bak penampungan air jernih sehingga tidak ada jentik-jentik, termasuk juga tidak akan lahir nyamuk dewasa baru. Apabila seluruh keluarga secara sadar menerapkan 3 M plus ini bersama-sama tentu penularan penyakit Demam Berdarah Dengue dapat kita kendalikan dan lama-kelamaan kita dapat bebas dari penyakit demam berdarah.

Ingat! Prinsip “mencegah lebih baik daripada mengobati” perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam upaya penanggulangan penyakit Demam Berdarah. Mengapa? Karena bila kita sudah jatuh sakit, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak pula, antara lain untuk pengobatan ke dokter, pemeriksaan laboratorium dan pembelian obat, yang akan membuang waktu, tenaga dan biaya lebih banyak dibandingkan dengan upaya pencegahan yang relatif tidak mengeluarkan biaya apapun.

Dari segi ekonomi jelas tindakan kuratif membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan tindakan preventif (pencegahan). Oleh karena itu berkaitan dengan penyakit demam berdarah ini yang setiap tahun selalu mewabah ini, bagaimana sikap kita sebagai anggota masyarakat? Health is not everything, but without health everything is nothing (Kesehatan bukanlah segala-galanya, namun tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak berarti)

Kesimpulan

  1. Peran keluarga dalam penanggulangan DBD sangat besar terutama dalam bidang pertolongan pertama dan pemberantasan di rumah
  2. Pencegahan DBD yang ampuh dan murah adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3 M plus untuk meniadakan jentiknya.
  3. Pelaksanaan kampanye Pemberantasan Sarang Nyamuk harus dilakukan secara luas.

Membedakan Nyeri Dada dan Serangan Jantung

Saat mengalami nyeri dada, kebanyakan orang takut itu serangan jantung yang membahayakan. Padahal gejala serangan jantung tidak selalu di dada karena ada beberapa gejala yang menemaninya. Nyeri dada juga bisa karena masalah lain. Bagaimana membedakan nyeri dada karena serangan jantung atau gangguan lain?

Dokter Rob Lamberts seperti dilansir housecalldoctor, Minggu (21/8/2011) mengatakan orang perlu membedakan kapan nyeri dada itu serius karena serangan jantung atau penyakit lain.

Jika nyeri dada mengarah ke serangan jantung maka harus dilakukan tindakan cepat pertolongannya untuk mencegah kerusakan otot jantung yang bisa terjadi dalam beberapa jam yang berujung pada kematian.

Dokter Lamberts mengatakan untuk gejala serangan jantung, kata yang tepat sebenarnya bukan nyeri dada tetapi sensasi di dada. Sensasi ini terasa tidak enak seperti perasaan berat saat bernapas, perasaan dingin di dada atau sesak napas.

Menurutnya hampir sepertiga pasien serangan jantung tidak merasakan nyeri dada. Tapi gejala sebenarnya sudah dirasakan jauh sebelumnya yakni nyeri yang hilang timbul dalam 5 menit atau tidak menetap dan seringnya diabaikan banyak orang. Nyeri dada yang timbul tenggalam itu biasanya berlangsung singkat, tidak sampai 20 menit.

Kapan nyeri dada itu dikategorikan sebagai gejala serangan jantung yang serius?

Gejala yang khas pada serangan jantung (angina) adalah:
1. Dada sesak, berat atau seperti diperas.
Kondisi ini digambarkan banyak penderitanya seperti membawa beban yang berat di dada atau seperti dada diikat ketat. Sensasi ini biasanya terasa di sisi kiri dada atas. Tetapi kadang juga sulit menentukan lokasi yang tepat.

2. Sesak napas.
3. Berkeringat, mual dan merasa cemas.
4. Rasa sakit di leher, lengan kiri dan rahang, di belakang perut, salah satu bahu atau di kedua bahu.
5. Merasa lemah dan denyut jantung cepat atau tidak teratur.

Kondisi itu bisa muncul walau orang sedang istirahat. Gejala itu juga bisa timbul saat sedang atau sehabis olahraga, stres atau sehabis makan besar yang hanya ada satu jalan segera bawa ke unit darurat rumah sakit terdekat.

Selain nyeri dada serangan jantung, seperti dikutip WebMD, nyeri dada juga pertanda dari masalah atau penyakit lain seperti gangguan pencernaan (maag) atau salah otot.

Nyeri dada yang bukan serangan jantung adalah:

1. Nyeri pada otot atau tulang dada.
Kondisi ini sering terjadi ketika aktivitas seseorang meningkat atau orang menambah jadwal olahraganya.

2. Nyeri dada ketika batuk.
Kondisi ini terjadi karena ada infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus.

3. Nyeri di rusuk.
Jika terjadi sebelum muncul ruam-ruam merah bisa jadi itu pertanda penyakit herpes zoster.

4. Tulang rusuk patah.
Adanya tulang rusuk yang patah membuat orang merasakan nyeri dada terutama ketika batuk atau mengambil napas dalam-dalam.

5. Gangguan pencernaan Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan.
Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit di bawah tulang dada, rasa mulas.

6. Masalah paru-paru pneumothorax.
Kondisi ini menyebabkan nyeri dada yang amat dalam dan sesak napas yang ekstrem.

7. Bekuan darah di paru-paru (emboli).
Kondisi ini menyebabkan nyeri dada yang amat dalam dan sesak napas yang ekstrem.

8. Kanker paru-paru.
Kanker paru-paru juga menyebabkan nyeri dada terutama jika sel-sel kanker telah menyebar ke tulang rusuk.

9. Penyakit tulang belakang.
Penyakit ini juga menimbulkan rasa nyeri di dada jika saraf di tulang belakang terjepit.

(sehat/ZM/detikhealth)

 

Kunyit dan Pisang Ampuh Melindungi Lambung

Di kota-kota besar sakit mag sangat merakyat. Tidak heran, obat bebas untuk mengatasinya dijual di mana-mana, bahkan di warung sekali pun mudah didapat. Sayang kalau terlalu sering minum obat mag, kita mesti waspada terhadap efek sampingannya.

Karena tidak mau terkena efek sampingan, banyak juga yang lalu berpaling ke obat tradisional. Padahal sampai saat ini belum ada penelitian di Indonesia yang membuktikan kalau obat tradisional benar-benar bebas efek sampingan. Hanya saja, tak ada buruknya mengiyakan pesan dari para orang tua ini, “Dalam segala sesuatu jangalah sampai berlebihan agar tidak timbul masalah.”

Sejak zaman nenek moyang, ada kebiasaan di kalangan masyarakat untuk mengatasi urusan lambung yang ngadat cukup dengan bahan sederhana yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur. Apalagi kalau bukan kunyit yang punya nama Latin Curcuma domestica Val. dari keluarga Zingiberaceae.

Apa sebenarnya yang terkandung dalam kunyit hingga ia ampuh melawan sakit mag?

.

Melindungi lambung

Sejak puluhan tahun berbagai penelitian telah dilakukan terhadap kunyit baik terhadap hewan percobaan maupun manusia. Hasilnya, mereka menemukan senyawa kurkuminoid yang bersifat antibakteri dan kurkumin yang mampu meningkatkan produksi mukus (sejenis lendir) pada mukosa (lapisan) lambung sehingga lambung terlapisi dan gangguan lambung pun dapat dicegah dan diperbaiki.

Uji klinis terhadap efek kunyit pernah dilakukan oleh Prucksunand C., dkk. pada tahun 1986. Sepuluh pasien tukak lambung diberi dua buah kapsul kunyit @ 250 mg, 4 x sehari. Ketika diadakan pemeriksaan endoskopi setelah pengobatan 4, 8, dan 12 minggu, tujuh pasien sembuh setelah pengobatan antara 4 – 12 minggu.

Keampuhan kunyit mengatasi gangguan lambung juga berkat kandungan minyak atsirinya yang bersifat antiradang. Berdasarkan penelitian, ekstrak air kunyit 40 mg/kg berat badan (BB) sama khasiatnya dengan obat antiradang buatan pabrik sebanyak 5 mg/kg BB. Aktivitas senyawa ini tentunya sangat membantu dalam pengobatan radang lambung.

Melihat begitu banyak senyawa kunyit yang bisa mengatasi gangguan lambung, apa salahnya bila kita mencoba. Syukur-syukur tak ada efek sampingannya.

.

Pisang pun mampu

Selain kunyit, pisang (Musa paradisiaca) dari keluarga Musaceae pun secara empiris digunakan sebagai obat sakit mag. Pengobatan tradisional India Ayurveda menggunakan bubuk pisang untuk mengobati penderita mag yang disertai tukak.

Dari penelitian yang dilakukan tim gabungan dari Inggris dan India (Best RC. Dkk, 1984) terhadap hewan percobaan, yaitu tikus yang diinduksi aspirin, terbukti bubuk pisang mentah dari jenis pisang yang harus diolah dulu sebelum dimakan (plantain) dapat melindungi mereka dari tukak lambung.

Uji klinis pisang sebagai obat lambung pernah pula dilakukan. Penderita gangguan lambung diberikan 2 kapsul berisi bubuk pisang 4 kali sehari selama 8 minggu. Hasilnya, para penderita ini sembuh dari tukak lambung.

Menurut perkiraan Ghosal S. dkk, 1985, keampuhan pisang sebagai antitukak berkat senyawa aktif sitoindosin. Selain itu, pisang terutama yang masih muda mengandung banyak tanin.

Obat mag buatan luar negeri pun pernah diteliti kandungannya, ternyata selain mengandung senyawa penghambat produksi asam lambung, para produsen obat ini juga mengandalkan serbuk pisang yang berfungsi sebagai demulcent(mengurangi iritasi lokal pada tukak dan secara fisik melindungi sel-sel di bawahnya terhadap kontak iritan dari luar).

Kalau obat buatan luar negeri saja menggunakan pisang untuk mengatasi gangguan lambung, kenapa kita tidak rajin-rajin saja mengonsumsi pisang yang begitu melimpah di negeri kita. Murah dan sehat pula.

(sehat/ZM/healindonesia)

Jamur, Lauk Sekaligus Obat

Saat ini di rumah makan banyak tersedia menu jamur, seperti pepes jamur, ayam jamur, sup krim jamur, mi ayam jamur, kripik jamur, dan sebagainya. Bahkan ada sebuah resto khusus jamur, segala menunya berbahan dasar jamur. Di Amerika Serikat pun belakangan menu mereka seperti pizza, lasagne, burger, juga memakai unsur jamur.

Jamur sudah sejak ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh masyarakat di Cina, Jepang, bahkan juga di Mesir dan Yunani, sebagai bagian dari menu sehari-hari mereka. Jamur masuk dalam menu mereka untuk mengurangi asupan dari protein hewani yang dianggap sebagai penyebab masalah jantung koroner dan stroke.

Kalau dulu di pasaran kita hanya mengenal jamur merang dan jamur kancing (champignon) dalam kaleng, kini aneka jamur bisa dijumpai. Mulai dari jamur tiram dengan “payung” berwarna putih, berukuran besar, jamur portabella yang berwarna cokelat, jamur shiitake atau disebut juga hioko baik yang segar maupun kering, jamur enoki yang mirip taoge besar tapi memiliki “payung”, jamur kepiting putih (white crab mushroom) serta masih banyak jenis jamur lainnya.

Kandungan Gizi. Di kalangan masyarakat Cina dan Jepang, jamur bukan hanya sebagai lauk tetapi juga sebagai “obat”. Kepercayaan mereka beralasan juga karena jamur memang kaya gizi dan fitokimia.

Selain jamur sebagai sumber protein nabati, kandungan kalorinya rendah, yaitu hanya 23 kalori/100 g. Lemaknya sedikit yaitu lemak tak jenuh yang banyak dianjurkan para dokter untuk dikonsumsi sebagai pencegahan penyakit jantung koroner maupun stroke.

Jamur juga kaya vitamin B kompleks, terutama riboflavin, niasin, dan asam pantothenik. Mineral dalam jamur seperti kalium, tembaga (Cu), selenium cukup bisa diandalkan. Begitu juga dengan seratnya, antara 8 – 10%.

Dari hasil penelitian Pennsylvania State University, AS, diketahui jamur mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan cukup ampuh. Juga beta-glukan yang terdiri atas lentinan, LEM, D-fraction.

.

Manfaat Bagi Kesehatan

  • Jantung. Jamur memiliki sejumlah jurus yang dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung. Mulai dari kandungan tembaga, asam lemak tak jenuh seperti asam linoleik. Kandungan niasin dan eritadenin dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sehingga terhindar dari masalah jantung koroner.
  • Hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi pada jamur dapat “mengusir” natrium dalam tubuh sehingga menjaga kadar tekanan darah. Kandungan asam lemak tak jenuhnya juga berdampak positif terhadap pembuluh darah.
  • Pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi antara 7,4 – 24,6% menjadikan urusan buang air besar menjadi lancar. Jamur juga mengandung niasin yang membuat sistem pencernaan dalam kondisi “sehat” sehingga urusan pencernaan menjadi lancar.
  • Antitumor. Jamur memiliki senyawa aktif seperti polisakarida, khususnya beta-glukan yang bersifat antitumor sehingga tumor payudara dan prostat bisa dihambat pertumbuhannya. Dari penelitian di Baltimore, AS, kandungan selenium juga bermanfaat menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 65%.
  • Flu. Di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu, jamur shiitake dipercaya memiliki sifat antivirus karena kandungan polisakarida lentinan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu sebabnya, ketika seseorang menderita flu kerap disajikan menu yang mengandung jamur shiitake.

.

Yang Perlu Diwaspadai

Di dunia diperkirakan ada sekitar 14.000 jenis jamur. Dari sekian banyak itu, kira-kira hanya 1/3 saja yang aman dikonsumsi. Bila Anda sedang hiking kemudian melihat jamur, jangan asal petik, bisa-bisa malah keracunan lo.

Beberapa jenis jamur, terutama yang tinggi kadar airnya, tak tahan disimpan walau hanya satu hari. Karenanya, belilah jamur untuk dimasak pada hari itu juga. Bila terpaksa hendak menyimpannya, cucilah jamur hingga bersih. Keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian simpan di lemari pendingin. Hal ini untuk menghindari jamur berubah warna.

(sehat/ZM/healindonesia)

Bawang Putih Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bawang putih merupakan salah satu bahan penyedap rasa makanan, tetapi juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Pengobatan dengan bawang putih juga pernah dilakukan oleh nenek moyang kita terdahulu. Hipocrates yang hidup tahun 460 SM menggunakan bawang putih untuk mengobati penderita pneumonia dan luka yang terinfeksi. Selain itu, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh nadi jantung yang menyempit, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi dan rendah, merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik, mengurangi rasa sakit pada tulang, mengurangi terjadinya rematik dan mengurangi resiko kanker.

Manfaat lain bawang putih adalah mengurangi stress dan memperlancar pencernaan. Saripati bawang putih yang dikombinasikan dengan vitamin E dan selenium dapat mencegah kerontokan rambut, bermanfaat untuk kesehatan mata, dapat menaikkan jumlah sperma, mengobati penyakit batuk, cacingan, gatal-gatal penyakit kulit, sakit gigi, muntaber, rematik, tiphus dan diabetes. Bagi wanita, ternyata bawang putih dapat memperlambat proses penuaan dan memperhalus kulit wajah agar tampak segar.

Senyawa allisin yang terkandung dalam bawang putih merupakan persenyawaan belerang (sulfur) dan asam amino yang berfungsi sebagai antibiotika. Turunan allisin yang disebut diallyl disulfide oksidase dapat menurunkan kolesterol dan lipida dalam serum darah dan hati.

Penelitian di Jepang oleh Kominato dan Shiga menemukan senyawa scordinin pada bawang putih yang berfungsi sebagai enzim pendorong pertumbuhan. Jika allisin bekerja sebagai pemberantas penyakit, maka scordinin berperan memberikan kekuatan dan pertumbuhan tubuh. Tetapi allisin pada bawang putih mentah dapat berubah menjadi oksidan keras yang dapat menimbulkan gangguan perut dan anemia hemolitik, sehingga dianjurkan tidak memakan bawang putih mentah terlalu banyak.

Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi risiko kanker. Penelitian Robert H Hurt, ahli hematologi dan onkologi dari Universitas Brown Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bawang putih dapat menghentikan berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Pernyataan ini diperkuat oleh Weis Burger dan Penskey dari Western Reserve University yang mengadakan penelitian pada tikus yang diinduksi sel kanker dalam 16 hari tikus tersebut mati. Bila sel-sel kanker tersebut diobati dengan sari bawang putih yang disuntikkan, tikus tersebut tidak mati selama 6 bulan. Sedangkan tikus lain yang diberi makanan bawang putih segar tidak terkena kanker.

(sehat/ZM/majalahkesehatan)

Jahe, Teman Penderita Diabetes

Manfaat jahe telah dikenal selama ribuan tahun. Tidak hanya sebagai bumbu masak, rempah-rempah dengan nama latin Zingiber officinale juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Bahkan disebutkan bahwa jahe dapat meredakan nyeri otot. Jahe diperkirakan berasal dari bagian selatan daratan Cina, yang kemudian menyebar ke seluruh Asia, Eropa, Afrika ke Amerika Latin.

Menurut Huffington Post, sejumlah ilmuwan dari University of Sydney, Australia, menemukan manfaat jahe pada pasien diabetes. Mereka menemukan bahwa nutrisi jahe bekerja membantu mengatur kadar gula darah.
Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan dalam Medical News, ekstrak jahe berisi gingerol, yang mampu meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot bebas dari produksi insulin.
Profesor Roufogalis, seorang ahli kimia farmasi yang terlibat dalam penelitian mengatakan, “Jahe membantu mengontrol kadar gula darah pasien diabetes untuk mencegah komplikasi jangka panjang.”
Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang mencegah pembekuan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan aliran darah. Itulah sebabnya jahe juga bertindak untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sebagai penyebab utama stroke dan serangan jantung.
Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, temuan ini menambah serangkaian manfaat jahe bagi tubuh. Khasiat jahe yang telah dikenal dari generasi ke generasi antara lain, mengurangi batuk, pilek, perut kembung, gangguan pencernaan, mual, diare, dan sakit tenggorokan.
Sebagai rempah-rempah, jahe hampir selalu disajikan dalam berbagai masakan oriental, baik tumis, dipanggang, digoreng, sampai dikukus. Meskipun manfaat kesehatan yang melekat, jahe menawarkan rasa yang khas dan aroma yang menambah rasa untuk hidangan. Jahe juga digunakan untuk membantu menghilangkan bau amis dari makanan seperti ikan, udang, daging sapi, dan unggas.

(sehat/ZM/healindonesia)

Daftar Makanan yang Berkolesterol Tinggi

Guna menjaga pola makan bebas kolesterol tinggi, kita juga perlu mengetahui nilai informasi kandungan kolesterol pada setiap makanan yang kita asup. Dibawah ini terlampir gizi yang ada disetiap makanan yang kita asup antara lain:

 

 

 

Makanan dengan kandungan Rendah Kolesterol

Jenis Makanan                                                    Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Putih telur ayam                                                      0
Teripang                                                                      0
Susu sapi non-fat                                                      0
Daging ayam / bebek tanpa kulit                    50
Ikan air tawar                                                          55
Daging sapi pilihan tanpa lemak                      60
Daging kelinci                                                          65
Daging kambing tanpa lemak                             70
Ikan ekor kuning                                                      85

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sesekali.

Jenis Makanan                                                       Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Daging Asap                                                                 98
Iga sapi                                                                        100
Daging Sapi dengan lemak                                    105
Burung Dara                                                               120
Ikan Bawal                                                                   120

Makanan yang memiliki kandungan Tinggi Kolesterol

Jenis Makanan                                                         Kolestrol(mg/10 gr) (+)
Daging Sapi berlemak                                               125
Iga sapi                                                                           100
Iga Babi                                                                           105
Daging Sapi dengan lemak                                       105
Burung Dar                                                                     120
Ikan Bawal                                                                      120
Gajih Sapi                                                                         130
Gajih Kambing                                                                130
Daging Babi berlemak                                                  130
Keju                                                                                     140
Sosis Daging                                                                      150
Kepiting                                                                              150
Udang                                                                                   160
Kerang                                                                                  160
Siput                                                                                       160
Belut                                                                                        185
Santan                                                                                     185
Gajih Babi                                                                              200
Susu sapi                                                                                 250
Susu sapi cream                                                                   280
Coklat                                                                                       290
Margarine / Mentega                                                         300
Jeroan Sapi                                                                             380
Jeroan Babi                                                                             420
Kearng Putih / tiram                                                           450
Jeroan Kambing                                                                    610
Cumi-cumi                                                                             1170
Kuning Telur Ayam                                                           2000
Otak Sapi                                                                                 2300
Otak Babi                                                                                 3100
Telur Burung Puyuh                                                           3640

Dengan demikian Anda sudah memiliki gambaran untuk melakukan pemilahan makanan terhadap menu keseharaian Anda. Penting adanya untuk tetap menanamkan gambaran akibat yang ditimbulkan oleh kejamnya ancaman kolesterol ketimbang membayangkan nikmatnya menyantap hidangan-hidangan yang hanya terlihat menggiurkan.

(sehat/ZM/klikdokter)

7 Fakta Berbahaya Membakar Sampah

Sampah memang unik. Mengapa ? Karena dengan sampah kita bersahabat dan dengan sampah pula kita bisa berseteru. Demikian pula dengan kebiasaan membakar sampah yang masih menjadi kebiasaan banyak ora

ng. Selain cepat, cara ini juga dianggap hemat untuk mengurangi sampah atau benda yang ingin dihilangkan. Padahal cara tersebut memiliki sejumlah bahaya bagi manusia maupun lingkungan.

Berikut ini tujuh fakta berbahaya dari aktivitas membakar sampah:

Pada umumnya, terutama sampah dari rumah dibakar secara serampangan. Kegiatan ini akan menghasilkan karbomonoksida (CO) yang bila terhirup manusia dapat mengganggu fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang semestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Kekurangan O2 ini bisa menimbulkan kematian. Sebagai gambaran kasar, satu ton sampah yang dibakar akan berpotensi menghasilkan gas CO sebanyak 30 kg.
Asap dari pembakaran sampah plastik akan menghasilkan senyawa kimia dioksin atau zat yang bisa digunakan sebagai herbisida (racun tumbuhan). Selain itu, proses tersebut juga dapat menghasilkan fosgen atau gas beracun berbahaya yang pernah digunakan sebagai senjata pembunuh pada masa Perang Dunia pertama.
Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain.
Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali. Zat ini ditengarai sebagai biang keladi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya (seperti asam cuka) penyebab iritasi.
Membakar kayu juga dapat menghasilkan senyawa yang mengakibatkan kanker. Sedangkan melamin dapat menghasilkan formaldehida (formalin) bila dibakar dengan suplai oksigen yang banyak atau HCN (asam sianida) bila kurang oksigen.
Pembakaran sampah di area terbuka dapat menghasilkan partikel debu halus atau Particulate Matter (PM) yang mencapai level PM 10 (10 mikron). Dengan tingkatan tersebut, zat ini tidak dapat disaring oleh alat pernapasan manusia, sehingga bisa masuk ke paru-paru dan mengakibatkan gangguan pernapasan.
Pembakaran sampah dapat menyebabkan kabut asap yang tebal dan mengurangi jarak pandang dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal. Yang lebih parah, bisa memicu terjadinya kebakaran dengan skala lebih besar. Kita tentu masih ingat terjadinya kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan yang menyebabkan kapal laut menabrak tebing dan menghentikan aktivitas penerbangan komersial di beberapa bandara.
Oleh karena itu, marilah kita mengelola limbah rumah tangga secara bijak, agar tidak membahayakan manusia dan selalu menjaga kenyamanan lingkungan.

(sehat/ZM/majalahkesehatan)

 

Namaku Penni

Lengkapnya : Pennisetum purpureum alias Rumput Gajah Mini,
aku adalah jenis rumput-rumputan, familyku bernama Graminae, dari Ordo Orchidaceae.
Aku tidak sesempurna manusia atau beberapa jenis hewan karena aku hanyalah tumbuhan.
Aku tidak memiliki otak, jadi tidak bisa berpikir, tidak mempunyai kaki, jadi tidak bisa kemana-mana, tidak punya tangan, jadi tidak mampu bekerja.
Aku tidak sekomplit manusia yang memiliki segalanya.
Aku hanya rumput, yang biasa diinjak dan tidak banyak orang yang mengenaliku apalagi yang menghargaiku, aku bahkan sering dicampakkan, dicabuti dan dibuang begitu saja.
Tapi, Aku senang karena begini-begini, ada juga manusia yang merawatku dengan baik karena suka dengan keindahan yang kuciptakan di halamannya, suka dengan keempukanku sehingga manusia sering berbaring di atasku.
Malah ada juga yang memanfaatkan perakaranku yang kuat untuk
lapangan sepakbola dan lapangan golf.
Tanah tempat tumbuhku menjadi wadah penangkapan air hujan, sehingga manusia tidak kekurangan air tanah yang sehat untuk berbagai keperluan. Akupun menjaga tanah itu dari run off agar tanah tidak tergerus oleh air.
Kalau di daerah tempat asalku di pedalaman sana, malah aku juga menjadi makanan yang enak bagi beberapa ternak seperti sapi.
Ssst, yang luarbiasa bagiku, kata ahli psikologi, dari keindahan yang kumiliki jika dihampar di halaman, mampu memberi terapi khusus, untuk memberikan ketenangan, ketentraman dan kesejukan bagi yang memandangnya.
Hitung-hitung, lumayan juga kegunaanku sebagai makhlukNYA, walaupun aku jauh dari kesempurnaan manusia.

Aku selalu berdoa ( lihatlah daunku yang selalu menengadah ke atas), moga-moga aku tetap dapat bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya mahluk.
Walaupun aku hanya tumbuhan kecil,

aku Penni,,,, Pennisetum purpureum.

(sehat/YBA)

12 Khasiat Buah Kurma

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.

RINCIAN KANDUNGAN GIZI KURMA (PER 100 G)
(SUMBER: USDA NATIONAL NUTRIENT DATABASE)
Unsur Nilai gizi Persen kecukupan gizi
Energi 277 Kkal 14%
Karbohidrat 74,97 g 58%
Protein 1,81g 3%
Total Lemak 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Asam Folat 15 mcg 4%
Niacin 1,610 mg 10%
Asam pantotenat 0,805 mg 16%
Piridoksin 0,249 mg 19%
Riboflavin 0, 060 mg 4.5%
Thiamin 0,050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2,7 mcg 2%
Sodium 1 mg 0%
Potasium 696 mg 16%
Kalsium 64 mg 6.5%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Mangan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Beta karoten 89 mcg –
Lutein-zeaxanthin 23 mcg –

Kandungan nutrisi kurma

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Khasiat buah kurma

1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.
Kalau begitu, betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma!

(sehat/ZMmajalahkesehatan)

Menyiksa Anak dengan Kesenangan

Anak yang lahir dan tumbuh dalam keluarga-keluarga yang serba ada, penuh kasih sayang tetapi kurang disiplin, menghasilkan anak manja. Semua keinginan mereka relatif terpenuhi berlimpah.

Ada banyak alasan orangtua memanjakan anak. Di kota besar alasan klasik adalah orangtua kasihan dengan anak yang ditinggal sendirian di rumah hanya dengan pembantu. Kesibukan kerja membuat mereka lebih mengikuti kemauan anak. Pemanjaan sebagai jalan mengatasi rasa bersalah. Semua fasilitaspun disediakan. Baca pos ini lebih lanjut

Stres pada Anak Hambat Pertumbuhan Otak

Tiga tahun pertama kehidupan bayi adalah periode pertumbuhan yang luar biasa yang terjadi pada seluruh area perkembangan tubuh, terutama otak. Otak bayi baru lahir hanya seberat 25% dari otak orang dewasa rata-rata. Tetapi pada umur tiga tahun, otak sudah tumbuh begitu pesatnya, memproduksi milyaran sel dan ratusan triliun koneksi, sinapsis atau sambungan syaraf antar sel-sel tersebut. Meskipun pertumbuhan otak tidak berhenti sampai umur tiga tahun – melainkan sampai usia remaja – namun setelah usia tiga tahun pertumbuhan otak semakin melambat. Baca pos ini lebih lanjut

Kebanyakan Minum Air juga Ternyata Berbahaya

Selama ini kebanyakan orang selalu berpikir bahwa minum banyak air lebih baik bagi tubuh daripada kekurangan air atau dehidrasi. Minum berlebihan justru bertentangan dengan sinyal biologis manusia.
Para atlet juga seringkali banyak minum air saat berolahraga untuk menjaga asupan cairan tubuhnya. Sayangnya, kebanyakan minum air bisa berakibat fatal dan mematikan.
Seorang pelari marathon di Inggris bernama Kate Mori mengikuti perlombaan London Marathon pada tahun 2007. Itu adalah perlombaan keempat yang pernah ia ikuti.
Saat itu, suhu sedang mencapai puncaknya pada 23,5 derajat Celcius. Dengan maksud ingin mempertahankan asupan cairan, Mori berusaha meminum air sesering mungkin setiap berhenti di sepanjang rute. Baca pos ini lebih lanjut

Kebiasaan Yang Menyebabkan Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh seseorang untuk melawan penyakit dan infeksi. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti infeksi atau flu,selain itu dapat juga sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Kemampuan sistem kekebalan untuk membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing akan menopang amanat yang diembannya guna merespon infeksi patogen – baik yang berkembang biak di dalam sel tubuh (intraselular) seperti misalnya virus, maupun yang berkembang biak di luar sel tubuh (ekstraselular) – sebelum berkembang menjadi penyakit. Karenanya sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat, dan salah satu cara melakukannya adalah dengan menghindari 10 kebiasaan buruk berikut ini: Baca pos ini lebih lanjut

Buah dan Sayur Mentah Tangkal Kanker

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di American Association for Cancer Research’s Sixth Annual International Conference on Frontiers di Cancer Prevention, Philadelphia Amerika Serikat menyebutkan, bahwa buah beri hitam dan brokoli muda serta beberapa sayuran segar dapat mengurangi risiko kanker esophagus dan saluran empedu.

Sayur dan buah telah lama diketahui mampu mengurangi risiko munculnya kanker tertentu. Berdasar riset sebelumnya, American Cancer Society merekomendasikan agar kita mengonsumsi lima jenis buah dan sayur setiap hari.

Dalam penelitian awal, para peneliti dari Ohio State University menemukan, beri hitam melindungi kita dari kanker esophagus dengan cara mengurangi proses stres oksidatif yang dihasilkan oleh Barret esophagus, sebuah kondisi pra kanker yang biasa disebut penyakit gastroesopagus refluks. Esophagus merupakan terowongan panjang yang menghubungkan kerongkongan dengan perut. Penyakit refluks menyebabkan asam perut secara terus menerus melonjak ke atas ke arah kerongkongan. Dan menyebabkan rasa panas di mulut. Baca pos ini lebih lanjut

Ini Dia Protein Penyebab Kebotakan Pria

Para peneliti telah mengidentifikasi protein yang bertanggung jawab untuk pola kebotakan pria. Sehingga diharapkan dapat ditemukan pengobatan yang efektif untuk kebotakan yang terjadi pada pria.

Pola kebotakan pria telah mempengaruhi 8 dari 10 pria dan menyebabkan folikel rambut menyusut dan menghasilkan rambut-rambut mikroskopis, yang tumbuh untuk durasi yang lebih singkat daripada rambut normal. Baca pos ini lebih lanjut

Ingin Cari Dokter yang Tepat? Begini Caranya

Mencari dokter pribadi bukanlah hal yang sederhana. Ada banyak dokter yang membuka praktik dan tidak semuanya memiliki kualifikasi yang benar-benar baik dan berpengalaman. Bagaimana mencari dokter yang tepat?

“Mencari dokter sebelum jatuh sakit penting untuk memastikan kondisi kesehatan tetap terjaga,” kata Trisha Torrey, konsultan kesehatan dan penulis buku ‘You Bet Your Life: The Ten Mistakes Every Patient Makes’ seperti dilansir dari Huffington Post,Minggu (26/2/2012)..

Untuk dapat menemukan dokter yang tepat, berikut adalah panduan-panduannya: Baca pos ini lebih lanjut

Dokter Dituduh Sengaja Bunuh Pasien dengan Resep Obatnya

Seorang dokter di California dituduh telah meresepkan obat sembarangan untuk pasien yang belum tentu membutuhkan. Dokter wanita bernama Hsiu-Ying Tseng, 42 tahun, ini harus menghadapi tuduhan pembunuhan setelah pasiennya meninggal dunia. Dr Tseng meresepkan lebih dari 27.000 obat untuk pasiennya selama tiga tahun atau rata-rata 25 resep sehari. Akibatnya, 3 orang pasiennya pun meregang nyawa.

Vu Nguyen (29 tahun) dari Lake Forest, Steven Ogle (25 tahun) dari Palm Desert, dan Joseph Rovero III (21 tahun) dari San Ramon adalah korban dr Tseng yang diberi obat resep untuk mengobati gejala kecemasan. Baca pos ini lebih lanjut

Tak hanya enak, es krim juga baik bagi kesehatan.

Dingin, manis, dan enak, begitulah kata-kata yang bisa menggambarkan es krim. Makanan yang satu ini memang banyak disukai tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Beragam rasa dan aneka kreasi es krim saat ini, menggugah selera siapa saja.  Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya:  lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa. Sedikitnya 100 gram es krim yang berbahan susu memiliki 110-130 kalori dengan kandungan protein 2.5 – 3 gram. Tapi tahukah anda, selain enak es krim juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat  es krim bagi kesehatan kita. Baca pos ini lebih lanjut

Umur 3 Tahun Sudah ‘Mati’ 5 Kali Akibat Kelainan Jantung

Umumnya seseorang bisa meninggal jika jantungnya berhenti bekerja. Tapi tidak bagi bocah ini, akibat memiliki kelainan jantung yang langka, ia pernah 5 kali ‘mati’ dalam setahun.

Aaron Sweeney (3 tahun) memiliki kelainan jantung langka yang bisa membuat jantungnya berhenti berdetak hingga 7 menit saat kambuh. Sang ibu menuturkan kondisi ini pernah terjadi sebanyak 5 kali dalam setahun, karena itu Aaron sering dikatakan ‘mati’ 5 kali dalam setahun.

Saat ini Aaron dilengkapi oleh defibrilator yang melekat di kulitnya untuk membantu menghidupkan kembali jantungnya jika berhenti berdetak. Ibunya, Jolaine Clark (28 tahun) telah dilatih menggunakan defibrilator ini untuk menghidupkan anaknya kembali.

Aaron yang tinggal bersama dengan ibu dan kakek neneknya, Elaine (50 tahun) dan Joe (50 tahun) pertama kali pingsan saat ia menonton televisi di rumahnya Januari tahun lalu. Keluarga pun membawanya ke rumah sakit dan berhasil menghidupkannya kembali dan mendapatkan pengobatan penuh hingga pulih.

Tapi sayangnya saat itu dokter di Yorkhill Hospital tidak berhasil mendiagnosis keadaannya, hingga akhirnya Aaron mengalami pingsan lagi untuk kedua kalinya pada Maret tahun lalu dan berhasil dihidupkan lagi.

Barulah saat Aaron mengalami pingsan untuk ketiga kalinya dokter berhasil mendiagnosis keadaannya dengan kondisi Prolonged QT Syndrome atau dikenal dengan sebutan Sindrom kematian mendadak (Sudden Death Syndrome). Kondisi ini merupakan cacat jantung yang berkembang di dalam rahim.

“Pertama kali terjadi saya tidak tahu harus berbuat apa, itu mengerikan. Saya harus melihatnya pingsan seperti mati dan harus menghidupkannya kembali, ujar Jolaine, seperti dikutip dariDailymail, Kamis (22/3/2012).

Jolaine menuturkan saat ini ia sudah sedikit tenang karena telah dilatih untuk membantu menghidupkannya kembali jika ia mengalami colaps. Kondisi ini membuatnya tidak bisa kembali bekerja dan Aaron belum bisa bersekolah.

Saat ini Aaron dilengkapi dengan alat pemantau khusus jantung yang ditanamkan di dadanya pada Januari. Alat ini akan mendeteksi saat jantung Aaron gagal bekerja dan merekam kondisi medisnya.

Namun bocah laki-laki ini mengalami gagal jantung pada bulan lalu dan akan menjalani operasi pada akhir tahun. Saat ini ada defibrilator permanen yang ditanam di bawah kulitnya sehingga alat ini akan memicu secara otomatis ketika jantungnya mulai gagal.

“Dia benar-benar hebat dan selalu bahagia, ia tahu ada yang sesuatu yang salah dengan dirinya tapi ia bisa menangani dengan sangat baik. Dokter sebenarnya melarang ia untuk berlari, tapi saya tidak bisa menghentikannya,” ujar Jolaine yang tinggal di Mosspark, Glasgow.

Jolaine menuturkan meski Aaron sudah divonis dengan kelainan jantung langka, ia hidup seperti halnya anak 3 tahun yang normal. Namun ia harus melakukan check up di Yorkhill Hospital secara teratur setiap 6-8 minggu.

Obat Alami Kaya Manfaat

Ketimun atau mentimun memiliki nama scientific Cucumis sativus. Mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Buah ketimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat ini mudah saja, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah ketimun segar. Lakukan setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.
Selain sebagai pembersih ginjal, ketimun memiliki banyak manfaat lain. Satu buah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Baca pos ini lebih lanjut

Inilah Posisi Tidur Enak Bikin Bebas Pegal

Tak dipungkiri pentingnya tidur untuk kesehatan. Namun ternyata tidur bukan perkara memejamkan mata saja. Salah memilih posisi tidur bisa menyebabkan Anda terbangun dalam keadaan pegal atau leher kaku dan sakit. Simak posisi tidur yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Tidur terlentangPosisi tidur ini sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refluks asam lambung, meminimalkan keriput serta menjaga bentuk payudara agar tak mudah kendur.Sayangnya posisi tidur terlentang ini bisa menyebabkan ngorok. Untuk mereka yang sering mendengkur disarankan untuk menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi. Tidur terlentang juga sering menyebabkan nyeri punggung, karena itu letakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk. Bila alas tidur terlalu empuk, taruhlah papan setebal kira-kira 1 cm di bawah seprai. Baca pos ini lebih lanjut

Ingin Sukses Berhenti Merokok? Ikuti Langkah Ini!

Kebiasaan merokok memang amat merugikan kesehatan. Bahkan, para perokok aktif sudah tahu dan sadar bahwa mereka berisiko terkena kanker paru-paru, emphysema dan serangan jantung di kemudian hari akibat merokok.

Tetapi, bila Anda benar ingin berhenti merokok, coba beberapa langkah ini dan semoga bisa membantu Anda untuk terlepas dari kebiasaan tidak sehat.

Langkah 1: Pilih hari untuk memulai berhenti merokok

Ambil kalender dan pilih waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri guna keluar dari kebiasaan merokok. Tak ada salahnya untuk memulai berhenti merokok pada hari yang Anda anggap tingkat stres tidak terlalu tinggi dibandingkan hari lain, seperti hari-hari di akhir pekan. Tandai kalender Anda dan mulai berkomitmenlah untuk melakukannya. Baca pos ini lebih lanjut

Awas, Jangan Kebanyakan Makan Kerang

Kerang adalah salah satu komoditi utama sea food yang akrab di masyarakat. Namun, masyarakat yang gemar sea food yang satu ini diminta untuk waspada, mengingat sifat kerang selama hidupnya yang disebut Oseanografi LIPI, seperti penyedot debu.

Oseanografi LIPI menyebut, tidak seperti ikan yang aktif berenang, kerang cenderung statis. “Kerang itu seperti penyedot debu. Dia akan menghisap apa saja yang didekatnya, termasuk logam berat. Di dalam tubuh kerang, logam tersebut dimanipulasi kerang,” kata Kepala Oseanografi LIPI, Zainal Arifin. Baca pos ini lebih lanjut

Sering Ngantuk Usai Makan Siang? Ini Cara Jitu Mengatasinya!

Setelah makan siang, tidak sedikit orang yang justru merasa lelah dan mengantuk, meski harus tetap beraktivitas. Kondisi ini sebenarnya tidak normal dan bisa dihindari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tak mudah mengantuk setelah makan siang.

Mengantuk setelah makan siang sebenarnya merupakan kondisi yang tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuat Anda lebih segar.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanan, enzim atau kondisi kadar gula darah Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tak mudah mengantuk setelah makan siang, seperti dilansir Livestrong, Senin (5/3/2012): Baca pos ini lebih lanjut

10 Makanan untuk Memperbaiki Mood

Jika Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3, yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati, namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati.

TakutBanyak orang menderita fobia, mulai dari yang umum (seperti acrophobia – takut ketinggian) hingga yang khusus (seperti arachibutyrophobia – takut terhadap selai kacang). Mungkin pola makan Anda perlu diperiksa. Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan irasional dan kecemasan berlebihan, jadi cobalah tingkatkan asupan folat Anda – sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3 – dengan mengonsumsi alpukat. Baca pos ini lebih lanjut

9 Kebiasaan Kecil yang Bisa Membuat Hati Senang

Banyak cara untuk membuat hati senang dan tubuh semangat. Memompa suasana hati yang baik setiap hari bisa membuat Anda lebih sukses dan bahagia. Jangan sampai pengaruh negatif dari sekitar bisa menyurutkan semangat Anda.

Sembilan hal kecil dan simpel ini bisa membantu menjaga mood Anda tetap positif walau diserbu pengaruh negatif.

1. Tersenyum Biasakan untuk tersenyum dengan tulus. Tersenyumlah saat bangun di pagi hari dan bersyukur Anda masih diberi kesempatan untuk menikmati hidup. Tersenyumlah ketika bertemu orang yang dikenal atau berkenalan dengan orang baru.  Baca pos ini lebih lanjut

Olahraga Ini Bikin Anda Bahagia

Apakah Anda merasa selalu uring-uringan setiap hari? Suasana hati kacau tanpa sebab? Bisa jadi, Anda kurang berolahraga.

Cukup mencoba beberapa olahraga berikut ini, Anda bisa menaikkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Seperti dilansir melalui iDiva, inilah olahraga yang bisa membuat kita bahagia. yuk, kita intip.

Berenang

Kapan terakhir Anda melompat ke kolam berenang? Berenang merupakan salah satu jenis olahraga sehat. Berenang juga bisa membakar sampai 300 kalori setiap jam. “Berenang membantu melonggarkan tubuh dan mengencangkan otot Anda. Olahraga ini amat baik bagi penderita Asma.” kata Althea Shah, pelatih kebugaran di Gold Gym. Baca pos ini lebih lanjut

Tak Suka Olahraga? Konsumsi Cokelat Hitam!

Coklat memang selalu menjadi makanan favorit segala usia. Satu lagi manfaat coklat hitam bagi kesehatan ditemukan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi coklat hitam mempunyai manfaat bagi kesehatan yang setara dengan orang yang melakukan aktivitas olahraga.

Dr. Moh Malek, peneliti dari Universitas Wyne State ini memfokuskan penelitian pada mitokondria, sumber pembangkit energi yang menghasilkan energi dalam sel, dan menemukan senyawa yang ditemukan di tanaman kakao atau coklat, yang disebut epicatechin, yang mampu merangsang respon otot yang sama dengan aktivitas olahraga. Baca pos ini lebih lanjut

Inilah 7 Resep Mereduksi Stres ala Dr Mehmet Oz

Berita salah satu pemeran utama film Zoro, Cahterine Zeta Jones yang dirawat karena stres, membuat publik Amerika Serikat prihatin. Tekanan bertubi-tubi yang dihadapinya — suami berjuang melawan kanker stadium empat dan anak tirinya berurusan dengan polisi karena narkoba — membuat stres Zeta Jones menumpuk.

Semua meledak tahun ini: saat suami dinyatakan bebas dari kanker, dia harus digelandang ke RS Jiwa karena mengalami Bipolar Disorder akibat stres yang bertumpuk.  Baca pos ini lebih lanjut

Tips Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur, selain bertujuan untuk mengistirahatkan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari, juga saat yang tepat untuk mengistirahatkan fisik dan mental. Cukup tidur tak hanya ditentukan dari kuantitas atau lamanya waktu tidur, tetapi juga dari kualitas tidur itu sendiri.

Nah, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, beberapa tips ini layak untuk Anda simak: Baca pos ini lebih lanjut

7 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Air adalah sumber kehidupan semua orang di dunia sepakat dengan ini karena manusia tidak bisa hidup tanpa air. Kita dapat bertahan tidak makan selama 7 hari, tapi kita lemah dan tidak kuat bila tidak minum air selama 3 hari, otomatis kita akan merenggang nyawa.

7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan:

1. Tetap Langsing Dengan Air Mencoba untuk menurunkan berat badan? Air meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman sarat-kalori dengan air, dan minum segelas sebelum makan untuk membantu Anda merasa lebih kenyang. Minum lebih banyak air juga membantu meningkatkan amper metabolisme – terutama jika gelas Anda dingin. Tubuh Anda harus bekerja untuk menghangatkan air, dalam proses membakar beberapa tambahan kalori.  Baca pos ini lebih lanjut

Senyuman Ramalkan Kondisi Kesehatan

Tersenyum merupakan cara termudah untuk mengecek kesehatan. Bila Anda sering bercermin, cobalah tersenyum lebar. Ternyata melalui senyuman, kita bisa mendeteksi bagaimana kondisi kesehatan tubuh Anda.

Saat Anda buka mulut, cobalah untuk memperhatikan lidah, gigi hingga bibir Anda secara detail. Ada beberapa kondisi yang bisa mengindikasikan jika Anda sedang mengalami masalah kesehatan. Agar Anda tahu, cobalah lakukan empat hal berikut ini seperti yang dilansir melalui medicmagic. Baca pos ini lebih lanjut

Cara Benar Mengenakan Bra

 Pemilihan ukuran bra yang tepat tak hanya sekedar menyangga dan menjaga bentuk, ukuran dan tekstur keindahan payudara, namun juga mempengaruhi bagi kesehatan tubuh Anda.

Menurut sebuah survei, dua per tiga wanita telah mengalami 5 kali perubahan ukuran bra selama hidupnya, sebagai bentuk perubahan berat badan yang naik turun.

Hal inilah yang menyebabkan pentingnya bagi wanita untuk selalu mengukur ukuran lingkar dada dan ukuran cup saat membeli bra. Terlebih lagi kini, banyak wanita yang membeli bra hanya karena model dan warnanya saja. Baca pos ini lebih lanjut

Ssst, Ngobrol Ternyata Ampuh Redam Stres

Hobi ngobrol? Tidak perlu cemas. Ternyata, dari hasil penelitian para ilmuwan dari University of California, Berkeley, terungkap bahwa mengobrol seru dengan teman dapat mengendalikan perilaku buruk, mencegah kemungkinan eksploitasi, dan manjur juga meredam stres.

Para ilmuwan ini mengadakan serangkaian eksperimen khusus hingga tiba pada kesimpulan itu. Saat studi berlangsung, para peneliti juga mendeteksi detak jantung yang meningkat ketika ada obrolan seru yang diperbincangkan. Baca pos ini lebih lanjut

Sering Tidur Malam Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

Kebiasaan tidur malam yang buruk sering membuat Anda merasa lelah dan kesal. Selain itu, gangguan tidur malam yang buruk selama enam kali berturut-turut, juga dapat memicu timbulnya diabetes dan penyakit jantung.

Profesor Philippe Froguel dari Imperial College London mengatakan, “Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh,” katanya. Salah satu jam biologis tubuh adalah tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak pada kontrol gula darah. Baca pos ini lebih lanjut

Beberapa Kesalahan Penggunaan Kondom

Kondom 98 persen efektif mencegah kehamilan penularan penyakit menular seksual jika digunakan dengan benar. Namun, sayangnya masih banyak pria yang masih salah menggunakan kondom.

 Tim peneliti dari The Kinsey Institute Condom Use Research Team (CURT) menganalisis 50 artikel yang telah diterbitkan dari beberapa media antara tahun 1995-2011.

 Para peneliti juga melibatkan berbagai partisipan mulai dari pasangan monogami hingga pekerja seks. Peneliti banyak menemukan bahwa kondom sering kali tidak digunakan sebagai pengaman saat berhubungan seks. Baca pos ini lebih lanjut

Mensos Prihatin Narkoba Sudah Jangkau Murid SD

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengaku prihatin dengan peredaran narkoba dalam berbagai bentuk yang sudah menjangkau murid sekolah dasar (SD) di tanah air.

“Yang kita khawatirkan bukan lagi anak-anak SMA atau mahasiswa, tapi anak SD juga sudah terkena narkoba,” kata Menteri Sosial saat mengunjungi Pondok Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Kamis.

Menteri Sosial berada di Ponpes Suryalaya untuk memberikan bantuan kepada panti rehabilitasi remaja Inabah yang salah satunya membina para pecandu narkoba.

Menteri juga mengingatkan orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka termasuk pertemanan sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat salah satunya narkoba. Baca pos ini lebih lanjut

4 Makanan Terbaik untuk Otak 4 Makanan Terbaik untuk Otak

Menjadi bagian terpenting bagi tubuh, otak menjadi pusat dari semua aktivitas manusia. Oleh karena itu, otak memerlukan asupan makanan sehat untuk membuatnya bekerja optimal.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang berguna bagi kesehatan otak, seperti dikutip Boldsky, Selasa (28/2).

Vitamin B Kompleks

Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda. Konsumsilah makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, yang membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar. Vitamin B kompleks banyak terdapat dalam kentang, biji-bijian, brokoli, bayam, jamur, pisang, berbagai produk olahan kacang kedelai, telur dan kacang almond. Baca pos ini lebih lanjut

Cara Mudah Atasi Bau Mulut

Halitosis atau nafas bau merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan yang kerap dialami oleh sebagian orang. Penyebab dari kasus nafas bau yang sering ditemukan adalah disebabkan oleh bakteri yang hidup di mulut, terutama di bagian belakang lidah.

Penyebab utama dari nafas bau adalah tidak melakukan perawatan mulut dengan benar, sehingga terjadi penumpukan plak dan infeksi gusi. Menyikat gigi dan flossing dapat mengurangi makanan bagi bakteri didalam mulut. Selain itu, beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, sembelit, infeksi tenggorokan, mulut kering, gangguan metabolisme dan diet yang tidak benar, juga dapat memicu timbulnya bau mulut. Baca pos ini lebih lanjut

5 Rempah Pedas yang Bikin Sehat

Rempah-rempah yang sudah digunakan selama berabad-abad ini tak hanya dijadikan bumbu masakan, namun juga berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Berikut beberapa rempah yang mujarab bagi kesehatan, yang dilansir melalui Times of India, Selasa (28/2).

Bubuk Cabai, membantu mengurangi nyeri sendi. Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin yang ditemukan dalam cabai memiliki efek anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri rematik. Studi terbaru yang dimuat di Journal of Obesity mengungkapkan cabai juga membantu meningkatkan oksidasi lemak yang meningkatkan energi dan mempercepat kerja sistem saraf, sehingga bermanfaat menurunkan berat badan Anda.

Kayu Manis, melindungi dari risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa setengah sendok teh kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol, trigliserida.

Bawang Putih, meningkatkan kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida rata-rata hingga 10 persen.

Cengkeh, minyak cengkeh merupakan pengobatan terkenal untuk mengatasi sakit gigi. Minyak cengkeh juga bersifat antiseptik yang menjadikannya obat kumur terbaik. Bahan utama dalam minyak adalah eugenol, yang bersifat sebagai anti-peradangan, sehingga dapat meringankan kekakuan dan rasa sakit akibat arthritis. Rempah-rempah ini membantu memperlancar saluran pencernaan.

Jahe, mengandung antioksidan dan dapat melindungi tubuh terhadap penyakit, seperti penyakit berkaitan dengan hidung dan perut kembung dalam sistem pencernaan. Jahe juga menjadi alternatif pengobatan yang baik untuk mengatasi rasa mual, yang berkaitan dengan kehamilan dan mabuk perjalanan.

(sehat/ZM/yahoo)

Wajah Macho Pertanda Kesehatan Baik?

Tak salah bila seorang wanita menyukai pria tampan dan macho, seperti Brad Pitt atau George Clooney. Riset terbaru menunjukkan bahwa penampilan macho menandakan kesehatan yang baik dalam diri seorang pria.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature ini menunjukkan bahwa pria yang memiliki penampilan fisik yang lebih keren ternyata memiliki kadar hormon seks testosteron yang tinggi dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Untuk membuktikannya, penelitian yang dipimpin oleh Fhionna Moore dari Abertay University di Inggris merekrut 74 pria berusia 20 tahunan dan meminta mereka mengumpulkan sampel darahnya sebelum diberi vaksin Hepatitis B dosis pertama. Vaksin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang berfungsi melawan virus. Kemudian, peneliti mengukur kadar antibodi, testosteron dan hormon stres kortisolnya. Baca pos ini lebih lanjut

Ini Dia Pekerjaan yang Bikin Anda Kena Serangan Jantung

Meski banyak orang tidak yakin penyakit jantung terkait dengan urusan pekerjaan, ternyata faktanya tidak begitu. Rupanya, karakteristik kerja juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan masalah lain. Sejumlah aktivitas pekerjaan seperti duduk terlalu lama, jam kerja yang terlalu panjang, dan terpaan bahan kimia tertentu dapat mengancam jantung kita. Berikut adalah pekerjaan dan karakteristik kerja yang dapat berisiko terhadap jantung.

Bekerja yang menuntut duduk terlalu lama
Pekerja yang terlalu lama duduk berisiko mengalami masalah jantung lebih ketimbang daripada mereka yang aktif. Ini karena duduk terlalu lama dapat memicu penurunan sensitivitas insulin dan enzim yang biasanya dapat mengurai lemak. Disarankan, berdiri dan berkeliling sesekali ketika bekerja. Baca pos ini lebih lanjut

Doyan Durian, tapi Ingin Aman dari Darah Tinggi? Ini Tipsnya

Anda penyuka buah durian? Hampir setiap orang mengaku sangat menyukai buah berkulit duri tebal tapi berdaging manis dan wangi ini. Tapi ada sebagian orang yang justru menghindarinya, apalagi kalau mereka mempunyai rekod darah tinggi, meskipun sebetulnya sangat menggemari. Mereka khawatir ‘mabuk durian’berdampak pada tensi darah mereka.  Baca pos ini lebih lanjut

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat, Penyakit yang tidak begitu membahayakan tapi sering membuat orang jengkel dan ingin menghilangkannya. Jerawat Adalah penyakit kecil yang biasanya menempel pada wajah anak yang beranjak remaja, dan pada remaja itu sendiri. akan tetapi jerawat juga bisa menyerang atau menempel pada orang tua maupun anak-anak. Bagi remaja Putri, jerawat adalah hal yang tidak disukai, selain karena menggangu, mereka juga akan merasa tidak pede apalagi tampil di depan cowok. Banyak cara untuk menghilangkan jerawat, ada cara yang Instan dan ada juga yang alami. Jika kita banyak Uang, kita bisa menghilangkan dengan pergi ke perawatan wajah.

Sebelum tau Cara Menghilangkan Jerawat, Ada baiknya kita tau beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat. Banyak hal atau kegiatan kita sehari-hari yang kita lakukan sehingga meyebabkan jerawat. Dan berikut ini Penyebab jerawat :

  • Produksi Minyak Berlebihan
  • Sel-Sel Kulit Mati
  • Bakteri
  • Kosmetik
  • Obat-obatan

Cara Menghilangkan Jerawat

Secara medis, jerawat adalah penyakit yang terjadi karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan sebuah kantung nanah yang meradang. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan banyak cara tradisional maupun secara medis. Dan Mungkin Cara menghilangkan jerawat secara alami berikut ini bisa membantu mengurangi bintang di wajah anda:

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk nipis 

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk nipis Sangat mudah,yaitu campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah. biarkan kira-kira 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat. Jeruk nipis Bisa digunakan untuk mengobati jerawat karena mengandung citric acid. citric acid sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. lakukan ini dengan rutin dan konsisten selama kurang lebih 15 hari dan lihat hasilnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur juga bisa. Pertama pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang yang bisa menjadi pemicu jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi mungkin juga bisa dicoba. Pasta gigi yang digunakan atau yang bisa kita pakai untuk mengobati jerawat adalah yang berbentuk pasta bukan jell. Tinggal Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Kemudian Biarkan sampai pagi hari.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat juga bisa. Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam(blackheads). Caranya cukup mudah, Buah tomat dibelah jadi dua,kemudian di usap-usapkan kewajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1jam kemudian bilas sampai bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih adalah hal sangat mudah diantara cara-cara yang lain. Tumbuk atau diiris bawang putih tadi, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga beberapa menit dan bilas sampai bersih

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara Alami, Sebelum jerawat tumbuh dan menghapusrasa percaya diri anda, ada baiknya kita mencegah dengan selalu menjaga kebersihan wajah dan makan-makanan yang bergizi. Jangan sampai karena jerawat membuat kita galau dan selalu kepikiran.

(sehat/ZM/rofingi)

Ini Dia Rahasia Supaya Tidak Gampang Pilek

Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat banyak orang gampang terserang common cold alias pilek. Penyakit yang disebabkan oleh Rinovirus ini sedikit-banyak membuat aktivitas penderitanya terganggu. Selain menimbulkan efek tidak nyaman, pilek juga mudah sekali menular dari satu penderita ke penderita lain.

Musim hujan telah tiba. Nah, kalau sudah begini, biasanya kita gampang sekali terkena penyakit seperti flu atau pilek. Agar terhindar dari penyakit ini, cara paling ampuh adalah beristirahat. Baca pos ini lebih lanjut

Kalau Hanya Batuk Pilek Biasa Tidak Perlu Antibiotik

Benarkah flu tak boleh langsung diobati dengan antibiotik? Dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinis dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta menjelaskan hal ini benar jika flu yang dimaksud mungkin batuk-pilek biasa yang umumnya disebabkan oleh virus.

Penyakit yang disebabkan virus tidak perlu diobati dengan antibiotik karena fungsi antibiotik adalah mematikan bakteri. Pemberian antibiotik jadi tidak berguna, kecuali dokter menduga telah terjadi infeksi bakteri. Namun, ini pun bukan untuk penyakit common cold. Baca pos ini lebih lanjut

Inilah ‘Tameng’ Alami Tangkal Flu

 Memasuki musim penghujan, salah satu penyakit yang paling sering diderita adalah flu dan demam. Untuk mencegah sakit demam, anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh. Jenis-jenis makanan di bawah ini direkomendasikan oleh profesor gizi di Culinary Institute of America, Suki Hertz untuk dikonsumsi ketika sarapan agar kekebalan tubuh meningkat. Baca pos ini lebih lanjut

Yuk Cari Tahu Tanaman untuk Atasi Batuk

Batuk bukan merupakan penyakit, tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan.

Obat batuk yang biasa digunakan adalah yang mengandung antitusif, dekongestan, ekspektoran atau kombinasi. Untuk pengobatan selain obat konvensional juga bisa dengan pengobatan herbal.

Permasalahan yang dihadapi adalah masih belum banyaknya data yang tersedia berkaitan dengan mekanisme herbal dalam mengatasi batuk. Abdul Mun’im, MSi, PhD dari Program Pascasarjana Herbal Departemen Farmasi FMIPA UI saat peluncuran OB Herbal Junior di Jakarta, Kamis (9/2/2012) mengungkapkan beberapa temuan mengenai tanaman yang bisa mengatasi batuk, baik secara tradisional maupun melalui penelitian ilmiah. Baca pos ini lebih lanjut

Sleep Paralysis, Penyakit Ketindihan Saat Tidur

Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda tidak sedang diganggu makhluk halus.

Berdasarkan ilmu medis, keadaan itu disebut sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Namun, banyak masyarakat menyebutnya ‘erep-erep’. Masyarakat juga selalu mengaitkan kondisi ini karena ulah makhluk halus yang menindih tubuh kita.

Fenomena ini bisa terjadi pada siapa saja. Setidaknya orang akan mengalaminya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Namun, Anda tak perlu khawatir, sleep paralysis biasanya tidak berbahaya.

Selama tidur, aktivitas dan otot-otot tubuh menjadi tidak bergerak, sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara. Bahkan kadang-kadang kelumpuhan tetap ada setelah orang terbangun. Biasanya, kelumpuhan tidur diikuti dengan halusinasi. Orang yang

mengalami kelumpuhan tidur merasa seperti dicekik, dada sesak, badan

sulit bergerak dan sulit berteriak.

Ketika seseorang tidur, aktifitas otak mengalami dua hal berbeda, yang disebut tidur aktif atau REM (rapid eye movement) dan tidur non-REM.

Non-REM selama tidur akan menghasilkan gerakkan selagi Anda tidur, seperti berbicara dalam tidur atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM akan mempengaruhi denyut jantung, laju respirasi dan tekanan darah ketika tidur.

Secara psikologis, sleep paralysis berhubungan dengan tidur di tahap REM, dimana setelah mengalami tidur REM, mata terbuka namun paralysis tetap bertahan.

Biasanya hal ini mengakibatkan halusinasi. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit. Setelah otak dan tubuh berhubungan kembali, penderita dapat menggerakkan tubuhnya kembali. Namun, memori dari sensasi yang mengerikan atau mimpi buruk biasanya dapat bertahan lama Baca pos ini lebih lanjut

Waspadai Mainan Anak Beracun di Mal

Para orang tua sebaiknya harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih dan memberikan mainan untuk anak. Pasalnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) baru-baru ini menemukan banyak mainan edukasi yang beredar di pasaran mengandung bahan berbahaya.

Pada bulan Maret 2011, YLKI bersama dengan Departemen Kimia FMIPA-Universitas Indonesia melakukan pengujian terhadap beberapa jenis mainan edukasi yang dijual di beberapa tempat seperti pasar mainan, ITC dan mal/ pusat perbelanjaan di 5 wilayah DKI Jakarta. Baca pos ini lebih lanjut

Berada di Kantor Lebih dari 11 Jam? Siap-siap Depresi

Hati-hati bila Anda berada di kantor dalam waktu lama. Peluang Anda untuk mengalami depresi justru meningkat dua kali lipat dibandingkan mereka yang bekerja sesuai jam kerja normal.
Para peneliti Inggris menemukan bahwa mereka yang bekerja lebih dari 11 jam per hari atau lebih dari 55 jam per minggu mengalami risiko lebih tinggi. Risiko ini justru lebih sering akan dialami oleh perempuan, anak muda, dan mereka yang punya penghasilan rendah.
Studi ini dibuat berdasarkan riset pada sekitar 2.000 pekerja sipil dari berbagai sektor, penghasilan, dan jam kerja. Mereka mulai bekerja sekitar awal 1990-an dan berusia antara 35-55 tahun. Baca pos ini lebih lanjut

Fakta Tersembunyi Soft Drink

Softdrink atau minuman ringan bersoda, memang enak dan terasa segar apalagi kalau dingin. Hanya saja dibalik kesegaran yang ditawarkannya minuman ini sangat berisiko.
Softdrink mengandung zat pewarna buatan, berbau kimia karbonat, asam fosfat, pemanis, bahan pengawet dan kafein. Kandungan gulanya rata-rata sebesar 8-12 sendok teh, jumlah yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Agar tidak penasaran dan bisa menjaga kesehatan sejak sekarang, berikut fakta-fakta tersembunyi dari kenikmatan sebotolSoftdrink: Baca pos ini lebih lanjut

Cara Simpel Merawat Gigi Anak

Terdapat beberapa kasus yang terjadi pada anak berhubungan dengan kesehatan giginya, banyak anak yang malas untuk gosok gigi, dan takut untuk memeriksakan giginya ke dokter. Sehingga perawatannya pun menjadi berkurang.
Orangtua anak harus selalu memperhatikan perawatan gigi anak. Perawatan gigi anak harus diperhatikan sejak dini dari usia 0, tidak hanya gigi saja yang harus dirawat, mulutnya juga harus dirawat.
Untuk pemberian susu pada anak, baik itu dalam bentuk susu botol ataupun asi, ibu harus tahu bahwa dalam susu terdapat kandungan asam (laktosa) yang dapat merusak gigi. Pada saat anak menyusu, gigi akan terendam oleh susu terutama jika posisi anak telentang. Baca pos ini lebih lanjut

Kaitan Tinggi Badan dengan Rasa Cemburu

Mungkin Anda bingung mendengar kalimat tersebut, kaitan antara tinggi badan dan rasa cemburu, lho memang ada hubungannya?
Sebuah studi internasional telah mengungkapkan hasil mengejutkan bahwa tinggi badan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang cemburu dalam suatu hubungan. Disebutkan bahwa yang lebih pendek akan lebih iri terhadap kekasih mereka.
Sebagaimanan dilansir dari Genius Beauty, penelitian ini dilakukan para peneliti dari Universitas Groningen dan Valencia yang melibatkan 549 pria dan wanita dari Belanda dan Spanyol. Para responden diminta menilai bagaimana mereka merasa cemburu dan buat daftar kualitas seseorang yang potensial membuat mereka cemburu. Baca pos ini lebih lanjut

Hati-hati, Stroke juga Bisa Serang Orang Muda

 Serangan stroke semula diyakini hanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut, tetapi belakangan ini juga bisa terjadi pada orang berusia muda. Dokter ahli jantung Dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), dr Robinson Harahap menjelaskan,kemarin, di dunia kedokteran, stroke atau serangan jantung bisa terjadi disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah dan hal ini bisa terjadi pada manusia di segala usia, walau pun jauh lebih banyak pada usia lanjut.

Robinson mengatakan, jika yang tersumbat pembuluh darah ke otak, maka itulah yang disebut stroke. Sementara, jika yang tersumbat adalah pembuluh darah ke jantung, maka kondisi itu disebut serangan jantung. Tetapi Keduanya bisa mengakibatkan kematian secara mendadak. Baca pos ini lebih lanjut

Nenek Ini ” Awet Muda” dengan Bermain Game

Siapa bilang sebuah perangkat game hanya cocok dimainkan oleh anak-anak atau orang dewasa. Seorang nenek berusia 100 tahun juga lihai dalam memainkan konsol game ini. Di Inggris seorang nenek bernama Kit Connell mampu melakukannya.
Ternyata konsol game ini mampu membuat sang nenek tampil mereasa ‘lebih muda’. “Saya tidak merasa umur saya melebihi 80 tahun” ujarnya seperti yang dilansir The Telegraph (31/1). >Sang nenek memanfaatkan Nintendo untuk menjaga semangat muda dan pikirannya yang tajam. Berbekal sekitar selusin permainan yang ada dia memainkan game secara rutin beberapa jam dalam sehari. Baca pos ini lebih lanjut

Gaya Hidup Berubah? Awas Stroke Mengincar

Aktivitas dan tuntutan hidup di masyarakat menyebabkan banyak orang mengubah gaya hidupnya. Tingkat stres yang tinggi dan tuntutan hidup membuat mereka memilih untuk menyantap makanan cepat saji dan tak ada waktu untuk olahraga.

Pakar kesehatan masyarakat Universitas Indonesia dr Budi Hartono menjelaskan, gaya hidup masyarakat kota yang gemar menyantap makanan siap saji telah meningkatkan faktor resiko seseorang terkena stroke dan serangan jantung. Hal itu terjadi lantaran LDL (Low Density Lipoprotein), yang ada di dalam makanan siap saji, mengendap di dalam pembuluh darah. Baca pos ini lebih lanjut

Seperti Alkohol dan Rokok, Gula Juga Berbahaya

Gula dianggap ‘racun’ dan bersifat adiktif layaknya alkohol dan rokok, sehingga perlu ada peraturan khusus yang mengaturnya, demikian yang dilansir melalui Dailymail, Kamis (2/2).
Menurut peneliti dari University of California, kebijakan baru terhadap penjualan gula seperti penetapan pajak dan perundang-undangan perlu diambil guna mengontrol pengonsumsiannya.
Peneliti menganggap kebijakan ini penting, karena seseorang yang kecanduan gula dapat memicu masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung dan liver. Tak hanya itu, peneliti juga mengklaim sekitar 35 juta orang meninggal dunia setiap tahun di seluruh dunia akibat tak terkendalinya pengonsumsian gula. Baca pos ini lebih lanjut

Anda Siap Jadi Orangtua?

Kesiapan psikologi dan mental adalah mutlak dimiliki setiap pasangan yang siap menjadi orangtua. Karena banyak pasangan yang “syok” dan terpana ketika impian untuk hamil terwujud, tetapi setelah itu jauh dari indahnya mimpi.
Karena itu, pasangan nikah, jauh sebelum kehamilan terjadi harus benar menyadari lebih dulu hakikat, konsekuensi dan makna kehadiran anak dalam keluarga.

Tanggungjawan seumur hidup
Menjadi ayah dan ibu bukanlah urusan yang berkaitan dengan tradisi turun-temurun, urusan pribadi atau status sosial semata. Menjadi orang tua adalah sebuah ‘profesi’. Ketika anak hadir, maka ada peran baru untuk Anda dan pasangan. Ada tanggung jawab baru. Anak adalah komitmen seumur hidup yang wajib Anda asuh, sayang, dan lindungi bersama pasangan.  Baca pos ini lebih lanjut

Lem dan Permen Karet di Rambut Tak Sulit Dihilangkan

Salah satu bentuk kecelakaan kecil yang sering terjadi di rambut adalah tanpa sengaja tertempel permen karet atau lem akibat kecerobohan orang lain atau bahkan Anda sendiri. Melepaskan rambut-rambut yang menempel di benda dan zat tersebut membutuhkan waktu yang tak sedikit.

Beberapa dari Anda bahkan memilih untuk memotong sedikit rambut yang tertempel. Walau tergolong merupakan solusi instan, Anda jadinya malah mengorbankan rambut yang seharusnya tumbuh dengan baik.
Beberapa zat yang ada di sekitar Anda dapat dengan mudah melepaskan permen karet dan lem yang tanpa sengaja tertempel di rambut Anda. Kini buang jauh-jauh anggapan bahwa tertempel permen karet di rambut sebagai bencana tanpa solusi.

Lihat dapur atau meja dandan Anda di kamar, cari zat-zat di bawah ini untuk membereskan kecelakaan kecil yang terjadi pada rambut Anda.

Air panas
Dikutip dari ObesityHelp, untuk kepentingan darurat, air panas (bukan sekadar air hangat lagi!) dapat membereskan tertempelnya lem di rambut Anda. Cucilah pada bagian yang terkena lem dan lihat hasilnya dalam waktu singkat.
Selai kacang
Kandungan eukaliptus di dalam selai kacang mampu mencabut permen karet dari rambut Anda. Proses yang dilakukannya adalah membuat permen karet kehilangan daya genggamnya terhadap rambut, dilansir dari Mamapedia. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah mencabutnya. Jangan lupa bilas dengan air untuk membersihkan rambut Anda kembali.

Kondisioner
Kalau Anda ingin sedikit bersabar, sediakan waktu paling tidak dua puluh menit untuk membereskan kecelakaan di rambut Anda tersebut. Dalam keadaan rambut yang basah, gunakan kondisioner pada bagian yang terkena permen karet atau lem. Lalu tutup dengan handuk, diamkan selama dua puluh menit. Kondisioner berproses ke dalam rambut Anda.

Setelah itu, bilas rambut Anda seperti biasa dan tak lupa menyisirnya pada bagian yang terkena lem. Trik ini banyak digunakan banyak dilakukan dengan alasan tetap menjaga rambut bersentuhan dengan produk yang berhubungan dengan mahkotanya.

Soda kue
Campurkan beberapa sendok air dengan soda kue secukupnya, lalu tempelkan pada bagian rambut yang terkena permen karet atau lem. Diamkan selama hanya dua sampai lima menit, lalu sikat dengan sikat yang lembut sampai permen karet atau lem terlepas dari rambut Anda.  Baca pos ini lebih lanjut

Apa yang Terjadi Di Dalam Tubuh Ketika Berhenti Merokok

Anda termasuk perokok berat dan berniat berhenti? Ternyata, tubuh Anda pun mendambakan hal itu segera terjadi. Dalam keadaan berhenti merokok, tubuh akan merespons secara positif dengan cepat.
Aulia Sani, mantan direktur RS Harapan Kita ini, mengungkapkan hal-hal yang terjadi dalam tubuh kita begitu terbebas dari racun yang ada pada rokok. Aulia menggambarkan dalam 20 menit tanpa rokok, perubahan signifikan terjadi di jaringan organ penting manusia. “Tekanan darah, denyut jantung, dan aliran darah tepi membaik.”
Lantas, apa manfaatnya dalam waktu yang lebih lama? Kalau bisa bertahan sampai 12 jam tak merokok, karbonmonoksida di dalam darah kembali normal. “Sistem aliran darah membaik dan fungsi jantung dapat meningkat,” ujar Aulia, yang kerap menjadi pembicara seminar.
Nah, agar lebih yakin dengan motivasi berhenti merokok, coba periksa dengan tes ketergantungan nikotin di bawah ini: Baca pos ini lebih lanjut

Inilah Makanan yang Membantu Tetap Fokus

Menurut The Franklin Institute, sel-sel otak membutuhkan dua kali energi dari sel-sel lain dalam tubuh. Nutrisi yang tepat itu sangat penting untuk menjaga fungsi otak dan kemampuan mental, seperti fokus, memori dan konsentrasi.
Untuk membantu anda tetap fokus, anda memerlukan makanan yang kaya zat besi, vitamin B folat, karbohidrat kompleks dan asam lemak esensial.

Zat besi
Hubungan antara tingkat zat besi dalam tubuh dan kemampuan otak untuk fokus pertama kali diteliti pada tahun 2001. Dalam studi Agricultural Research Serviceyang dipimpin oleh Mary J. Kretsch, makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu berkonsentrasi dan fokus.
Makanan kaya zat besi antara lain roti gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, daging, unggas, dan sereal-pasta. Baca pos ini lebih lanjut

Cara Ngemil yang Sehat untuk Anak

Ngemil adalah hobi utama bagi banyak anak, namun hal tersebut tidak selalu buruk. Ngemil makanan yang bergizi justru dapat membantu anak mengekang rasa lapar sepanjang hari, serta memberikan nutrisi dan energi yang penting.

Dengan mengetahui beragam variasi cemilan sehat untuk anak-anak dapat membantu untuk memenuhi nutrisi harian anak tanpa membuat anak bosan dengan makanan yang monoton.

Mengajarkan pada anak sedini untuk membuat pilihan camilan yang sehat akan membantu menetapkan kebiasaan diet sehat untuk seumur hidup. Kira-kira bagaimana cara untuk membiasakan camilan sehat untuk anak?

Berikut 10 cara untuk membiasakan camilan sehat untuk anak seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (5/1/2012) antara lain:

1. Jauhkan dari junk food

Makanan junk food tentunya tampak lebih menarik dibandingkan makanan sehat. Menjadi contoh dengan memilih camilan sehat, dapat merupakan cara yang baik untuk membiasakan anak menghindari junk food.

2. Memilih makanan dari gandum

Makanan gandum, seperti gandum pretzel atau tortila, dan gandum sereal mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat menyediakan energi dengan kekuatan yang lebih lama.

3. Mix and match

Sajikan wortel atau sayuran mentah lainnya dengan saus bebas lemak. Celupkan biskuit cracker atau buah segar dalam yoghurt bebas lemak.

Oleskan selai kacang pada seledri, apel, atau pisang. Dengan mix and match makanan dapat membuat variasi berbagai jenis makanan, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan sehat yang disediakan.

4. Memperluas menu

Menu yang disediakan harus semakin luas, menarik, dan semakin variatif, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan yang disediakan.

5. Sajikan sarapan

Tinjau ulang menu sarapan yang selama ini telah disediakan sehari-hari, apakah menu tersebut termasuk menu sehat. Sajikan menu sarapan, seperti orak-arik telur dan roti gandum. Menu tersebut juga dapat menjadi camilan sehat bagi anak-anak di sore hari.

6. Mempermanis camilan

Camilan sehat untuk anak-anak tidak harus hambar. Untuk memuaskan rasa manis anak dapat dengan menawarkan pudding bebas lemak, frozen yoghurt, atau buah beku. Membuat smoothies dengan susu skim, yoghurt bebas lemak, dan buah segar atau beku juga akan tampak lebih menarik bagi anak.

7. Menyajikan camilan lebih menarik

Gunakan cetakan kue untuk membuat berbagai bentuk irisan keju rendah lemak, tortilla gandum, atau roti gandum. Buatlah kebab buah atau menunjukkan pada anak bagaimana untuk makan buah potong dadu dengan sumpit.

Membuat menara dari biskuit gandum, mengeja kata dengan stick dari kue kering, atau membuat wajah lucu di piring dengan menggunakan berbagai jenis buah.

8. Membebaskan anak untuk memilih menu camilan sehat

Tinggalkan buah segar dalam mangkuk di atas meja. Sereal gandum dan buah kalengan atau yang disajikan dalam bentuk jus.

Biarkan anak memilih menu camilan sehat yang sedang dia inginkan. Namun, tetap ajarkan anak untuk memilih camilan sehat sedini mungkin. Hal tersebut akan membentuk kebiasaan anak hingga dewasa.

9. Jangan tertipu oleh label makanan bebas lemak

Makanan rendah lemak atau bebas lemak yang ada di pasaran kemungkinan masih tinggi kalori dan sodium. Periksa label nutrisi untuk mengetahui keseluruhan kandungan nutrisi.

10. Tentukan zona ngemil

Batasi ngemil di daerah-daerah tertentu, seperti dapur. Asupan kalori akan berlebihan jika membiarkan anak ngemil sambil nonton TV

(sehat/ZM/detik)

Lima Alasan Ilmiah Kenapa Wanita Sulit Turunkan Berat Badan

Perempuan terkadang merasa sulit menurunkan berat badan dibandingkan laki-laki. Ternyata, itu bukanlah sekedar perasaan. Banyak faktor ilmiah yang menyebabkan perempuan lebih sulit untuk membakar lemak tubuh dibandingkan laki-laki.

Inilah alasan wanita sulit menurunkan berat badan.

1. Wanita memiliki lebih banyak lemak dibandingkan otot

Perempuan lebih banyak memiliki lemak dibandingkan otot di dalam tubuh. Jaringan otot bersifat lebih aktif dari jaringan lemak. Kalori yang tersimpan dalam otot lebih mudah terbakar. Pria yang memiliki jumlah otot lebih banyak dibandingkan wanita lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Dibandingkan lelaki, jumlah lemak yang ada pada tubuh perempuan hampir mencapai dua kali lipatnya. Sebagai calon ibu, lemak ini penting diperlukan untuk membantu ketika hamil dan menyusui.

2. Distribusi lemak

Distribusi lemak pada perempuan dan pria juga berbeda. Perempuan lebih banyak memiliki lemak di bagian bawah tubuh. Sementara itu, lelaki menumpuk lemaknya di tubuh bagian atas.

Ada perbedaan sifat lemak yang cukup mendasar tergantung dari letaknya di dalam tubuh. Lemak bagian atas lebih cepat terbakar dibandingkan lemak tubuh bagian bawah. Hal ini bisa diuji pada wanita yang sedang diet. Penurunan berat badan cenderung diamati dari pengukuran tubuh bagian atas yang lebih mudah mengecil.

3. Perempuan memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari pria

Umumnya, wanita memiliki perawakan yang cenderung lebih kecil dibandingkan pria. Ukuran tubuh yang lebih besar membuat pria lebih mudah kehilangan panas tubuh. Hilangnya panas tubuh dapat meningkatkan metabolisme. Sehingga, hal tersebut mudah menurunkan berat badan.

4. Hormon tubuh

Secara alami, hormon pria membantu menurunkan berat badan. Testosteron dan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Hormon itu bisa meningkatkan massa otot tubuh. Karena pria menghasilkan lebih banyak testosteron  dibandingkan perempuan, mereka cenderung membakar lemak lebih banyak daripada wanita.

Selama kehamilan dan siklus menstruasi, sel-sel lemak dalam tubuh wanita mempertahankan jumlah air akibat perubahan hormonal. Adanya kandungan air dalam lemak membuat sel-sel lemak memperbesar. Alhasil, adanya air menyebabkan metabolisme lemak menjadi sulit dilakukan oleh wanita.

Hormon progesteron yang diproduksi oleh perempuan juga memicu rasa lapar. Tak hanya itu, progesteron membuat wanita merasa mengantuk dan kurang berolahraga. Sehingga, hal tersebut semakin memicu kenaikan berat badan.

5. Faktor kehamilan

Sel-sel lemak berkembang biak dan berkembang selama kehamilan. Setelah kehamilan, sel-sel lemak masih ada dalam tubuh. Setiap kali tubuh makan makanan yang berlebih, sel-sel lemak akan semakin luas dan membuat berat badan bertambah.

(sehat/ZM/yahoo)

Jangan Sepelekan Batuk

Mendengar namanya saja, kita akan langsung teringat dalam daftar 100 dokter terbaik di Indonesia versi Majalah Campus Asia. Ia adalah Prof Dr dr Hadiarto Mangunnegoro, Sp.P(K) FCCP, seorang dokter spesialis paru-paru yang kini menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Asri Jakarta.

Prof Hadi, begitu ia kerap disapa menjelaskan, sering kali, batuk yang disertai tenggorakan gatal cenderung ‘digampangkan’ dengan minum obat batuk cair tanpa takaran yang benar dengan hanya mengedepankan sensasi instan di tenggorokan.

Padahal, menurut dokter lulusan Universitas Indonesia ini, jika batuk berdahak dan tak kunjung sembuh lebih dari sebulan yang diikuti sesak napas atau tidak kuat menaiki anak tangga, bisa dipastikan seseorang terkena Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

PPOK adalah penyakit yang ditandai dengan keterbatasan aliran udara di saluran nafas dan bersifat progresif. Penyebabnya adalah inflamasi paru akibat paparan gas berbahaya, rokok, asap polusi atau pembakaran. Gejalanya yaitu sesak nafas, batuk kronik, aktivitas memburuk dan kondisi paru-paru yang abnormal (menggembung). Menurut WHO, PPOK menduduki urutan ke-5 penyebab kematian.

“Penyakit ini dapat dicegah dan diobati, tapi tidak bisa disembuhkan. Dokter hanya bisa menolong, bukan menyembuhkan,” ujarnya. Menurut Prof Hadiarto, pemicu utama PPOK adalah rokok. “Jadi kalau nggak mau kena penyakit ini, kebiasaan pertama yang harus dihilangkan adalah rokok, kedua rokok, ketiga juga rokok,” ujar Hadiarto.

PPOK akan semakin parah kalau faktor-faktor penyebabnya tadi berada di ruang tertutup, seperti dalam ruangan. “Makanya itu kenapa orang-orang sekarang yang kena PPOK jauh lebih tinggi jumlahnya dibanding zaman dulu, itu karena orang sekarang lebih banyak tinggal di apartemen, selain karena polusi yang tinggi, terutama di Jakarta” ujarnya.

Asal tahu saja, meski penyebab utama PPOK adalah rokok, tapi orang yang tidak merokok pun bisa terkena. “Saya pernah punya pasien PPOK, dia tidak merokok dan lingkungan sekitarnya pun bebas dari asap rokok, tapi kenapa dia bisa kena? Setelah ditanya-tanya, ternyata dia punya kebiasaan membakar daun,” tutur Prof Hadi.

Orang yang terkena asap rokok atau perokok pasif pun bisa terkena. “Tapi nggak bener kalau ada yang bilang perokok pasif itu lebih parah dari perokok aktif,” tambahnya. Selain itu, gaya hidup dan lingkungan yang sehat juga bisa mencegah penyakit ini.

“Berhenti merokok, ciptakan udara bersih di rumah, hindari asap dan debu kendaraan, jangan memasang obat nyamuk bakar dalam tempat tidur, jaga kebugaran dengan latihan jalan, olahraga dan makan makanan sehat,” saran Hardiato.

“Jangan mentang-mentang sudah tua jadi nggak mau olahraga dan kerjaannya cuma baca koran, nonton TV atau tidur-tiduran. Bisa-bisa nanti nggak bangun-bangun lagi,” katanya.

Satu saran lagi dari Hadiarto adalah merokoklah di waktu tua, jangan waktu muda. “Kalau mau merokok, mulailah pada usia 60 tahun, karena udah nggak ada gunanya lagi hidupnya. Itu kenikmatan satu-satunya sebelum kembali ke tanah,” ujarnya sambil menyindir perokok.

Prof Hadiarto adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Ilmiah dan Penelitian Pengurus Pusat PDPI. Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Pelayanan Medis RSUP Persahabatan, President of the 14th Asia Pacific Congress on Diseases of the Chest (APCDC) tahun 1996.

Lahir di Cianjur, 18 Juli 1942. Alumnus SMA Negeri III Jakarta pada tahun 1960, melanjutkan ke FK UI Pendidikan Dokter Paru Bagian Pulmonologi tahun 1971, mendapat Surat Tanda Keahlian Dokter Paru pada 7 Januari 1971. Pernah mengikuti Pendidikan latihan Bronkoskopi, Research Institute of Tuberculosis, Japan Anti Tuberculosis Association, Tokya, Japan.

Karya-karya ilmiah yang dihasilkan berupa buku sejumlah 5 buah, karya ilmiah hasil penelitian yang dipublikasikan sebagi penulis utama sejumlah 12 buah, karya ilmiah lain yang dipublikasikan sebagai penulis utama sejumlah 16 buah, karya ilmiah hasil penelitian yang dipublikasikan sebagai penulis pembantu sejumlah 29 buah, makalah yang dipresentasikan pada pertemuan ilmiah tingkat nasional sejumlah 121 buah, dan makalah yang dipresentasikan pada pertemuan ilmiah tingkat internasionalsejumlah 24 buah.

(sehat/ZM/inilah)

Ini Dia yang Bikin Perut Buncit

Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Perut buncit tidak hanya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan, namun orang dengan berat badan ideal pun, seringkali memiliki perut yang buncit. Ini dia makanan yang bikin perut cepat buncit.

Makanan tinggi lemak adalah penyebab utama lemak berlebihan di perut. Kandungan lemak dalam makanan yang tidak tercerna dengan cepat disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Namun, bukan berarti harus menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak agar perut tidak buncit. Karena sebagian lemak termasuk lemak baik atau lemak sehat. Kira-kita makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar perut tidak buncit? Baca pos ini lebih lanjut

Empat Cara Mudah Hindari Flu

Influenza biasanya dikenal dengan sebutan flu, yang merupakan sebuah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah.Meski begitu, ketika mengalami flu, orang biasanya merasa sangat menderita. Mulai dari batuk, kedinginan,demam, mual dan bahkan muntah.

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa anda ikuti sehingga anda tak akan dengan mudah terserang flu.Lakukanlah empat hal dibawah ini seperti dikutip dari health.com.

Lebih banyak berada di luar

berada di luar dan menghirup udara segar merupakan cara termudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. hal itu juga sangat baik untuk kesehatan psikologis kita yang bisa mengurangi tingkat stress.Faktanya, tingkat stress yang tinggi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Baca pos ini lebih lanjut

Diam di Rumah Sebabkan Penyakit

Ingin menghindari masuk angin, jangan tinggal di dalam rumah. Begitu yang disarankan oleh ahli penyakit menular, Profesor Peter Collignon. Beberapa anggapan yang mengatakan bahwa cuaca dingin dan hujan di luar bisa menyebabkan sakit, ternyata sudah dianggap sebagai ‘ajaran’ kuno.

 “Anggapan bahwa lebih baik tinggal di dalam rumah ketika cuaca luar sedang dingin bukan hanya salah, namun berbahaya,” ujar pria yang juga direktur Penyakit Infeksi di Australian National University di Canberra.

 Ia menganggap orang yang berada di dalam rumah justru lebih berpotensi untuk sakit. Menurutnya, bukan kondisi cuaca yang membuat seorang menjadi sakit. Namun, ia menganggap respon terhadap suhu dingin itulah yang menyebabkan sakit. Di dalam ruangan, virus justru lebih berpotensi untuk tersebar. Baca pos ini lebih lanjut

20 RAHASIA Kesehatan dan Umur Panjang

1. Makan hanya pada saat SUNGGUH LAPAR.Mencerna makanan dengan baik agar tidak kembung atau kelelahan setelah makan.  Makan berlebihan (termasuk makan pada saat masih kenyang) adalah terlibat dalam sensual nafsu makan menyebabkan penyakit pikiran tubuh & insensitivitas rohani.2. PROPER ACID / Alkaline & YIN / YANG KESEIMBANGAN.

Makan lebih banyak buah & sayuran mentah dengan beberapa makanan yang dimasak dalam suhu hangat / panas. Anda bisa makan biji-bijian yang lebih matang, sup, kacang, kaserol di musim dingin, & makanan mentah lebih sedikit untuk menjaga keseimbangan internal hangat & baik dalam cuaca dingin. Baca pos ini lebih lanjut

Ciri-ciri Payudara yang Sehat

Bentuk payudara yang indah memang penting tapi jauh lebih penting jika payudara juga sehat. Payudara sehat itu artinya harus terbebas dari penyakit terutama kanker payudara dan berfungsi dengan benar. Bagaimana ciri-ciri payudara yang sehat?

Struktur payudara yang dimiliki perempuan sangat kompleks. Selain terdiri dari jaringan lemak dan ikat, payudara juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening serta struktur yang dikenal sebagai lobus dan lobulus.

Setiap payudara memiliki 12 sampai 20 bagian lobulus (kelenjar penghasil susu pada ujung lobus) dan duct (saluran susu). Disekitar puting, setiap duct melebar untuk membentuk suatu kantung (ampula). Baca pos ini lebih lanjut

Cara Mengenali Perilaku Pembohong

Ketika sedang berhadapan dengan seorang salesman, rekan baru atau pasangan kencan, orang dapat mengidentifikasi perilaku palsu lawan bicaranya. Karena ada beberapa tanda yang bisa dikenali dari orang yang berbohong.

Penelitian terbaru dari University of California, Berkeley menemukan seseorang hanya membutuhkan waktu 20 detik untuk mempercayai orang asing. Peneliti merekrut 24 pasangan dan meminta setiap orang untuk membicarakan saat-saat menyedihkan yang pernah dialami.

Sementara itu, kamera merekam reaksi pasangannya. Satu kelompok terpisah yang melihat rekaman video mampu mengenali kepura-puraan rasa iba pada salah satu pasangan hanya dalam waktu 20 detik.

Peneliti kemudian mengambil sampel DNA peserta penelitian dan menemukan bahwa sebanyak 60 persen dari peserta yang dianggap tidak tulus tidak memiliki reseptor gen genotipe GG yang berfungsi mengendalikan kasih sayang dan empati. Baca pos ini lebih lanjut

Kasus Don Bosco Bukti Pengetahuan Soal HIV Masih Rendah

 Stigma terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) terbukti masih sangat kuat tertanam di masyarakat.  Kasus yang menimpa Im, buah hati dari pasangan Fajar Jasmin Sugandhi dan Leonnie F Merinsca yang ditolak masuk ke SD Don Bosco merupakan efek dari masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS.  Baca pos ini lebih lanjut

Jangan Lupakan Kasus AIDS Remaja Kita

Hari AIDS Sedunia, 1 Desember menjadi momentum penting untuk merenungkan persoalan yang punya dampak luar biasa bagi masa depan bangsa, dan kita seolah-olah melupakannya. Banyaknya persoalan yang dihadapi negeri ini, aneka kegaduhan di kalangan elite kekuasaan, sepertinya menutupi sebuah ancaman besar. Kasus Human Immuno Deficiency Virus (HIV/) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), mencapai angka luar biasa. Tahun 2011, Indonesia meningkat tercepat di ASEAN, dan korban virus mematikan ini sebagian besar adalah remaja, generasi emas kita. Baca pos ini lebih lanjut

Ratusan Belatung Suah Diangkat dari Kepala Faisal

Muhamad Faisal (1,5 tahun) , bayi malang itu terbaring lemah di ruang Cendrawasih 2 RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Selasa (29/11). Sebab, saraf di kepalanya tengah digerogoti oleh belatung.

Sang ayah, Suryadi mengaku hanya bisa pasrah melihat kondisi anak kesayangannya. “Saya hanya bisa pasrah saja, ketika 200 lebih ulat belatung dikeluarkan dari kepala Faisal,” ungkap Suryadi lirih.
Faisal adalah anak keenam dari pasangan Suryadi dan Ngaini. Keseharian Suryadi, hanya bekerja sebagai buruh penjaga kebun kelapa sawit di daerah Simpang Lima Petani, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Baca pos ini lebih lanjut

Apa Penyebab Demam dan Bagaimana Mengatasinya?

Demam memang bukan penyakit, tetapi merepotkan bila tidak diatasi dengan baik. Demam juga bisa merupakan tanda bahwa kita menderita penyakit tertentu. Karena itu, demam merupakan alat pemberitahu bagi kita sendiri.

Biasanya penyebab demam sudah bisa diketahui dalam waktu satu atau dua hari. Kalau Anda menduga penyebabnya bukan penyakit karena virus, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Berikut beberapa penyebab umum timbulnya demam: Baca pos ini lebih lanjut

Inilah 22 Merek Kopi Berbahaya Bercampur Obat

Dari hasil sampling yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap 56 produk kopi dalam kemasan, ditemukan 22 produk yang positif mengandung Bahan Kimia Obat (BKO).

Berikut ini adalah 22 merek kopi yang positif mengandung bahan kimia tersebut. Di dalam kopi-kopi ini, ada yang positif dicampur dengan zat aktif  Viagra yakni sildenafil, atau pun zat aktif obat Cialis yakni tadalafil :
Baca pos ini lebih lanjut

Mau Fit di Kantor, Coba Tips Berikut Ini

Rasa kantuk atau lelah saat jam kantor mungkin sering dialami kebanyakan pekerja kantoran. Hal ini bisa disebabkan kurangnya tidur di malam hari, atau energi tubuh yang belum terisi penuh. Agar selalu segar sepanjang hari di kantor, lakukanlah enam tips ini, seperti yang dikutip dari msnbc.

1. Biasakan Sarapan
Sarapan dengan makanan yang kaya akan serat membuat seseorang menjadi lebih siaga. Sebuah studi di Cardiff University mengatakan bahwa objek studi yang memakan sereal kaya serat di pagi hari menunjukkan tingkat kelelahan menurun 10 persen. Selain itu, mereka juga tidak mudah mengalami depresi dan keterampilan kognitifnya meningkat.

2. Coffee Latte Ukuran Kecil
Menurut ahli perilaku tidur, Harris R. Lieberman, PhD, meminum kopi 200 gram setiap jam akan membantu Anda tetap terjaga, waspada dan fokus dibandingkan langsung menghabiskan satu kopi ukuran besar sekaligus. “Ketika Anda meminum kopi besar dengan cepat, kafein akan memuncak pada aliran darah dengan cepat dibandingkan jika Anda meminumnya seteguk demi seteguk,” ujar Harris.

3. Makan Lebih Sering
Jika Anda biasanya hanya makan tiga kali dalam sehari, maka pada saat kekurangan energi di kala bekerja, sebaiknya Anda makan lebih banyak dari hari biasanya. Namun makanlah dengan porsi yang kecil. Setiap makanan harus mengandung beberapa karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh.

4. Minum Air Putih
“Setengah dari orang yang datang ke saya dan mengeluh soal kelelahan ternyata mengalami dehidrasi,” ujar Woodson Merrell, MD,direktur eksekutif di Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York. Menjaga diri agar tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah untuk tetap berenergi dan tetap fokus.

5. Minum Teh
Teh juga bisa menjadi alternatif selain air dan kopi untuk melawan kelelahan. Sebuah studi di University College London melaporkan bahwa kafein dan asam amino L-theanine yang terdapat pada teh mengurangi kelelahan pada mental dan meningkatkan kewaspadaan, reaksi dan ingatan. Orang yang meminum kopi empat kali sehari selama enam hari mempunyai tingkat hormon stres yang lebih rendah.

6. Berjalan
Sempatkanlah berjalan-jalan selama jam kantor, minimal 5-10 menit. Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang melakukan jalan cepat selama 70 menit dalam seminggu (10 menit sehari) mendapatkan 18 persen energi lebih banyak daripada yang tidak. Mereka juga merasa pikirannya lebih jernih dan percaya diri.

(sehat/ZM/tribun)

Memperbaiki Kwalitas Sperma dan Kesuburan Para Pria

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kurangnya makanan bergizi dan kegemukan bisa memperendah konsentrasi sperma dan mempengaruhi kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur. Para ilmuwan pun mendorong pria untuk mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian untuk meningkatkan peluang berhasilnya pembuahan di luar kandungan.

Di masa lalu, masalah kesuburan wanita dihubungkan dengan kegemukan, kebiasaan merokok dan minum alkohol, tetapi hal tersebut tidak begitu jelas hingga akhirnya diketahui bahwa hal yang sama terjadi pada pria. Baca pos ini lebih lanjut

Jika tubuh terasa capek dan stres namun tidak ingin meminum obat, pijat dapat menjadi solusi. Tidak banyak orang yang tahu bahwa teknik pijat sebenarnya ada berbagai macam dan khasiatnya.

Kenalilah jenis-jenis pijat ini sebelum mengunjungi atau memanggil jasa pemijat sehingga Anda lebih tahu khasiatnya. Seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (24/11/2011), berbagai teknik pijat antara lain:

1. Shiatsu
Shiatsu berasal di Cina hampir 8000 tahun yang lalu sebelum menyebar ke penjuru Asia dan kemudian ke Barat. Menurut praktek medis Cina, tubuh mengandung chi atau energi yang mengalir melalui jalur khusus yang disebut meridian.

Praktisi Shiatsu memanipulasi chi melalui titik-titik akupunktur untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Shiatsu dianggap sebagai pijat terapi dan dapat digunakan untuk membantu berbagai kondisi nyeri punggung hingga gangguan mood.

“Shuiatsu dapat diberikan pada orang yang sehat. Banyak orang menggunakan shiatsu untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuhnya, baik secara fisik dan emosional,” kata Anne McDermott yang telah berlatih shiatsu selama 25 tahun.

Shiatsu paling umum digunakan untuk meredakan kekakuan otot dan tulang seperti nyeri punggung dan tulang panggul, sakit kepala dan sakit akibat cedera atau pembedahan.

2. Pijat Swedia
Meskipun namanya Swedish, teknik ini sebenarnya berasal dari Belanda sebelum secara resmi dikembangkan di Swedia sekitar 200 tahun yang lalu.

Pemijatan di seluruh tubuh digunakan untuk mengurangi stres.Teknik pijat ini menggunakan kombinasi pukulan yang lama, peremasan, pemukulan melingkar dan terlihat seperti gerakan memotong dalam karate untuk meredakan ketegangan otot.

“Pijat Swedia pijat menenangkan untuk relaksasi. Banyak orang melakukannya semata untuk kesenangan,” kata Catherine Boller, praktisi darei Sydney yang juga mengajar dan mempraktekkan gaya pijat lainnya.

Pijat Swedia dapat membantu siapa saja yang merasa stres atau tegang. Biasanya, dalam pemijatan ditambahkan beberapa minyak esensial untuk mempercepat dan meningkatkan relaksasi.

Pemijatan bisa berlangsung sampai satu setengah jam, sangat cocok bagi orang-orang yang merasa stres atau kelelahan dan sulit nerasa santai.

3. Pijat Remedial
Merupakan pengobatan yang spesifik ditujukan untuk otot yang tegang dan sendi yang kaku. Pijat ini dapat dilakukan pada bagian tubuh yang sakit akibat terlalu lama atau sering digunakan, trauma, posisi tubuh yang buruk, atau stres yang terlalu banyak.

Teknik ini menargetkan sendi dan otot lebih dalam, mengurangi gejala, dan menangani penyebab masalahnya. Tergantung pada sifat dan kondisinya, pijat remedial dapat diberikan dalam taraf lembut atau kuat.

Remedial juga dapat digunakan untuk membantu fisioterapi atau osteopati menghilangkan trauma nyeri seperti akibat kecelakaan mobil.

4. Drainase limfatik
Pijat ini digunakan untuk mengobati penyumbatan cairan sistem getah bening. Dengan sentuhan ringan, terapi drainase limfatik menargetkan wilayah tertentu dan membantu pergeseran cairan getah bening dari daerah yang bengkak.

Pemijatan dilakukan dengan cara gerakan yang lambat dan berulang pada daerah yang terkena tanpa menggunakan minyak atau lotion

Boller melihat sejumlah pasien mengalami penyumbatan kelenjar getah setelah operasi serta wanita hamil yang mengalami pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Namun menurutnya, drainase limfatik juga dapat digunakan untuk sejumlah kondisi seperti hidung mampet dan jerawat.

“Anda dapat menggunakannya untuk kondisi apa pun, di mana saja di mana terdapat peradangan di dalam tubuh,” kata Boller.

5. Refleksologi
Refleksologi menggunakan tekanan di tangan, kaki dan telinga untuk membantu mengurangi masalah di bagian lain pada tubuh. Dalam refleksologi, tubuh dibagi menjadi 10 zona yang terhubung dengan telinga, kaki, dan tangan.

“Ketika melakukan teknik refleksologi dengan ibu jari, organ atau jaringan lain di bagian yang terhubung akan terangsang,” kata pakar reflexologi dari Sydney, Lucy Campbell.

Menurut Campbell, metode ini baik digunakan untuk orang-orang yang mengalami penyakit lemahnya sistem kekebalan tubuh seperti HIV / AIDS atau kanker. Refleksiologi dapat membantu pasien memperoleh kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa pasien Campbell datang untuk relaksasi karena merasa stres dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, metode ini sesuai orang-orang yang tidak nyaman untuk melepas pakaiannya ketika dipijat.

6. Ayurveda
Ayurveda adalah pengobatan tradisional India. Ayur berarti kehidupan dan veda berarti pengetahuan. Dalam pijat ayurveda, sejumlah besar minyak ramuan hangat digosok pada tubuh oleh satu hingga empat praktisi Ayurveda.

Berbagai minyak berbeda digunakan sesuai dengan kondisi pasien. Dalam Ayurveda, terdapat 107 titik marma atau energi vital yang dirangsang dengan berbagai cara untuk meningkatkan aliran energi di sekitar tubuh.

Ayurveda dapat membantu orang dengan tingkat energi yang rendah, kualitas tidur yang buruk, tekanan darah tinggi, atau masalah berat badan. Menurut seorang spesialis Ayurveda, Dr. Shaun Matthews, banyak orang menggunakan teknik pijat ini untuk melengkapi kesehatannya secara keseluruhan.

“Saya melihat banyak orang yang sangat sakit serta ada juga orang sehat, tetapi hanya ingin memperbaiki kesehatan mereka yang sudah cukup baik,” kata Dr. Matthews.

7. Pijat Olahraga
Pijat olahraga secara khusus digunakan untuk mengobati cedera dan keseleo dan terkadang dapat menyakitkan. Teknik ini bekerja dengan cara menghilangkan tekanan dan ketegangan yang terjadi pada jaringan lunak dan otot selama aktivitas fisik.

Teknik pijat olahraga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan seseorang serta meminimalkan kemungkinan cedera.

Pijat ini dirancang untuk meringankan dan mencegah kondisi yang diakibatkan olahraga, dari pembengkakan dan ketegangan otot hingga otot keselo atau terpelintir. Pemijatan ini dapat dilakukan sebelum, selama atau setelah latihan. Baca pos ini lebih lanjut

Swasta Didorong Perluas Layanan Jamkesmas

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengajak rumah sakit-rumah sakit swasta meningkatkan jumlah layanan kelas III. Rumah sakit swasta juga diminta bekerja sama menerima pasien dengan layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat dan Asuransi Kesehatan.

“Saat ini, baru 300-an rumah sakit yang ikut program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) dan Askes. Kami harap peranan swasta di sini diperluas,” ucap Endang di sela pertemuan bulanan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Tenaga Kerja, Pendidikan, dan Kesehatan, Rabu (23/11/2011), di Jakarta. Baca pos ini lebih lanjut

Kebiasaan yang Harus Dihindari Pemakai Softlens

Jumlah penjualan lensa kontak (soft lens) makin hari terus meningkat, terutama di Asia. Sayangnya kepopuleran penggunaan softlens tersebut tidak dibarengi dengan kebiasaan higienis.

Malas membersihkan softlens atau tidur dengan softlens masih terpasang merupakan sedikit dari kebiasaan yang meningkatkan risiko infeksi mata. Berikut adalah daftar kebiasaan buruk yang sebaiknya dibuang jika Anda ingin menjaga kesehatan mata. Baca pos ini lebih lanjut

Virus HIV/AIDS Menjangkiti 4.827 Warga Jakarta

Penderita HIV/AIDS di DKI Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Pemprov DKI Jakarta, Rohana Manggala di Kedai Nyonya Jakpus Kamis (24/11/2011).

“Berdasarkan sumber Seksi Surveilans Epidemilogi HIV/AIDS Dinas Kesehatan DKI Jakarta tahun 2010 total ada 4318 kasus HIV/AIDS dan hingga Juni tahun 2011 ada 4827 kasus,” jelas Rohana.

Selanjutnya Rohana juga mengatakan mengigat kondisi penderita HIV/AIDS yang semakin banyak harus tetap menjadi semangat semua orang untuk lebih meningkatkan frekuensi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat. Baca pos ini lebih lanjut

Heboh ‘Permen Mabuk’ Mengandung Alkohol

Pejabat Departemen Kesehatan Florida, Amerika Serikat, mengingatkan sejumlah guru untuk memperketat pengawasan terhadap anak didik. Mereka khawatir dengan munculnya tren konsumsi alkohol melalui permen.

Seperti dikutip dari ABC News, sejumlah anak muda sekolah menengah semakin pintar mengelabui orangtua dan guru. Mereka bisa leluasa mencicip minuman keras dengan mengulum permen yang sudah mereka rendam di dalam minuman mengandung alkohol.

Sebuah kelompok nirlaba, Lake County Safe Climate Coalition, telah melakukan penelitian. Mereka membuktikan bahwa konsumsi permen tersebut bisa membuat mabuk. “Tentu saja, kami mencobanya,” kata Direktur Eksekutif kelompok itu, Debi MacIntyre. Baca pos ini lebih lanjut

Anda Bergolongan Darah AB dan B?, Wajib Baca Artikel Ini!

Golongan darah seseorang ternyata ikut berpengaruh pada risiko terkena stroke. Orang-orang yang bergolongan darah AB dan wanita bergolongan darah B lebih rentan terkena stroke dibandingkan dengan orang berdarah O.

Walau tidak bisa dibuktikan hubungan langsung, namun menurut penelitian golongan darah A, B, dan AB lebih rentan mengalami penyumbatan darah di bagian kaki. Sedangkan tipe darah O lebih mudah mengalami perdarahan sehingga tidak mudah menderita penyumbatan darah, penyebab utama stroke. Baca pos ini lebih lanjut

Alergi Vaksin, Gadis ini Tertidur 23 Jam/hari

Mulanya Steve dan Pauline Hinks sangat percaya dengan pentingnya suntikan vaksin yang ditawarkan untuk melindungi putri mereka, Lucy, dari kanker serviks. Namun belakangan, mereka yakin suntikan itu justru menjadi biang penyakit misterius yang membuat Lucy tidur sampai 23 jam sehari.

Sebelum menerima vaksin, Lucy yang masih berusia 13 tahun sangat sehat, dan memiliki catatan prestasi yang cukup baik di sekolahnya. Namun, semua berubah setelah ia menerima suntikan Cervarix di sekolahnya.  Baca pos ini lebih lanjut

Kementerian Kesehatan Tegur RS yang Tangani Bayi Nisza

Kementerian Kesehatan memberikan teguran kepada Rumah Sakit Mitra Anugerah Lestari (MAL), Kota Cimahi, Jawa Barat sehubungan kasus meninggalnya pasien Nisza Ismail (8 bulan) .

“Kemenkes menyesalkan kurangnya komunikasi antara pihak RS MAL dengan keluarga pasien, hingga terjadi kesalahpahaman dan buruknya citra pelayanan RS. Untuk itu, Kemenkes meminta RS MAL melakukan pembenahan pelayanan bagi masyarakat tidak mampu/ miskin dan administrasi gawat darurat,” kata Sekretaris Ditjen Bina Upaya Kesehatan dr H Kuntjoro Adi Purjanto MKes dalam siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.

Nisza Ismail, anak pasangan Martin Ismail (27) dan Susan Kania (29) meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Anugerah Lestari (MAL) pada tanggal 24 Oktober setelah dirawat sehari di rumah sakit itu.

Martin Ismail dalam pernyataannya kepada wartawan setempat  menyatakan pihak rumah sakit sengaja memperlambat memberikan obat dan penanganan lainnya kepada anak keduanya tersebut karena dirinya tidak mempunyai uang untuk membayar biaya administrasi ruangan dan tebusan obat sebesar Rp500 ribu.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan telah meminta keterangan tertulis mengenai kronologi kejadian tersebut.

Setelah melakukan penilaian, Kuntjoro menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan telah meminta agar RS MAL melakukan evaluasi kinerja dan audit medis terhadap pelayanan kesehatan.

“Selain itu, perlu meningkatkan pelayanan mutu RS didasarkan pada standar pelayanan RS dan standar operasional prosedur yang berorientasi kepada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan,” ujar Kuntjoro.

Ia melanjutkan bahwa berdasarkan Undang-Undang RI No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 29 ayat (1) huruf (f) menyatakan, setiap RS wajib melaksanakan fungsi sosial diantaranya memberikan fasilitas pelayanan pasien tidak mampu/miskin dan pelayanan gawat darurat tanpa uang muka.

“Kementerian Kesehatan menyesalkan kejadian ini dan berharap agar tidak terulang kembali. RS perlu bertindak profesional namun manusiawi,” kata Kuntjoro.

Sebelumnya, Menkes juga telah menegaskan bahwa di setiap rumah sakit seharusnya pasien dilayani terlebih dahulu, terlepas dari permasalahan biaya. Baca pos ini lebih lanjut

Dinkes Tanggung Biaya Pengobatan Bayi “Menangis Darah”

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, akan menanggung semua biaya pengobatan, Muhammad Rehan yang mengeluarkan darah saat menangis.

“Biaya pengobatan Rehana akan ditanggung oleh Pemkab Tangerang melalui Dinas Kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni di Tangerang, Rabu.

Muhammad Rehan mengalami sakit yang berbeda dari biasanya. Setiap kali menangis, anak pasangan dari Andri Riyanto (26) dan Siti Muamalah (22) itu, mengeluarkan darah setiap kali menangis keras.

Sejak dilahirkan 21 Oktober 2011, Rehan yang tinggal di Gang Masjid III, Kampung Kadu Sabrang RT 003 RW 02, Cikupa, Kabupaten Tangerang sudah empat kali menangis mengeluarkan darah dari kedua kelopak matanya.

Ditambahkan Naniek bila hasil pemeriksaan saat ini, penyakit yang diderita Rehan disebabkan adanya infeksi.
Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara dan hasil laboratorium, Rehan tidak mengalami kelainan di matanya.

“Hasil pemeriksaan kita, kondisi Rehan masih normal. Kesehatannya juga baik-baik saja sehingga hanya melakukan rawat jalan,” katanya.

Naniek mengatakan penyebab infeksi mata yang dialami rehan bisa terjadi saat dia masih dalam kandungan atau setelah dia lahir.  Baca pos ini lebih lanjut

Mengubah Lemak Jahat Jadi Sahabat

Para ilmuwan mengklaim, mereka berhasil menemukan cara untuk mengubah lemak tubuh menjadi tipe lemak baik yang bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Tim ilmuwan dari John Hopkins Amerika Serikat membuat terobosan tersebut terhadap tikus di laboratorium. Mereka yakin, hal yang sama bisa dilakukan pada manusia sehingga kelak jalan keluar mengatasi obesitas akan ditemukan. Baca pos ini lebih lanjut

Minuman Manis Memicu Sakit Jantung

 Bagi Anda perempuan yang gemar menenggak minuman manis sebaiknya lebih waspada. Riset terbaru menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi minuman manis ternyata dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung.

Menurut hasil penelitian terbaru yang dipresentasikan pada American Heart Association (AHA) Scientific Session 2011 di Orlando, Florida, AS, kaum Hawa yang mengonsumsi dua gelas atau lebih minuman manis setiap hari, bahkan jika mereka memiliki berat badan normal, mengalami peningkatan risiko  penyakit jantung dan diabetes. Minuman manis yang dimaksud di sini adalah minuman seperti soda berkarbonasi atau air dengan tambahan gula. Baca pos ini lebih lanjut

Wanita ini Fobia Tangga Selama 38 Tahun

Kepala Louise Wilson, 43, langsung terasa sakit dan berputar-putar, tangannya berkeringat, dan perutnya mual tiap kali berada di dekat tangga. Baginya, tangga adalah sesuatu yang sangat menyeramkan dan ia merasa kembali sehat bila tak berada di sekitar anak tangga.

Akibat fobianya pula, selama 38 tahun Louise harus melewatkan banyak hal dalam hidupnya. Dia harus menolak banyak pekerjaan karena kantornya tidak menggunakan lift. Wanita ini juga hanya bisa bertemu guru putranya di lantai satu sekolah.

Dalam salah satu episode yang paling mengerikan, Louise harus bersimpuh sambil menyeret tubunya menuruni tangga. Saat itu, lift di toko yang dia kunjungi mati sehingga semua pengunjung harus turun tangga.
Baca pos ini lebih lanjut

Misteri Air Mata Darah Bayi di Tangerang

Mungkin Anda sering mendengar istilah ‘menangis darah’ untuk menunjukkan takar kesedihan yang luar biasa. Namun di Tangerang, ada seorang bayi yang benar-benar mengeluarkan darah dari matanya saat menangis. Namanya, Muhamad Rehan. Bayi yang lahir 21 Oktober 2011 itu sudah lima kali mengeluarkan air mata darah saat menangis kencang. Pertama kali saat ia berusia lima hari. Orangtua sempat mempat membawanya ke dokter spesialis mata di Kabupaten Bojong, Tangerang. Namun, tak ada diagnosis yang mereka terima. Baca pos ini lebih lanjut

Berbagai Khasiat Mengkudu dari Beberapa Hasil Penelitian Ilmiah

Riset medis tentang Mengkudu atau Noni dimulai setidaknya pada tahun 1950, ketika jurnal ilmiah Pacific Science melaporkan bahwa buah Mengkudu menunjukkan sifat anti-bakteri terhadap M. pyrogenes, P. Aeruginosa, dan bahkan E. coli yang mematikan itu.

Studi dan penelitian tentang Mengkudu terus dilakukan oleh berbagai lembaga penelitian dan universitas. Sejak tahun 1972, Dr. Ralph Heinicke, ahli biokimia terkenal dari Amerika Serikat mulai melakukan penelitian tentang alkaloid xeronine yang terdapat pada enzim bromelain (enzim pada nenas). Ia kemudian menemukan bahwa buah Mengkudu juga mengandung xeronine dan prekursornya (proxeronine) dalam jumlah besar. Xeronine adalah salah satu zat penting yang mengatur fungsi dan bentuk protein spesifik sel-sel tubuh manusia. Baca pos ini lebih lanjut

Bahaya Merkuri dalam Lampu Neon

Lampu hemat energi yang biasa kita kenal dengan sebutan lampu neon, lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp), lampu TL (Tube Luminescent) merupakan lampu yang banyak digunakan untuk menggantikan lampu pijar. Hal tersebut dikarenakan untuk menghasilkan terang yang sama lampu neon membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan lampu pijar, dengan menggunakan lampu neon kita bisa menghemat energi 80%, mengurangi emisi gas CO2 dan mencegah global warming. Baca pos ini lebih lanjut

Lagi, Tips Panjang Umur untuk Pasutri

Hubungan seks bisa memberi beberapa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan menurut hasil studi terbaru, sering bercinta dengan “pasangan resmi” bisa memperpanjang usia seseorang hingga delapan tahun, jika ditelaah dari sisi medis.

Secara logika, melakukan aktivitas bercinta secara rutin akan meningkatkan hormon, kesehatan jantung, kekuatan otak dan memperkuat sistem imun tubuh. Namun perlu digarisbawahi, bukan hanya frekuensi bercinta saja yang penting, tapi kualitas juga diperhatikan. Apa yang membuat aktivitas bercinta ini baik untuk kesehatan? Baca pos ini lebih lanjut

Waspadai Penyakit Trigeminal Neuralgia

Bila Anda tiba-tiba merasakan wajah seperti terkena sengatan listrik atau ditusuk-tusuk atau gigi terasa linu sesaat dan berulang-ulang, jangan buru-buru datang ke dokter gigi apalagi minta dicabut. Sebab, mungkin Anda tengah mengalami penyakit langka, yaitu trigeminal neuralgia. Penyakit ini adalah gangguan pada saraf wajah atau saraf kepala yang kelima. Baca pos ini lebih lanjut

Mengapa Penting Menikmati Hubungan Seks yang Rileks dengan Pasangan?

Pasangan menikah yang merencanakan kehamilan seringkali menjadikan seks sebagai kewajiban. Memanfaatkan masa subur untuk berhubungan seks menjadi salah satu cara yang memang dianjurkan. Namun bukan lantas seks menjadi serba terencana, dan mengabaikan unsur kesenangan juga rileksasi.

Aktivitas seks tak lagi menyenangkan karena ada beban. Stres kemudian muncul dan semakin menjadi, jika kemudian uji test pack tak menunjukkan tanda positif hamil.

Padahal jika ingin hamil, Anda dan pasangan harus rileks, termasuk dalam aktivitas seks. Kuncinya, jangan melakukan hubungan seks hanya dengan satu fokus atau tujuan, yakni untuk hamil. Anda dan pasangan harus tetap mengeksplorasi aktivitas seks dengan cara menyenangkan dan suasana santai. Lakukan hubungan seks tanpa iming-iming lain, kecuali intimasi dan relaksasi. Jadikan seks sebagai aktivitas menyenangkan bagi Anda dan suami.

Bagi pasangan yang bekerja, mungkin sulit untuk berlama-lama menikmati seks setiap kali berhubungan intim. Namun, Anda dan pasangan perlu tetap mengupayakan untuk menikmati hubungan seks dengan cara menyenangkan.

Pasalnya, relaksasi adalah esensi dari proses kehamilan. Stres bedampak negatif terhadap tubuh. Karenanya, usahakan untuk rileks di segala suasana termasuk saat berhubungan seks jika ingin berhasil hamil.

Cara menikmati seks
Banyak cara untuk melakukan hubungan seks dengan menyenangkan bukan sebagai keharusan untuk hamil. Seperti, saat berhubungan seks, fokusnya bukan langsung pada intercourse.

Misalnya, Anda dan dia secara bergantian memberikan sentuhan lembut, pijatan erotis, sebelum intercourse. Nyalakan lilin, jika suka pilih aromaterapi dengan wangi lembut dan menenangkan. Atur pencahayaan di kamar untuk menciptakan suasana romantis. Pasang musik favorit Anda dan dia yang memberikan efek relaksasi dan membangkitkan gairah. Cara-cara seperti ini bisa meredakan ketegangan, dan membuat fisik juga pikiran lebih rikes, saat Anda melakukan hubungan seks.

Cara lainnya, Anda dan pasangan juga bisa mengeksplorasi pengalaman seks yang berbeda. Jika merasa nyaman, sex toys terkadang juga diperlukan untuk menambah gairah dan memberikan sensasi seksual yang berbeda. Baca pos ini lebih lanjut

Khasiat Kecambah Bagi Kesehatan

Kecambah atau disebut juga tauge merupakan tunas muda dari biji kacang-kacangan yang disemaikan, yang paling populer adalah kacang kedelai dan kacang hijau, selain itu kacang merah dan hiris juga umum dikecambahkan. Rasanya yang enak, kandungan gizinya yang lengkap dan cara pembuatannya yang mudah membuat kecambah ini umum dijumpai dimana-mana, terutama di pedesaan dan pasar tradisional.

Kecambah merupakan “gudang” nutrisi yang nilai gizinya jauh berlipat-lipat dibanding buah atau daunnya. Kacang yang dikecambahkan, kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C-nya meningkat mulai dari 2,5 sampai 3 kali lipat.Protein kecambah lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji kacang aslinya. Selama proses berkecambah, terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kenaikan kadar asam amino di dalam kecambah. Baca pos ini lebih lanjut

Agar Makanan Panggang Tak Picu Kanker

Saat libur atau ada acara kumpul keluarga, aktivitas memanggang makanan bersama memang seru. Tetapi, tentu Anda sudah tahu kalau makanan yang dipanggang mengandung zat karsinogen pemicu kanker.

Agar makanan yang Anda bakar tetap sehat sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Denise Snyder, peneliti gizi dari Duke School of Nursing, Amerika Serikat, membagi trik mudah untuk mengurangi zat karsinogen pada makanan yang dipanggang. Berikut lima triknya, seperti dikutip dari Bon Appétit Magazine:

1. Tambahkan menu sayur 
Jangan hanya memanggang daging atau ikan. Panggang juga sayuran sebagai makanan pendamping. Beberapa sayur justru memiliki rasa yang lebih lezat jika dipanggang. Seperti tomat, jagung atau paprika.

2. Jangan terlalu lama

Perpendek waktu memanggang dengan menggunakan termometer khusus untuk pemanggang. Ini untuk memastikan makanan tidak terlalu lama dipanggang.

3. Jangan lupa balik makanan
Agar makanan yang dipanggang tidak terlalu hangus hingga menghitam, baliklah secara teratur. Bukan hanya menghindari makanan menjadi hitam dan mengurangi zat karsinogen, tetapi juga agar matang merata.

4. Hilangkan lemak

Jika memanggang daging, sebaiknya hilangkan lemaknya. Atau setidaknya kurangi, karena lemak pada daging membuatnya mudah menghitam.

5. Marinasi

Rendam daging, ikan atau makanan lain yang akan dipanggang dengan saus marinasi. Diamkan hingga saus meresap. Bukan hanya agar rasanya lebih nikmat tetapi juga bisa mengurangi zat pemicu kanker.

(sehat/ZM/viva)

Awas! Makanan yang Dipanggang Picu Resiko Kanker Dua kali Lipat

Banyak orang senang menikmati makanan yang dipanggang dan ada banyak restoran yang menyajikan hidangan makanan dengan cara dipanggang. Tetapi, para ilmuwan mengatakan bahwa pilihan terhadap makanan yang terolah itu dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan yang direbus, memasak makanan dengan memanggang bisa meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat, meskipun dagingnya dimasak hingga matang. Para ilmuwan menemukan bahwa daging yang dipanggang atau digoreng menyebabkan mutasi karsinogenik pada permukaan makanan itu. Baca pos ini lebih lanjut

Waspada, Pornografi Bisa Merusak Hasra Birahi Para Pria

Ini adalah peringatan buat para lelaki yang keranjingan pornografi. Studi terbaru menunjukkan, kebiasaan mengakses atau menyaksikan situs porno di usia muda ternyata bisa sangat merugikan bagi kehidupan seksual di masa dewasa.

Laporan terbaru para ahli yang tergabung dalam Italian Society of Andrology and Sexual Medicine menyatakan, banyak pria yang sudah mengakses pornografi sejak usia belia (sekitar usia 14) mengalami gangguan libido pada usia 20-an. Mereka kecanduan pornografi setiap hari sehingga mengalami penurunan gairah seksual, bahkan ada yang sampai tidak mampu ereksi.

Seperti dilaporkan kantor berita Italia ANSA, kesimpulan ini didasarkan atas hasil penelitian yang melibatkan 28.000 responden. Menurut para ahli, gangguan yang dialami pria ini dapat dikategorikan sebagai anoreksia seksual.

Di mata konselor dan psikolog Marnia Robinson, penulis buku Cupid’s Poisoned Arrow: From Habits to Harmony in Sexual Relationships, fenomena lelaki kecanduan pornografi ini bukanlah hal baru.

Menurutnya, tak sedikit pria saat ini mengalami masalah libido karena sudah terjebak dalam pornografi. Robinson, yang beserta suaminya Gary Wilson membuat situswww.yourbrainonporn.com, menyatakan, fenomena ini dapat dilihat dari ratusan thread diskusi dalam situs tersebut di mana pengakses dari 25 negara mengakui mengalami masalah dan gejala gangguan seksual ini.

“Banyak anak muda sekarang tumbuh berkembang bersama akses pornografi internet kecepatan tinggi. Survei (di Italia) ini cocok dengan apa yang kami pantau selama bertahun-tahun bahwa para lelaki ini mengalami gejala kecanduan,” kata Robinson.

Fakta ini, menurut American Society of Addiction Medicine, telah menempatkan pornografi menjadi sebagai salah satu bentuk pemicu adiksi yang perlu ditangani. Dalam definisi yang dirilis pada April lalu disebutkan, perilaku apa pun yang sifatnya memberikan imbalan atau penghargaan dan tidak sebatas barang dapat menimbulkan adiksi atau kecanduan, termasuk di antaranya “aktivitas seksual”.

“Inilah apa yang kita sebut dengan proses adiksi,” ungkap David Smith, MD, mantan Presiden American Society of Addiction Medicine dan penulis buku Unchain Your Brain.
“Bukti menunjukkan, Anda bisa menjadi kecanduan terhadap dopamin. Perilaku seperti pornografi, makan atau berjudi melepaskan hormon dopamin dan semua ini dapat memicu adiksi. Itulah sebabnya kami memasukkannya dalam definisi baru,” jelas Smith.

Menurut Wilson, internet akan membuat akses terhadap pornografi menjadi sangat mudah sehingga memudahkan otak terhubung dengan sejenis stimulus visual. Pornografi jenis baru ini akan mempercepat pengeluaran hormon dopamin, tetapi juga dapat menyebabkan seseorang ketergantungan dan tak bisa mencapai kepuasan.

“Oleh karenanya, ketika mereka berada di tempat tidur bersama pasangan dengan kondisi lampu gelap, mereka tidak akan mendapatkan stimulus visual yang mereka butuhkan sehingga tidak bisa melakukannya,” ujar Robinson.

Meski demikian, gangguan seksual ini masih dapat diatasi melalui terapi. Menurut Robinson, waktu untuk menyembuhkan anoreksia sekual pada setiap individu bervariasi.
“Untuk lelaki dewasa perlu waktu sekitar 8 pekan untuk terapi penyembuhan. Tetapi untuk lelaku muda, di usia 20-an yang kecanduan pornografi perlu waktu 3 hingga 4 bulan karena mereka tidak terhubungan dengan pasangan dan sentuhan nyata sewaktu muda,” ujarnya.

(sehat/ZM/tribun)

Hindari 4 Kebiasaan Ini Agar Tidur Nyenyak

Kekurangan tidur berdampak pada banyak hal, mulai dari gangguan konsentrasi hingga meningkatkan risiko serangan jantung. Karena itu memiliki tidur yang berkualitas sangatlah penting.

Meski begitu ternyata ada banyak kebiasaan kecil yang bisa merusak kualitas tidur di malam hari. Bila Anda sering mengalami kesulitan memejamkan mata, hindari 6 hal berikut ini. Baca pos ini lebih lanjut

Dekat Dengan Guru Cegah Anak Berperilaku Agresif

Hubungan yang baik antara guru dengan murid ternyata dapat melindungi anak dari ekspresi agresi atau pun korban dari agresi. Agresi adalah tingkah laku yang ditunjukkan oleh individu dengan maksud melukai atau mencelakakan individu lain dengan atau tanpa tujuan tertentu.

Temuan ini dipublikasikan dalam journal Child Development, berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas satu di Kanada. Penelitian diigagas para ahli dari University of Quebec di Montreal, Laval University, University of Alabama, University of Montreal, dan University College Dublin.

“Perilaku agresif pada anak sebagian diketahui karena ada faktor genetik, namun pengaruh genetik terhadap perilaku biasanya tidak bersifat independen (sendiri), melainkan juga ada pengaruh lingkungan,” kata Mara Brendgen, profesor psikologi dari University of Quebec, Montreal, Kanada sekaligus sebagai pemimpin penelitian

Para peneliti mempelajari 217 pasang anak kembar identik di Kanada dan kembar fraternal (non-identik) pada usia 7 tahun untuk menyelidiki hubungan antara nature (bawaan alami) dan nurture (pengasuhan) terkait penyebab agresi pada anak. Pasangan kembar tersebut tidak berada pada kelas yang sama, dan memiliki guru yang berbeda dan teman sekelas yang berbeda.

Studi ini menemukan bahwa anak yang secara genetik rentan menunjukkan agresi cenderung menyerang teman-teman sekelasnya. Namun, anak-anak tersebut dapat terhindar dari tingkah laku agresif jika mereka memiliki hubungan yang sangat baik dengan guru mereka – sebuah hubungan yang hangat, penuh kasih sayang dan terbuka dalam komunikasi.

“Hubungan anak dengan guru dan teman sebaya di sekolah memainkan peran penting dalam membentuk perilaku sosial mereka,” kata Brendgen.

“Studi kami menemukan bahwa hubungan yang baik dengan guru dapat melindungi anak-anak terhindar dari perilaku agresif dan menjadi target perilaku agresif dari anak-anak lain,” lanjutnya.

(sehat/ZM/kompas)

Rahasia Kecantikan Wanita Arab

 Budaya dan kepercayaan membuat sebagian besar wanita Arab tak memperlihatkan kecantikan mereka. Tetapi jangan salah, kecantikan para wanita Arab salah satu yang dianggap eksotis dari sekian ras di seluruh dunia.

Apa saja rahasia mereka? Menurut penelitian yang dilakukan Clinique La Prairie di Swiss, wanita Arab memiliki kulit tersehat dan termuda dibanding wanita dari belahan dunia lain. Berikut beberapa alasannya dikutip dari situs Lindisima. Baca pos ini lebih lanjut

Studi : Minuman Bersoda Tingkatkan Agresivitas

Remaja cenderung lebih agresif dan kasar jika mengonsumsi soft drink secara teratur. Berdasar penelitian Universitas Vermont, konsumsi minuman bersoda setidaknya lima kali dalam seminggu mampu mengubah perilaku seseorang menjadi lebih agresif atau kasar.

Seperti dilansir dari Female First, para peneliti mencoba mengamati perilaku beberapa remaja yang terbiasa mengonsumsi minuman bersoda.  Baca pos ini lebih lanjut

Segar dan Bugar pada Usia Lanjut

Semakin bertambahnya usia manusia, maka akan semakin adanya perubahan yang terjadi pada badan kita seperti pinggang yang makin melebar , perut yang mulai membesar , serta kenaikan berat badan. Namun, Sekalipun terdapat gejala berat badan tidak meningkat , lemak tubuh kita tetap semakin bertambah.

Peningkatan lemak disekitar perut dapat meningkatkan resiko terjadinya berbagai penyakit jantung, komplikasi diabetes, beberapa macam kanker dan lain sebagainya. Baca pos ini lebih lanjut

Demam Berdarah

Penyakit ini biasa dikenali dari munculnya bintik-bintik merah sebagai pendarahan di bawah kulit yang muncul disekujur tubuh yang menyertai demam. Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut dengan ciri-ciri demam dan disertai tanda-tanda perdarahan yang dapat menjadi syok yang dapat menyebabkan kematian. Puncak kasus DBD terjadi pada musim hujan yaitu bulan Desember sampai Maret. Baca pos ini lebih lanjut

Penanganan Diabetes : Perencanaan Makan

Anjuran makanan khususnya para diabetesein (ahli gizi) sama saja dengan non-diabetesein. Semua aneka makanan asal tidak berlebihan (seimbang) serta sesuai dengan kebutuhan gizi.

Makanan yang Diperlukan Mengandung:

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Vitamin & Mineral
  4. Lemak
  5. Serat Baca pos ini lebih lanjut

Kanker Darah

Kanker darah atau leukemia adalah suatu keganasan pada organ pembuat sel-sel darah dalam hal ini adalah sumsum tulang sehingga terjadi kegagalan dalam proses produksi sel-sel darah yang normal. Jumlah sel darah yang ada dan beredar dalam tubuh mungkin normal atau berlebihan namun bentuk dan kemampuannya tidak sama dengan sel darah yang normal.

Apa penyebabnya

Penyebab pasti dari kegagalan memproduksi sel darah yang normal ini belum diketahui dengan jelas namun diduga disebabkan oleh virus. Faktor resiko Beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain fektor genetik, paparan sinar radioaktif dan infeksi virus yang mengenai sumsum tulang. Dari data statistik didapatkan 85% menyerang orang dewasa dan laki-aki lebih banyak terserang dibandingkan wanita.

Gejala klinis

Gejala klinis yang dapat terlihat pada pasien leukemia adalah rasa lelah, pucat, nafsu makan yang turun atau hilang, nyeri tulang dan sendi, pembesaran pada kelenjar, pembesaran pada hati atau limpa dan manifestasi dari perdarahan seperti bintik-bintik perdarahan atau mudahnya timbul lebam atau kebiruan pada kulit yang terkena benturan, mimisan dari hidung atau perdarahan dari gusi. Pengobatan Penderita dengan leukimia sebaiknya diobati secara teratur ke rumah sakit bagian penyakit dalam sub bagian hematologi. Apabila leukimia ini cepat terdeteksi dan dengan pengobatan modern dapat memperpanjang angka harapan hidup penderita. Apabila penderita sedemikian pucat hingga kadar hemoglobin dalam darah sangat rendah maka harus diberikan trasnfusi darah. Pengobatan yang diberikan dapat berupa obat-obatan yang bertujuan untuk memberantas sel-sel leukimia atau pada stadium yang sudah lanjut dapat juga dilakukan operasi penggantian sumsum tulang. Penderita harus dijaga sehingga tidak terkena infeksi yang lain karena kanker yang menyerang sel darah itu membuat pertahanan tubuh penderita menjadi rendah dan rentan untuk tekena infeksi Pencegahan Berusaha untuk meminimalkan faktor resiko yang ada seperti paparan dari sinar radio aktif.

(sehat/ZM/doktersehat)

5 Makanan Super Penghasil Energi

Menghabiskan waktu seharian bekerja di luar rumah memang sangat melelahkan dan menguras banyak pikiran serta tenaga. Mungkin sebagian di antara kita pernah berpikir untuk mencari cara bagaimana mendapatkan kembali energi yang sudah terkuras habis.Tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan kembali energi yang hilang selama seharian dengan beristirahat dan mengonsumsi makanan yang tepat dan bernutrisi.  Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu mempercepat pemulihan stamina Anda:

1. Teh  ginseng

Teh ginseng sudah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan terbaik dan obat segala penyakit. Di samping itu juga, ginseng merupakan stimulan yang dapat memberikan peningkatan energi dan konsentrasi. Kehangatan teh ginseng akan memberikan efek menenangkan pada saraf Anda, sekaligus memberi energi tambahan untuk Anda melakukan “tugas malam”.

2. Pisang

Pisang mengandung tiga jenis gula alami yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi seketika. Pisang juga mengandung serat, yang akan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah Anda, sehingga memberikan Anda sebuah sumber energi yang stabil selama jangka waktu yang lama.

3. Keju

Dalam sepotong keju terkandung kadar tinggi asam amino tiramin, yang dikenal karena kemampuannya untuk mendorong sekresi hormon stimulan dalam tubuh. Namun begitu, Anda juga harus tetap waspada dan jangan makan secara berlebihan. Pasalnya, unsur asam amino tiramin yang terkandung dalam keju diperkirakan mampu memicu munculnya sakit kepala. Unsur tersebut bisa mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu aliran darah.

4. Stroberi

Manfaat buah merah ini sangat besar, karena rendah kalori. Dalam satu porsi stroberi (sekitar delapan buah stroberi berukuran sedang) mengandung serat yang sangat tinggi dan sumber terbaik dari vitamin C. Vitamin C pada stroberi berperan sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan imunitas, dan pelawan radikal bebas.

5. Wheatgrass (rumput gandum)

Rumput gandum merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan, berisi 25 kali nutrisi lebih banyak ketimbang sayur-sayuran. Banyak orang mengonsumsi rumput gandum sebagai jus untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Jus rumput gandum mengandung begitu banyak nutrisi bermanfaat seperti klorofil, mineral, dan vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, protein dan 17 asam amino yang mudah diserap dalam darah manusia.

(sehat/ZM/kompas)

Kembalikan Keseimbangan Sistem Hayati Tubuh

Seseorang harus menjaga keseimbangan sistem hayati di dalam tubuh untuk mencegah kanker. Selain waktu tidur dijaga, kerja antioksidan alami dalam tubuh juga harus dioptimalkan.

Pakar biomolekuler Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW), Ferry Karwur, menyebutkan, kanker disebabkan oleh rusaknya sistem hayati tubuh. Baca pos ini lebih lanjut

Musik Metal Pengaruhi Mental Remaja

 Musik beraliran heavy metal merupakan jenis musik yang digandrungi remaja. Namun, para peneliti mengingatkan bahwa penggemar musik ini lebih berisiko menderita depresi, bahkan bunuh diri.

Katrina McFerran, dari Melbourne University, Australia, yang melakukan penelitian selama 5 tahun mengenai pengaruh musik pada kondisi mental remaja, menemukan bahwa musik heavy metal menyebabkan gangguan mental pada remaja usia 13-18 tahun.

“Kebanyakan remaja mendengarkan musik untuk tujuan positif, seperti memperbaiki mood atau menambah energi ketika berolahraga. Tetapi, remaja yang berisiko depresi cenderung mendengarkan musik, terutama musik heavy metal, untuk tujuan negatif,” kata McFerran. Baca pos ini lebih lanjut

Internet Jadi Rujukan Kesehatan Anak

Internet kini menjadi salah satu rujukan dan andalan banyak orang dalam mencari informasi kesehatan. Bahkan, satu dari delapan orangtua memilih mencari informasi medis di internet seputar kondisi penyakit anaknya sebelum mereka membawanya ke dokter.

Bukan hanya itu, para orangtua juga bersedia melakukan penelusuran informasi di situs medis yang disarankan oleh dokter anak mereka. Karena itu, para dokter anak seharusnya mempersiapkan dirinya untuk menjawab keingintahuan para orangtua akan kondisi kesehatan anak mereka. Baca pos ini lebih lanjut

Perbanyak Teman Agar Otak Makin Besar

Jangan ragu untuk menambah teman di Facebook. Bukan hanya memperbesar jaringan pertemanan Anda, ada keuntungan lain yang bisa didapatkan. Faktanya, makin banyak teman di Facebook, makin besar otak Anda.

Hasil penelitian tim yang terdiri dari para ahli syaraf University College London menemukan ada korelasi antara jumlah teman di Facebook dengan ukuran area tertentu dalam otak. Baca pos ini lebih lanjut

Lahir Prematur, Beresiko Sakit jantung

Sebuah  riset terbaru menemukan adanya kaitan antara kelahiran prematur dengan risiko menderita penyakit jantung. Temuan ini rencananya akan dipublikasikan dalam journal Pediatric Research.

Dalam studi kecil tersebut, peneliti melibatkan sebanyak 48 relawan berusia 18-27 tahun. Peneliti menemukan bahwa mereka yang lahir pada usia kehamilan 33 minggu atau kurang, cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan lebih banyak jaringan lemak, walaupun memiliki indeks massa tubuh  (BMI) yang normal. Bahkan, mereka juga diketahui mempunyai lebih banyak lemak dalam otot dan hati. Baca pos ini lebih lanjut

Waspada Penyakit Kelamin Ini Makin Sulit Diobati

Gonore merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Bilamana tidak diobati, infeksi akut ini bisa menjadi kronis dan menjalar ke organ tubuh lain. Sayangnya, antibiotika kini makin tidak mempan untuk melawan bakteri Neisseria gonnorrhoeae penyebab gonore.

Para dokter di Inggris menyatakan antibiotika yang bianya dipakai untuk mengobati gonore atau kencing nanah ini tidak lagi efektif karena bakteri Neisseria ini kini semakin kebal. Para ahli bahkan menyebut kini sudah sampai pada titik penyakit ini tidak bisa diobati, paling tidak sampai obat baru ditemukan. Baca pos ini lebih lanjut

Ini Lho Cara Sederhana Hilangkan Bau Amis Daging Kambing

Sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih daging sapi ketimbang daging kambing sebagai bahan dasar membuat sajian untuk keluarga. Penyebabnya, bau amis yang berasal dari kambing.

“Karakter masyarakat kita dipengaruhi Timur Tengah, Cina, dan Melayu. Kambing merupakan simbol karakter itu. Yang aneh, kita malah enggan masak kambing karena sulit menghilangkan baunya,” papar Chef Haryo saat ditemui dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis (20/10). Baca pos ini lebih lanjut

Kandungan dan Manfaat Susu Kambing

Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Ia mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi! Baca pos ini lebih lanjut

Strabismus (Mata Juling)

Strabismus (Mata Juling) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan penyimpangan abnormal dari letak satu mata terhadap mata yang lainnya, sehingga garis penglihatan tidak paralel dan pada waktu yang sama, kedua mata tidak tertuju pada benda yang sama. Baca pos ini lebih lanjut

Anorexia Nervosa dan Obsesi Ingin Kurus

Anorexia nervosa adalah gangguan makan yang disebabkan karena seseorang terobsesi terhadap berat badan dan makanan yang ia makan. Dengan ber-anorexia nervosa, ia mencoba untuk mempertahankan berat badan jauh di bawah normal. Untuk mencegah berat badan meningkat atau melanjutkan menurunkan berat badan, ia ber-anorexia nervosa melaparkan diri sendiri atau berolahraga secara berlebihan. Anorexia nervosa tidak semata-mata mengenai makanan. Ini merupakan cara yang tidak sehat untuk mengatasi masalah emosional bagi seseorang yang sangat memuja kekurusan tubuhnya. Baca pos ini lebih lanjut

Depresi

Depresi merupakan keadaan seseorang di mana ida menjadi begitu rendah dalam waktu lama dan merasa sedih berkepanjangan. Ia juga menjadi lebih mudah tersinggung, dan kosong.

Seseorang yang mengalami depresi merasa energinya sangat berkurang sehingga tidak mampu melakukan aktibitas apapun, malas, melihat dengan cara pandang yang negatif, melihat tidak ada lagi yang berharga, dan seolah-olah tiada akhir. Hati-hati karena depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri. Baca pos ini lebih lanjut

Ketika Jantung Dipasangi Cincin

Kateterisasi jantung atau nama lengkapnya angioplasti koroner yang diikuti dengan PTCA (Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasti) atau pun PCI (Percutaneus Coronary Intervention) sebenarnya merupakan prosedur untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat.

Penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah itu selain bisa menimbulkan serangan jantung, juga akan menimbulkan angina (nyeri pada dada) dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Baca pos ini lebih lanjut

Inilah Mitos Seputar Membayar Utang Tidur

Tidur adalah salah satu cara istirahat yang paling baik karena saat tidur, kita bisa mengembalikan seluruh fungsi organ tubuh. Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan “benar”, dan bangun dalam keadaan bugar keesokan paginya. Baca pos ini lebih lanjut

Ingin Anak Berprestasi? Atur Durasi Tidurnya

 Tidur merupakan suatu keharusan untuk bisa melakukan kegiatan di hari berikutnya. Durasi tidur pada malam hari ternyata sangat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang, apalagi pada anak-anak.

Sebuah penelitian yang melibatkan 142 siswa sekolah dasar dilakukan untuk membandingkan jumlah jam tidur dengan kinerja keterampilan akademik. Bila jam tidur anak-anak kurang dari sembilan jam biasanya menemukan kesulitan dalam belajar di sekolah keesokan harinya. Baca pos ini lebih lanjut

Apa itu Step?

 Step adalah istilah umum pada masyarakat yang arti sebenarnya adalah kejang, kejang yang dimaksud dalam hal ini umumnya adalah kejang demam yaitu suatu reaksi kejang yang terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh suhu tubuh yang sangat tinggi. Meski kejang demam jarang menyebabkan kematian atau gejala sisa, namun kejang pada anak perlu diwaspadai karena kejang yang lama (lebih dari 15 menit) dapat menyebabkan kerusakan saraf otak sehingga menjadi epilepsi, kelumpuhan, bahkan retardasi mental. Baca pos ini lebih lanjut

7 Manfaat Ikan

Menekan Risiko Stroke & Serangan Jantung

Salah satu tujuh manfaat ikan adalah menekan risiko stroke dan serangan jantung.

Ikan memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega-3 di dalam ikan yang sangat penting untuk otak, mengonsumsi ikan secara rutin dan teratur setiap pekan dapat menekan risiko penyakit jantung pada pria maupun perempuan.

Rendah Lemak

Sebagian besar ikan-ikanan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap seperti tuna sirip kuning ataupun sebagian jenis kerang serta makanan laut lainnya memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Baca pos ini lebih lanjut

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: